Tuesday 29 November 2022

GALERI KEGIATAN SEPTEMBER S.D NOVEMBER MASA BAKTI 2021-2022

1)  Bina Desa Tahun 2022

Desa binaan merupakan salah satu pengaplikasian tribina pramuka pada poin bina masyarakat. Untuk periode 2021—2022 kegiatan yang telah dilaksanakan yakni Tarsius Fest bertujuan untuk meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Desa binaan yang juga dikenal debagai Desa Wisata yakni di desa Tompobulu Kec. Ballocci Kab. Pangkep dengan nama Tarsius Fest tanggal 13-16 Oktober 2022.


2)  Jelajah Wisata Budaya Tahun 2022

Jelajah Wisata Budaya atau yang disingkat JWB adalah program kegiatan dari Ambalan di periode tahun 2021-2022. JWB tahun ini memiliki tujuan berupa menggali informasi tentang wisata dan budaya di 3 Etnis Yaitu Etnis Bugis, Etnis Toraja, Dan Etnis Makassar dengan cara mengunjungi di daerah yang kental dengan ketiga etnis tersebut. Kegiatan JWB mulai terlaksana yaitu telah mengunjungi kab. Bone (museim lapawawoi dan pembuatan Songkok recca) dan Kab. Wajo (Masjid Tua Tosora dan Pembuatan sarung tenun); Kabupaten Bulukumba (Pembuatan Kapal Phinisi dan Wisata Budaya Kajang); serta Toraja Utara (Londa, Kete' Kesu, dan pembuatan Sarung Toraja).

Selain itu, JWB juga memiliki output berupa Buku saku perjalanan atau buku panduan perjalanan. JWB ini bukan hanya berkunjung ke 3 etnis terbesar yang ada di sulawesi selatan tapi adapun dari puncak Kegiatan JWB masih menyisakan 1 agenda yaitu Expo Kebudayaan yang sementara di rancang untuk dilaksanakan.

 

3)  Pelatihan Content Creator

Latihan Rutin Content Creator ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan puncak Jelajah Wisata Budaya yaitu “TALKSHOW TO’MAORAYA EXPO” yang kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 12 November 2022, dengan menghadirkan 3 narasumber nasional yaitu kak Yudha Adhiyaksa (Kepala pusat informasi KWARNAS), kak Sherly Annavita (Motivator Nasional), Kak Rijal Djamal (Content creator Sul-Sel). Kegiatan ini juga dihadiri oleh keynJote speaker yaitu wakil bupati Kab. Maros kak Suhartina Bohari, S.E. kegiatan ini di buka oleh ketua gugus depan 08.096 yaitu kak Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati,M.Hum. dan kegiatan inipun di ikuti kurang lebih 300 peserta, yang terdiri dari unsur purna, pramuka perti se-sulawesi selatan, dan masyarakat umum.

 

4)  Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Pelatihan perawatan jenazah berlangsung pada Ahad, 30 Oktober 2022 secara luring di sanggar bakti UKM Pramuka UNM. Latihan rutin ini berisi bagaimana tahapan perawatan jenazah dari pertama hingga akhir yakni tahap pemakaman.

 

5)  Pelatihan Kehumasan

Pelatihan Kehumasan bertujuan agar peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang kehumasan. Pelatihan ini dibawakan oleh Kakak Adriani, S.Pd. selaku pemateri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 20 November 2022 yang berlokasi di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM. Peserta yang hadir membuat artikel mengenai pelatihan kehumasan sebagai output dari kegiatan ini.

 

6)  Pengajian Rutin

Pengajian rutin ini dijadwalkan ba’da shalat maghrib berjama’ah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 September 2022; 8 September 2022; 23 September 2022 bertempat di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM.

 

7)  Olahraga Rutin

Kegiatan olahraga rutin merupakan kegiatan pengembangan fisik yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar anggota dan purna. Kegiatan olahraga rutin dilaksanakan pada 4 September 2022 Panahan; dan 30 Oktober 2022 Badminton.

 

8)  Bakti Sanggar

Bakti sanggar merupakan kegiatan yang giat bersih di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kerjasama antar anggota terhadap lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 November 2022; dan 4 Desember 2022.

 

Penulis: Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments