Thursday 26 January 2023

NGAKU ANAK PRAMUKA? PASTI TAHU SANDI MORSE DONG!

 

Sandi Morse

Sandi morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Kode morse adalah contoh bentuk komunikasi digital awal. Sandi morse yang telah ada terus dikembangkan dengan menambahkan beberapa kode untuk tanda baca yang juga telah disepakati dalam dunia internasional.

Selain sebagai sandi komunikasi rahasia di dunia militer, kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode morse biasanya menggunakan peluit Pramuka. Kode morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik (.) dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis (-). Selain menggunakan peluit Pramuka, cara menyampaikannya bisa dengan cara berikut:

1.    Menggunakan tulisan

Sandi morse yang disampaikan menggunakan tulisan hanya tinggal ditulis saja kode garis dan titiknya. Tiap hurufnya harus sesuai dengan rumus sandi morse. Kode untuk pemisah antar huruf menggunakan garis miring (/), sementara pemisah antar kata menggunakan garis miring dua kali (//). Berikut ini adalah contoh sandi morse menggunakan tulisan:

·      Penggalang (.--././-./--./--./.-/.-../.-/-./--.)

·      Salam pramuka (.../.-/.-../.-/--//.--./.-./.-/--/..-/-.-/.-)

2.    Menggunakan gerak

Mengirimkan sandi morse dengan metode gerak dapat berupa lambaian tangan, kibaran bendera, kepulan asap, kedipan mata, dan lain sebagainya.

3.    Menggunakan cahaya

Hampir sama seperti penyampaian kode morse melalui suara. Jika cahaya menyala lama berdurasi enam kali bilangan, artinya mewakili garis (-). Jika cahaya menyala sebentar berdurasi tiga kali bilangan, artinya mewakili titik (.). Apabila ingin menyampaikan sandi morse dengan cara ini, pasti kualitas cahaya baik.

4.    Menggunakan denyut listrik

Penyampaian sandi morse menggunakan denyut listrik bisa menggunakan kabel telegraf.

Walaupun jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sandi morse memiliki berapa manfaat antara lain:

1.    Sarana komunikasi

Seperti fungsi awal penciptaannya, sandi morse memang digunakan sebagai sarana komunikasi. Biasanya, komunikasi menggunakan sandi morse digunakan untuk jarak jauh, seperti oleh awak kapal. Contoh penerapan sandi morse adalah mengirimkan sinyal SOS (…/---/…) saat dalam kondisi bahaya.

2.    Digunakan dalam telegraf

Walaupun sudah ketinggalan zaman, telegraf adalah salah satu penemuan yang berhasil mengubah sistem komunikasi jarak jauh. Dengan adanya sandi morse, telegraf dapat digunakan dengan lancar, baik dari penerima maupun pengirim pesan.

3.    Memberi pesan rahasia

Sandi morse juga digunakan untuk mengirim berita atau pesan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh pihak lain selain kelompoknya. Kode-kode dari pesan ini bisa disepakati dulu dengan anggota lainnya. Biasanya kode morse sebagai pesan rahasia digunakan dalam intelegensi.

4.    Digunakan untuk kegiatan pramuka

Sandi morse sering digunakan dalam dunia kepramukaan. Dalam kegiatan pramuka, sandi morse digunakan sebagai perintah atau petunjuk untuk memanggil anggota, outbound, dikombinasikan dengan permainan dan kegiatan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai sandi morse pramuka yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

 

Penulis: Siti Rezki Hardianti

Load disqus comments

0 comments