Thursday 1 February 2018

UKM Pramuka UNM Mengikuti Seminar Nasional

Pada hari Jumat tanggal 26 Januari 2018 Dharmawanita Persatuan Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional bertajuk "Membangun Bangsa Melalui Ketahanan Keluarga", di Gedung Teater Menara Phinisi UNM. 

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik  Indonesia Prof. Yohana Yombise, Dip. Apling,MA., Rektor UNM Prof.  Dr. Husain Syam, M. Tp., Kepala DPPPA Provinsi Sulsel Andi Murlina PA, serta Prof. Dr. H. Andi Kasmawati, M. Hum.
Narasumber Seminar Nasional
Dalam paparannya  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak RI ibu Yohana mengungkapkan rasa apresiasinya terhadap pihak UNM atas kegiatan tersebut, menurutnya, apa yang dilakukan Darmawanita Persatuan UNM merupakan upaya untuk memberi pemahaman kepada segenap civitas UNM tentang ketahanan keluarga. 
Para Peserta Seminar Nasional
Ia juga menyampaikan bahwa UNM sebagai contoh perguruan tinggi yang menerapkan kesetaraan gender, semoga bisa ditingkatkan lagi, hingga perbandingannya 50:50,".Ibu Yohana juga membagi pengalamannya saat menggali informasi dengan mengunjungi pelaku kekerasan.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Makassar (UMM) Prof. Husain Syam mengungkapkan, perkembangan teknologi sedikit-banyak telah membangun pola baru dalam kehidupan sosial, tidak sedikit memengaruhi tatanan etika dan norma yang berlaku dimasyarakat, sehingga untuk menghadapi realitas tersebut keluarga menjadi salah satu kuncinya. Ia juga menambahkan bahwa harus ada komitmen antara seorang istri dan seorang suami agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.
 
Anggota UKM Pramuka UNM ditengah-tengah peserta Seminar Nasional
Dilain sisi kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi SUL-SEL Andi Murlina memaparkan materi terkait penguatan dan pemersatu hubungan dalam  sebuah keluarga. Ia juga memaparkan kasus perceraian yang terjadi di wilayah Sulsel masih menjadi perhatian bagi pihak DPPPA Sulsel. Akhir katanya Ia menambahkan bahwa komitmen merupakan salah satu aspek yang mendukung terjadinya keharmonisan dalam keluarga.

Pemateri terakhir yakni Prof. Andi Kasmawati M.Hum, yang juga merupakan Pembina Gugus Depan Kota Makassar 08.096 pangkalan Universitas Negeri Makassar, salah satu wanita hebat yang kami kenal, beliau sangat banyak menginsprasi kaum wanita untuk tetap berjuang untuk mempertahankan keluarga.

Foto Bersama UKM Pramuka UNM bersama Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Pembina Gugus Depan Kota Makassar 08. 096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar dan Sekretaris Mabigus 08. 095 - 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar



Load disqus comments

0 comments