Monday 9 October 2023

PERJALANAN MENJADI PRAMUKA PANDEGA

 

    


    Pramuka Pandega adalah golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka setelah penegak  dan berusia antara 21 - 25 tahun. Pandega merupakan golongan peserta didik terakhir dalam Gerakan Pramuka setelah pramuka siaga (usia 7 - 10 tahun), pramuka penggalang (11 - 15 tahun), dan penegak (16 - 20 tahun). Dalam bahasa Inggris pandega biasa disebut sebagai Senior Rover. Istilah 'pandega' mempunyai arti 'pemuka' atau 'ahli'. Hal ini mengandung filosofi berdasarkan romantisme perjuangan bangsa Indonesia di mana setelah masa 'menegakkan' kemerdekaan Republik Indonesia dilanjutkan dengan masa 'memandegani' pelaksanaan pembangunan di negeri Indonesia.

    Dalam proses pencapaian pramuka pandega di Gugusdepan 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar, memiliki beberapa tahapan sehingga pramuka pandega yang lahir adalah pramuka yang bisa diandalkan. Tahapan pertama yang harus dilewati adalah bergabung dengan Gerakan Pramuka 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar. Setelah bergabung, proses yang saya lewati adalah mengikuti kegiatan kepramukaan minimal tiga kali dalam sebulan. Hal ini berkaitan dengan poin ke lima Syarat Kecakapan Umum bagian Pandega. Namun sebelum saya masuk ke dalam golongan racana, saya melewati proses pramuka penegak dari penegak bantara hingga penegak laksana dan menjadi pengurus Dewan Ambalan selama satu masa bakti.

    Setelah melewati golongan penegak, saya melakukan prosesi kenaikan tingkat atau pindah golongan dari ambalan penegak menuju racana pandega. Pindah golongan yang saya ikuti ini merupakan adat dari gugusdepan 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar apabila seseorang peserta didik akan berusia 21 tahun. Setelah melakukan prosesi pindah golongan, saya melakukan pengujian hinggan kurang lebih 10 kali pengujian untuk mencapai pramuka pandega. Pada proses pengujian ini, saya diperhadapkan oleh pemangku adat kepada pembina untuk menguji poin-poin Syarat Kecakapan Umum (SKU) golongan Pandega.

suasana proses penyelesaian SKU golongan pandega


   Seluruh poin telah terisi dan saya lalui dengan baik, tibalah kita menuju tahapan berikutnya yaitu sidang pandega. Sidang pandega ini merupakan suatu tempat untuk perenungan dan koreksi diri sebelum menjadi seorang pramuka pandega sesungguhnya. Pada sidang ini, pemangku adat memperhadapkan calon pandega kepada pembina dan dewan kehormatan untuk dievaluasi segala bentuk sifat dan sikapnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu menjadi seseorang yang lebih baik lagi kedepannya. Setelah tahapan sidang pandega selesai, tahapan selanjutnya adalah menjalankan pantangan dan penugasan. Pada kegiatan pantangan ini, calon pandega dilatih agar meninggalkan hal-hal buruk dalam kehidupannya sehari-hari. Sedangkan penugasan adalah tugas-tugas yang diberikan untuk memperkaya ilmu dari calon pandega sebelum menuju pandega. Pantangan dan penugasan ini wajib untuk dilaksanakan dan menjadi salah satu syarat dalam pelantikan pramuka pandega.

    Setelah seluruh tahapan dapat dilewati, maka tibalah pada proses pelantikan pramuka pandega. Pelantikan ini merupakan suatu penghargaan kepada seseorang calon pandega yang telah menyelesaikan seluruh tahapan-tahapan dalam mencapai pandega. Sehingga dari proses-proses tersebut muncullah pramuka pandega yang berkualitas dan mampu menjadi contoh dalam kehidupan di keluarga maupun di masyarakat.

suasana proses pencapaian SKU golongan pandega melalui zoom


Penulis :  Shafira Ham Volina

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments