Saturday 2 October 2021

JELAJAH WISATA BUDAYA, MENGENAL RANGGONG DG. ROMO LEBIH DEKAT

Rangkaian kegiatan jelajah wisata budaya telah berjalan pada 2 Oktober hari ini, tepat dengan hari batik nasional 2021. Berlangsung pada Sabtu  di makam Ranggong Dg. Romo pahlawan nasional dari Kabupaten Takalar. Kegiatan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kakak ketua Gugusdepan 08.096 Kak Prof. Hj. Andi Kasmawati, M.Hum. sekaligus memimpin doa pada lingkaran persaudaraan sebelum berangkat ke Kabupaten Takalar yang mana Kabupaten ini merupakan Kabupaten tujuan pertama pada kegiatan jelajah wisata budaya. Selain Kakak ketua Gugus depan kegiatan hari pertama ini juga dihadiri oleh Pembina ambalan Opu Dg. Risadju kak Sumiati Patimari dan Badan Pemeriksa Keuangan kak Mustaina. 
Foto Bersama Rombongan UKM Pramuka UNM
Saat tiba di Kabupaten Takalar sekitar pukul 11.30 WITA, para peserta jelajah wisata budaya harus istirahat sejenak untuk makan bersama dan ibadah salat dhuhur secara berjamaah. Setelah itu rombongan langsung bertemu dengan narasumber pengelola makam Ranggong Dg. Romo dan melakukan bakti makam serta doa bersama untuk almarhum. 
Bakti Makan Ranggong Dg. Romo
Salah satu agenda yang sangat menarik saat berada di makam adalah rombongan mendengarkan sejarah dari Ranggong Dg. Romo. 
"Ranggong Dg. Romo meninggal dunia karena tertembak oleh Belanda, beliau sosok yang sangat keras, selalu menginginkan kemerdekaan, dan selalu mementingkan kepentingan orang banyak" jelas Bapak pengelola makam Ranggon Dg. Romo. (02/10).
Ziarah ke makam Ranggong Dg. Romo
Tujuan dari rangkaian kegiatan jelajah wisata budaya ini untuk berkunjung ke makam Ranggong Dg. Romo telah terpenuhi. Di mana para peserta jelajah wisata budaya menyimak sejarah yang dipaparkan oleh Bapak pengelola makam. 
Penyerahan Cenderamata Kepada Pengelola Makam Ranggong Dg. Romo
Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, semangat juang dan merdeka dari Ranggong Dg. Romo bisa diteladani oleh generasi muda khususnya para generasi yang sedang berproses di Gugusdepan UKM Pramuka UNM. 
Semoga kegiatan inspiratif seperti ini bisa selalu terealisasikan dengan baik agar memberikan inspirasi kepada seluruh anggota UKM Pramuka UNM pastinya.
Penulis : Nurhidayah
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments