Tuesday 10 October 2023

BERBAGI PENGALAMAN MENUJU KEMERDEKAAN BERSAMA KETUA DEWAN KERJA DAERAH SULAWESI SELATAN

   


 Hari perayaan kemenangan negara tercinta (indonesia) merupakan hal yang paling kita tunggu-tunggu. Saat ini Indonesia telah berumjur 78  tahun, lahir dengan kebebasan perbudakan dari negara-negara penjajah, untuk. Kembali mengenang serta belajar menjadi pemuda yang tetap menjaga dan mempertahankan nilai-nilai serta budaya NKRI dan juga berperan aktif untuk mengisi kemerdekaan.

    Saya Sitti Mutmadania akan berbagi sedikit pengalaman mengikuti kegiatan kemerdekaan. Salah satu cara saya turut memeriahkan hari kemerdekaan dengan mengikuti berbagai kegiatan untuk membangun semangat nasionalisme, dan belajar menghargai perjuangan-perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Kegiatan yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi pemuda-pemuda khususnya kakak-kakak pramuka yaitu, kegiatan yang pernah dilaksakana oleh Dewan Kerja Cabang Makassar dimana  kakak-kakak hadir memberikan wadah untuk para pemuda-pemuda dalam mengisi kemerdakaan dengan melaksanakan kegiatan dengan tema “DIALOG KEBANGSAAN”, yang menjadi narasumber pada kegiatan saat itu yaitu ketua Dewan Kerja Daerah Kak Mursaha, S.E., M.E., dan juga dihadiri oleh kakak-kakak pramuka kota Makassar dan sekitarnya. Berlangsung pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 bertempat di CafĂ© Etika Studio, Jl. Tamalate No. Kav, 8, Karunrung, Kec. Rappocini, Kota Makassar.

    Pada saat itu diskusi yang berjalan membahas tentang menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 peran pemuda tentunya beragam cara yang dilakukan, anak pramuka adalah pemuda yang memegang perananan penting dalam menyukseskan perayaan-perayaan kemerdekaan karena bulan Agustus juga bertepatan dengan bulan pramuka Indonesia. Tak hanya itu pramuka diciptakan untuk bisa memberikan manfaat besar dan demi melangsungkan ketahan negara tercinta. Pada kegiatan ini tentunya dibuat untuk kita saling bertukar pikiran dan bercerita Kembali tentang Sejarah kemerdekaan. Merefresh kembali pikiran tentang kerasnya perjuangan para pahlawan terdahulu, 78 tahun bukan waktu yang singkat untuk Indonesia sampai di titik ini dengan melahirkan banyak generasi berbakat pasti banyak tangan-tangan yang ikut serta didalamnya.

    Sesuai yang di katakan kak Mursaha bahwa “ pramuka diarahkan untuk ikut program TNI yaitu komcad, karena kita ketahui bahwa dari dulu kita diterpa kabar bahwa Indonesia akan perang atau semacamnya, nah kita betul-betul mengintruksikan semua lapisan Masyarakat itu bersiap-siap perang, sehingga TNI polri mengatakan bahwa pramuka itu dipersiapkan untuk Latihan militer “.



    Namun nyatanya tak sedikit banyak yang sudah merasa acuh tak acuh terhadapa pentingnnya rasa nasionalisme, tentunya menjadi tantangan besar untuk tetap saling merangkul dan tetap mempersatukan NKRI agar tidak terpecah oleh tangan-tangan yang hanya mementingkan diri sendiri ketimbang sosial. Dengan berkembangnnya zaman cara kita tentunya sudah harus berbeda dengan cara yang terdahulu. Memanfaatkan teknologi semestinya hal yang paling penting, menyebarluaskan berita positif dan bermanfaat tentang NKRI, memberikan kontribusi lebih dalam meningkatkan kualitas anak bangsa dengan mengajarkan IT, melaksanakan kegiatan yang menyangkut teknologi atau membuat konten kemerdekaan contohnya.

    Maka dari itu kita lahir sebagai penerus bangsa yang kreatif dalam mengisi kemerdekaan Negara kita tercinta, jika bukan kita siapa lagi. Jadilah pemuda yang kreatif, inovatif dan dapat menebar manfaat untuk sekitarnya.


Penulis :  Sitti Mutmadania

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments