Thursday, 6 August 2020

BERPRESTASI, UKM PRAMUKA UNM LOLOS PENDANAAN BINA DESA TAHUN 2020

Ucapan Selamat 

Rabu, 5 Agustus 2020 telah diumumkan organisasi mahasiswa yang lolos seleksi proposal PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  Dari 253 proposal yang lolos didanai, dua diantaranya berasal dari Universitas Negeri Makassar dan UKM Pramuka UNM menjadi salah satunya.

Apa itu PHP2D?

Tim yang diketuai oleh kak Alfira Sandika Fitri bersama 9 anggota dan didampingi oleh kak Dr. Irfan, M.Ds yang juga merupakan salah satu unsur pembina UKM Pramuka UNM sebagai pembimbing mengangkat Judul “Pemberdayaan Petani Aren di Desa Tompobulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam Optimalisasi Potensi Gula Aren menjadi Komoditas Ekonomi Digital”.

Nama-nama anggota Tim Bina Desa UKM Pramuka UNM

Setelah melalui beberapa tahap, dari tahap persiapan, survey lokasi, sampai tahap pengumpulan proposal hingga diumumkannya nama-nama tim yang lolos, akhirnya UKM Pramuka UNM menjadi salah satu yang lolos seleksi pendanaan. Untuk selanjutnya, ketua Tim diharapkan untuk melakukan Penyesuaian Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan melengkapi data isian kontrak.

Rasa senang dan bahagia disampaikan oleh kak Alfira Sandika Fitri selaku ketua tim.

“Suatu kesyukuran, UKM Pramuka UNM bisa lolos program PHP2D ini. Ini adalah kali pertama UKM Pramuka UNM lolos pendanaan bina desa oleh Kemendikbud dan juga merupakan pertama kali UKM Pramuka UNM mengajukan proposal bina desa. Kami akan terus berbenah, dan menjalankan program ini sesuai perencanaan awal,” ujarnya.

Ia juga berharap agar tim dari UKM Pramuka UNM tetap semangat melanjutkan program ini.

“Semoga Tim Bina Desa UKM Pramuka UNM tetap semangat dalam melanjutkan program ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Kakak-kakak yang telah membantu, kepada Kakak Pembina Kami sekaligus dosen pendamping kami, Kak Irfan, Kakak Ketua Gudep Kami, Kak Prof Kasma dan Kak Taufiq Natsir, serta Kakak – Kakak pembina lainnya. Kami juga berterima kasih kepada Kakak-kakak anggota UKM Pramuka UNM yang turut berpartisipasi mulai dari survey lokasi desa, penyususnan proposal, sampai penginputan proposal,” tambahnya.

Tim Survey di Desa Tompobulu, Kabupaten Pangkep
Tim Survey Bina Desa UKM Pramuka UNM

Kak Dr. Irfan, M.Ds selaku dosen pembimbing juga merasa bahagia tim UKM Pramuka UNM bisa lolos sampai tahap ini. Harapannya, agar program ini dilaksanakan dengan baik dan memerhatikan hal-hal penting seperti dokumentasi, rekam nota dan laporan.

“Untuk briefing atau pertemuan dengan tim lakukan secara virtual”, tambahnya.

Selain pengumuman PHP2D, juga telah diumumkan tim yang lolos pendanaan dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM 5 Bidang) Tahun 2020. Beberapa anggota UKM Pramuka UNM juga berpartisipasi pada kegiatan ini dan lolos sampai tahap pendanaan.

Ini kembali lagi membuktikan, bahwa organisasi tidak menjadi penghalang untuk terus mengukir prestasi. Terus semangat untuk kakak-kakak, dan terus berkarya.

Pengumuman PHP2D : https://drive.google.com/file/d/13n6LNptfBO75V2f5W598dfCWRVHx7Qer/view?usp=drivesdk

Pengumuman PKM 5 Bidang : https://drive.google.com/file/d/13lyqbg4fFyU6mGl00xNe79z0VYt05pXJ/view?usp=drivesdk

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Wednesday, 15 July 2020

PENERIMAAN ANGGOTA BARU TAHUN 2020

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarkatuh Kakak-kakak.

Salam Pramuka!!!!

Apa kabar kakak-kakak, Mahasiswa(i) Universitas Negeri Makassar??? Selama pandemi, sudah melakukan apa saja selama #dirumahsaja?? Semoga semua tetap menjaga kesehatan dan tetap produktif di tengah pandemi walaupun #dirumahsaja.

Kabar terbaru Penerimaan Anggota Baru (PAB) tahun 2020 UKM Pramuka UNM untuk kakak-kakak Mahasiswa(i) UNM!!!

Pendaftaran Penerimaan Anggota Baru (PAB) tahun 2020 diperpanjang hingga 3 Agustus 2020. Jadi, bagi kakak-kakak yang ingin mendaftarkan dirinya, segerakan!!! Mumpung, masih ada kesempatan yah kak.

Bagi Kakak-kakak yang ingin mendaftar, tidak diharuskan aktif berpramuka sewaktu SMA/SMK/MA/MAK. Tetapi, pendaftaran ini terbuka untuk kakak-kakak yang siap bergabung dan menjadi bagian dari kami.

Berikut persyaratan yang harus kakak perhatikan sebelum mendaftar :

1. Mahasiswa(i) aktif Universitas Negeri Makassar (min. semester 2)
2. Maksimal berusia 25 tahun dan belum menikah
3. Sehat jasmani dan rohani

Dikarenakan situasi masih dalam keadaan pandemi, dan mengharuskan kita untuk melakukan secara online, jadi pendaftarannya sudah sedikit berbeda dari pendaftaran sebelumnya. 

Berikut langkah-langkah pendaftaran :

1. Follow akun instagram UKM Pramuka UNM (@pramuka_unm)
2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
    (Website UKM Pramuka UNM : www.ukmpramukaunm.com
3. Mengisi Database Online yang tertera pada Formulir Pendaftaran

Untuk Info lebih lanjut, hubungi Humas UKM Pramuka UNM (085399911095).
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Download Formulir Pendaftaran : https://bit.ly/FormulirPendaftaranPAB20

Pantau terus media sosial kami!

Follow us on :
🌍 Website   : www.ukmpramukaunm.com

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Wednesday, 8 July 2020

ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM LOLOS MENJADI PESERTA KBKM 2020

Kemah Budaya Kaum Muda 2020

Jumat, 3 Juli 2020 KBKM telah mengeluarkan pengumuman peserta yang lolos mengikuti KBKM 2020. Untuk bagian aplikasi, 334 tim dinyatakan lolos, 48 dari regional BNPB Sulawesi Selatan dan satu diantaranya adalah tim yang diketuai oleh anggota Racana Opu Dg. Risadju kak Alfira Sandika Fitri.

Perlu diketahui bahwa KBKM adalah singkatan dari Kemah Budaya Kaum Muda yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. KBKM merupakan tempat untuk kaum muda menuangkan ide kreatif mereka dengan gagasan karya yang menggunakan pendekatan terpadu. Pendekatan terpadu difokuskan ke 5 bidang yaitu STIEM (Science, Technology, Engineering,  Arts, and Mathematics). Tentunya untuk menciptakan berbagai aplikasi dan prakarya yang memperkuat upaya pemajuan kebudayaan di berbagai daerah.

Tim yang diketuai oleh kak Alfira berjudul “PADDUPPA PROJECT”. Tim ini beranggotakan 5 orang diantaranya, kak Alfira Sandika Fitri, kak Mahdalena, kak Adriani, kak Putra Taufik Prayuda, dan kak Fitria.

Selaku ketua tim, kak Fira sangat senang dan bersyukur bisa lolos KBKM regional.

“Alhamdulillah senang tentunya dan bersyukur bisa lolos regional tapi masih harus lebih semangat lagi karena masih banyak seleksi kedepannya untuk sampai tahap nasional,” ungkapnya.

Sampai saat ini, peserta yang dinyatakan lolos diharapkan melakukan registrasi ulang selambat-lambatnya tanggal 8 Juli 2020 pukul 23.59 WIB. Tim dari kak Alfira sendiri pun telah melakukan registrasi ulang.

Setalah dinyatakan lolos menjadi peserta KBKM 2020, harapannya semoga bisa juara di KBKM Regional dan melaju ke KBKM Nasional.

Tetap semangat untuk kakak-kakak semua. Walau masih dalam keadaan pandemi, hal tersebut tidak menjadi penghambat untuk kakak-kakak mengeluarkan ide-ide yang kreatif. Sukses sampai akhir.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Thursday, 2 July 2020

UKM PRAMUKA UNM SIAP MEMBANGUN DESA

Audiensi bersama kepala desa Tompobulu

Rabu, 01 Juli 2020 yang lalu UKM Pramuka UNM mengikuti PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dalam hal ini mahasiswa yang berada di lingkungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Dengan adanya PHP2D ini, diharapkan agar mahasiswa mampu menumbuhkan rasa peduli dan mampu berkontribusi kepada masyarakat khususnya yang ada di desa.

PHP2D 2020 mengangkat tema “Terwujudnya mahasiswa yang berdaya saing melalui kolaborasi dalam pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0”. Dari tema ini, mahasiswa diharapkan bisa bersaing dalam hal positif. Tentunya untuk pengembangan masyarakat di desa.

Oleh karena itu, UKM Pramuka UNM juga turut andil dalam PHP2D ini. Dengan membentuk tim yang berjumlah 10 orang dengan 1 pembimbing. Tim ini diketuai oleh kak Alfira Sandika Fitri yang merupakan anggota Racana Opu Dg. Risadju. Anggota tim yang lain diantaranya, kak Asmiati, kak Muhammad Fajar Anugrah, kak Zamsinar, kak Andi Edwin Al Hadi Agussalim, kak Siska Irdawanti, kak Fitria, kak Indasari, kak Mifta Aulia Mustafa, dan kak Hairil Asyurah. Anggota tim merupakan kakak-kakak dari dewan racana, ambalan, dan anggota racana maupun anggota ambalan. Sedangkan, pembimbing dari tim ini adalah kak Dr. Irfan, M.Ds yang merupakan Pembina Racana Ranggong Dg. Romo.

Tim survey di lokasi

Sampai hari ini, tim dari UKM Pramuka UNM telah mengirim proposal dan telah melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Selain itu, tim PHP2D UKM Pramuka UNM telah melakukan survey di lokasi dan audiensi bersama kepala desa Tompobulu, Kabupat Pangkep.

Selain mengikuti PHP2D, beberapa anggota UKM Pramuka UNM juga mengikuti KBKM ( Kemah Budaya Kaum Muda) tahun 2020 yang juga dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini membuktikan bahwa UKM Pramuka UNM tetap produktif berkegiatan dalam situasi yang masih pendemi ini. 

Semoga kakak-kakak yang berusaha untuk melakukan hal positif, selalu diberikan kemudahan dan bisa lolos hingga tahap akhir.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM


Selengkapnya...

Saturday, 27 June 2020

ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM KEMBALI MENERIMA BEASISWA BANK INDONESIA

Mifta Aulia Mustafa, Pradana Dewan Ambalan Opu Dg. Risadju

Sabtu, 27 Juni 2020 telah diumumkan nama-nama yang berhak menerima Beasiswa Bank Indonesia. 231 orang yang lolos hingga seleksi akhir penerima Beasiswa Bank Indonesia, berasal dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di Sulawesi Selatan. 75 orang dari Universitas Negeri Makassar, dua diantaranya adalah anggota UKM Pramuka UNM yakni Mifta Aulia Mustafa dan A. Ria Astuti. Sebelumnya, salah satu anggota UKM Pramuka UNM atas nama Asmiati juga menerima Beasiswa BI.

Mifta Aulia Mustafa yang biasa disapa kak Mifta merupakan Pradana Putri (Ketua) Dewan Ambalan Opu Dg. Risadju masa bakti 2019-2020, sedangkan A. Ria Astuti yang biasa disapa kak Ara merupakan anggota Ambalan Opu Dg. Risadju.

Mahasiswa Akuntasi dan Manajemen UNM 2018 ini menerima beasiswa dari Bank Indonesia. Seleksi yang membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di akhir pengumuman. Berawal dari seleksi berkas, wawancara, hingga pengumuman. 

Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertatap wajah secara langsung, wawancara kali ini dilakukan secara online dengan Video Call (VC) ke BI (Bank Indonesia) bagi yang lolos tahap seleksi berkas. Selanjutnya, pengumuman akhir.

A. Ria Astuti, Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju

Keduanya jelas sangat bahagia dan sangat bersyukur melihat daftar nama mereka tertera pada nama-nama yang lolos menerima Beasiswa BI.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa lulus dan bergabung di GenBI, bahagianya bukan main. Ternyata rejekiku di Beasiswa BI dan tentunya tidak lepas dari doa orang tua,”ujar kak Mifta.

“Apa lagi, sekarang masa pandemi krisis ekonomi. Tapi alhamdulillah ada rejeki dan semoga teman-teman yang lain ikut termotivasi,” tambahnya.

Selain rasa bahagia yang diutarakan kak Mifta, rasa bahagia juga diutarakan oleh kak Ara dengan adanya beasiswa ini dan berharap bisa meringankan beban orang tua.

“Alhamdulillah saya sangat senang pas tahu nama saya lolos di pengumuman kedua ini. Karena, saya sangat berharap dengan beasiswa ini. InsyaaAllah meringankan beban orang tua nantinya,” ujarnya.

Salah satu persyaratan mendaftar beasiswa Bank Indonesia tentunya harus berorganisasi. Yang mana organisasi merupakan wadah untuk belajar.

"Saya sangat berterima kasih dengan bergabungnya saya di UKM Pramuka UNM. Karena organisasi merupakan wadah untuk saya belajar. Pengalaman yang saya dapatkan membantu saya hingga bisa lolos beasiswa,"ujar kak Mifta.

Sekali lagi, organisasi bukan menjadi penghalang untuk mengukir berprestasi. 

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Monday, 22 June 2020

UKM PRAMUKA UNM SALURKAN DONASI UNTUK KORBAN BANJIR JENEPONTO-BANTAENG

Penyaluran paket donasi di Kabupaten Bantaeng

Penyaluran paket donasi di Kabupaten Bantaeng dan diterima oleh Kadis Kab. Bantaeng

Sabtu, 20 Juni 2020 UKM Pramuka UNM telah menyalurkan donasi di kedua kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkena banjir.

Banjir bandang yang terjadi pada Jum'at 12 Juni 2020 di Kabupaten Bantaeng dan Jeneponto, Sulawesi Selatan menarik perhatian khalayak umum.

Akibat dari banjir ini, beberapa rumah terendam banjir, fasilitas umum rusak, dan bahkan memakan korban jiwa. Sehingga, perbaikan dan pembersihan harus dilakukan.

Hal ini tentunya menarik simpati masyarakat untuk menyalurkan bantuan baik berupa tenaga maupun barang. Namun, bukan hanya masyarakat biasa, berbagai organisasi pun turut andil untuk menolong korban banjir tersebut, termasuk UKM Pramuka UNM.

UKM Pramuka UNM telah membuka donasi Peduli Banjir Jeneponto – Bantaeng terhitung sejak 14 s.d 19 Juni 2020. Donasi berupa sembako, uang, makanan bayi, makanan instant, pakaian, karpet dan selimut.

Penyaluran paket donasi di Kabupaten Jeneponto

Pengumpulan donasi dilakukan di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM, tepatnya di jalan Bonto Langkasa, Gedung AP Pascasarjana UNM. Adapun para donatur diantaranya kakak - kakak purna, anggota dan kakak-kakak dari eksternal UKM Pramuka UNM. Hasil donasi yang terkumpul disalurkan pada 20 Juni 2020 di kedua kabupaten tersebut.

Penyaluran donasi dilakukan di dua titik yakni Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng. Penyaluran pertama disalurkan di kabupaten Jeneponto tepatnya di salah satu posko di Jeneponto dan diterima oleh Dewan Kerja Cabang Kabupaten Jeneponto. Sedangkan penyaluran kedua di lakukan di dua tempat di Kabupaten Bantaeng. Tempat penyaluran pertama di sekretariat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bantaeng dan diterima oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bantaeng, kak Syamsul. Penyaluran kedua dilakukan di Posko induk Covid-19 dan diterima oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris, M.Si.

Foto Bersama kakak-kakak Kwarcab Bantaeng
Donasi telah disalurkan di kedua kabupaten yang terkena banjir. Ucapan terima kasih dari kakak-kakak di kabupaten Bantaeng dan Jeneponto atas donasi yang telah dibawakan oleh kakak-kakak dari UKM Pramuka UNM.

"Terima kasih kakak-kakak UKM Pramuka UNM atas donasinya. Donasi telah kami salurkan, semoga donasinya bermanfaat bagi mereka,"ujar salah satu anggota DKC Jeneponto.

Semoga semua donasi bisa mengurangi beban yang dialami oleh para korban banjir dan menjadi amal ibadah bagi yang telah berdonasi seperti yang dikatakan oleh kak Indrawati dari Kwarcab Bantaeng.

"Terima kasih telah menyalurkan bantuannya. Semoga bernilai ibadah dunia akhirat," ujarnya.

"Satu hal yang penting, donasi sampai sama yang membutuhkan. Satu kesyukuran bisa berbagi bersama," tambah kak Nur selaku narasumber ahli Racana Opu Dg. Risadju.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Saturday, 25 April 2020

DISKON dan DILINE ala UKM Pramuka UNM

Kegiatan DISKON Enterpreneur
UKM Pramuka UNM telah melaksanakan latihan rutin yang berbeda dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan kondisi yang masih berada dalam pandemi Covid-19. Latihan rutin tersebut adalah DISKON dan DILINE.

DISKON dan DILINE merupakan salah satu Latihan Rutin UKM Pramuka UNM yang berupa Diskusi Online. Diskusi yang dilaksanakan melalui media sosial yang berbeda dan tentunya dengan materi dan pemateri yang berbeda pula.

DISKON dilaksanakan pada Rabu, 22 April 2020 melalui grup WhatsApp, yang dimulai dari pukul 14.00 hingga 17.00 WITA. Diskusi ini membahas mengenai kewirausahaan yang dikenal dengan sebutan ­Enterpreneur. Materi dibawakan oleh kak Arfah yang merupakan Purna Dewan Racana bidang Humas masa bakti 2003-2005. 
Dokumentasi kegiatan DISKON
“Sekalipun kita tak bertatap wajah, namun hati dan pikiran kita tetap berjabat,” begitulah yang dikatakan oleh kak Arfah pada saat mengawali materi diskusi dalam ketikannya.

Peserta kegiatan ini adalah kakak-kakak Purna dan Anggota UKM Pramuka UNM. Kakak-kakak yang mengikuti kegiatan sangat bersemangat dan berharap agar grup ini tidak ditutup.

"Kalau bisa grup ini tidak usah ditutup, biar kakak-kakak yang punya usaha bisa mempromosikan usahanya," ketiknya dalam grup DISKON. 


Berbeda dengan DISKON. DILINE dilaksanakan pada Sabtu, 25 April 2020 tepatnya hari kedua Ramadhan. Diskusi ini dilaksanakan menjelang waktu berbuka puasa, yaitu pukul 16.00 hingga 17.00 WITA melalui siaran langsung instagram UKM Pramuka UNM. Sambil menunggu waktu berbuka, kakak-kakak berdiskusi mengenai Peraturan Penyelenggaraan Gugusdepan Nomor 231 tahun 2007, dengan peserta bukan hanya dari Sulawesi Selatan saja, tetapi juga dari luar Sulawesi dan Malaysia.
Kegiatan DILINE (PP Gudep Nomor 231 tahun 2007) 
Diskusi ini dilakukan bersama salah satu anggota Dewan Kerja Daerah Sulawesi Selatan dan juga merupakan Anggota UKM Pramuka UNM, kak Muh. Akhsan Suhardiman selaku pemateri pada diskusi kali ini. Kak Akhsan mengatakan bahwa kegiatan seperti diskusi online adalah kegaiatan yang tepat untuk menjalankan program kegiatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan yang paling tepat dilakukan adalah kegiatan positif seperti diskusi online dengan tetap menjalankan program kegiatan dengan memanfaatkan teknologi,” ujarnya dalam siaran langsung DILINE.

Begitu halnya dengan kak Inda yang merupakan peserta dalam DILINE, mengatakan bahwa diskusi online seperti ini bagus dan lebih kekinian. 

"Kalau menurutku, kegiatan diskusi online ini lebih kekinian dan lebih bagus. dan karena keadaan yang menuntut semua kegiatan dilaksanakan lewat online saja, tapi kerennya walaupun pandemi masih bisa berdiskusi untuk tambah pengetahuan," ujarnya.
Dokumentasi kegiatan DILINE
"Harapan saya kedepannya alangkah baiknya ketika diskusi menggunakan metode yang dilakukan kemarin (DILINE), karena bisa melihat mimiknya secara langsung dan lebih bisa dipahami," tambahnya.

Baik DISKON maupun DILINE adalah kegiatan yang sama bagusnya untuk melaksanakan program kerja dan mengisi waktu kakak-kakak di rumah saja. Tentunya dengan materi-materi yang berguna bagi kita semua.

Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana dan pandemi ini akan segera berakhir. Semangat kakak-kakak.


Penulis : Humas UKM Pramuka UNM
Selengkapnya...

Sunday, 15 March 2020

Pendaftaran UKM Pramuka UNM RESMI DIBUKA!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam Pramuka!!!

Apa kabar mahasiswa/i Universitas Negeri Makassar? Kami harap sehat selalu. Ada kabar gembira buat kakak-kakak semua. UKM Pramuka UNM kembali mengadakan Penerimaan Anggota Baru (PAB) tahun 2020.

Perlu Kakak-kakak ketahui bahwa, UKM Pramuka UNM merupakan salah satu UKM yang berada di Universitas Negeri Makassar yang memiliki dua satuan, yakni Racana dan Ambalan. Selain itu, UKM Pramuka UNM juga memiliki sebutan bagi satuan putra maupun putri, yaitu Ranggong Dg. Romo untuk satuan putra dan Opu Dg. Risadju untuk satuan putri.

Jangan khawatir Kak! Bagi Kakak-kakak yang ingin mendaftar, tidak diharuskan aktif berpramuka sewaktu SMA/SMK/MA/MAK. Tetapi, pendaftaran ini terbuka untuk Kakak-kakak yang siap bergabung dan menjadi bagian dari kami.

Berikut persyaratan yang harus kakak perhatikan sebelum mendaftar :
1. Mahasiswa/i aktif Universitas Negeri Makassar
2. Maksimal berusia 25 tahun dan belum menikah
3. Sehat jasmani dan rohani

Setelah itu, silakan daftarkan diri kakak dengan cara :
1. Follow akun Instagram UKM Pramuka UNM (IG : pramuka_unm)
    (Link : https://www.instagram.com/pramuka_unm/?hl=id)

2. Mengisi formulir pendaftaran
   Formulir pendaftaran bisa didapatkan di :  
  • Stand UKM Pramuka UNM pada setiap sektor (Parangtambung, Gunung Sari, Tidung, dan Banta - bantaeng)
  • Website UKM Pramuka UNM (www.ukmpramukaunm.com)
  • Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM ( Gedung PKM Lt. 2 Kampus Gunung Sari UNM )
Adapun rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru tahun 2020 antara lain :

1. Pendaftaran ( 16 s.d 30 Maret 2020 )
2. Pendaftaran Ulang ( 20 Maret s.d 02 April 2020)
3. Technical Meeting ( 04 April 2020 )
4. Indoor ( 11 s.d 12 April 2020 )
5. Outdoor ( 17 s.d 19 April 2020 )
6. Pengukuhan

Untuk info lanjut, silakan hubungi contact person Humas UKM Pramuka UNM (085299911095).

Download Formulir Pendaftaran : http://bit.ly/fPendaftaranPAB2020

Pantau terus media sosial kami!

Follow us on :
💻 Facebook : pramuka unm 
📷 Twitter & IG : @pramuka_unm
🌍 Website : www.ukmpramukaunm.com
📺 Youtube : ukm pramuka unm


Selengkapnya...

Tuesday, 25 February 2020

UKM Pramuka UNM mengutus Dua Duta Pelatihan Orientasi Pramuka Peduli

Foto bersama Peserta Pelatihan Orientasi Pramuka Peduli 
Selasa, 25 Februari 2020, UKM Pramuka UNM mengutus dua orang duta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Orientasi Pramuka Peduli.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Sulawesi Selatan yang berlangsung selama enam hari. Dimulai Selasa, 25 Februari 2020 hingga Ahad, 1 Maret 2020 bertempat di Arboretum 2 alur C Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Peserta dari kegiatan ini berasal dari anggota pramuka Perguruan Tinggi se-Kota Makassar, Satuan Reaksi Cepat (RSC), Tim Reaksi Cepat (TRC) Maros dan Gowa serta DKD Sulsel.
Duta Pramuka Peduli, kak Ikbal dan kak Anis
UKM Pramuka UNM mengutus dua orang duta yaitu kak Anis Kuniati dan kak Muh. Ikbal Ramadandi sebagai duta pada kegiatan ini. Kak Anis Kurniati atau yang biasa disapa kak Anis merupakan Bendahara Dewan Opu Dg. Risadju masa bakti 2019 – 2020. Sedangkan kak Muh. Ikbal Ramadandi merupakan anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo.

Keduaya sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Apalagi menjadi duta gugus depan. Bukan hanya nama pribadi yang dibawanya, juga nama gugus depan serta pangkalan.

Kak Anis mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang menjadi duta gugus depan seperti yang diungkapkannya saat dimintai pendapat mengenai duta kegiatan ini.

"Sangat senang bisa menjadi duta di kegiatan pramuka peduli, karena kegiatan ini sangat jarang diadakan untuk anggota pramuka khususnya anggota-anggota pramuka yang ada di Kota Makassar padahal manfaatnya sangat luar biasa," tuturnya.
Foto bersama kak Ibrahim
Kak Ikbal pun menyampaikan rasa senang dan bangga menjadi duta gugus depan mewakili UKM Pramuka UNM dan berharap kegiatan seperti ini lebih sering diadakan. 

"Tentunya senang dan bangga bisa mewakili UKM Pramuka UNM, terlebih kegiatan seperti ini jarang sekali diadakan dan banyak sekali yg berminat ikut bahkan dari cabang," ungkapnya.

"Harapannya kegiatan seperti ini bisa lebih sering diadakan dan mungkin di skala yang lebih besar, karena kegiatannya berisi materi-materi yang betul-betul dibutuhkan," tambahnya.

Semoga kakak-kakak duta bisa memperoleh ilmu yang sebanyak-banyaknya dan bisa berbagi ilmu di gugus depan.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM
Selengkapnya...

Tuesday, 18 February 2020

UKM Pramuka UNM menjadi Petugas Upacara Parade Senja yang Ke-374

Penurunan bendera Merah Putih
Senin, 17 Februari 2020 bertempat di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, telah dilaksanakan upacara Parade Senja Prasetya yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya, oleh Kwartir Daerah Sulawesi Selatan.

Upacara parade senja kali ini merupakan upacara yang ke-374 kali. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Sekretaris Kwartir Daerah Sulawesi Selatan, kak Ahmad Ridwan pada upacara tersebut.
Petugas penurunan bendera
Petugas pada parade senja berbeda-beda setiap bulannnya. Februari ini UKM Pramuka UNM dipercayakan menjadi petugas upacara. Selain bertugas sebagai Master of Ceremony (MC), pemimpin upacara, pembaca renungan juga bertugas sebagai pasukan penuran bendera yang menjadi ikon penting pada setiap upacara. 


Upacara ini dihadiri oleh beberapa pangkalan baik itu tingkat siaga, penggalang, penegak dan pandega. Selain itu, para pembina dan pelatih pun turut meramaikan upacara. Salah satu pembina yang menjadi tamu undangan pada upacara tersebut, kak Nuryami Yunus, MG dari SD Layang. Beliau mengungkapkan bahwa untuk petugas penurunan kali ini berbeda seperti parade senja yang sebelumnya dilaksanakan. Biasanya petugasnya banyak, namun kali ini hanya delapan orang.


“Biasanya petugas penurunan bendera saya lihat banyak, tidak seperti parade senja biasanya. Kali ini saya lihat sedikit,” ungkap beliau saat dimintai tanggapan mengenai pelaksanaan upacara parade senja kali ini.
Peserta upacara Parade Senja Prasetya
Berbeda dengan yang disampaikan oleh kakak-kakak dari SMK 2 Makassar. Mereka sangat menyukai pelaksanaan upacara parade senja kali ini. Menurut mereka, gerakan petugas penurunan dan formasinya bagus dan keren.

“Bagus penampilan senapannya kak. Kalau petugas penurunan bendera, bagus kak. gerakannya dan juga formasinya, keren saya lihat,” ungkapnya.

Mereka berharap agar pelaksanaan parade senja selanjutnya, bisa dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Selengkapnya...

Wednesday, 5 February 2020

Profil Dewan Ambalan Masa Bakti 2019 – 2020

Profil Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo 
Gugus Depan Kota Makassar 08.095
 Pangkalan Universitas Negeri Makassar


1Pradana
Kak Refqi
Nama : Rahmat Refqi
Nama panggilan : Refqi
Tempat, tanggal lahir : Bantaeng, 11 November 1999
Agama : Islam
Alamat : Jl. Ratulangi Makassar
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ilmu  Keolahragan/Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Hobi : Berolahraga
Cita-cita : Guru
Motto : Sedikit Bicara Banyak Bekerja

2. Pemangku Adat
Kak Madda
Nama : Amiruddin
Nama panggilan: Kak Madda
Tempat, tanggal lahir : Maros, 13 Oktober 1999
Agama : Islam
Alamat : Dusun Mambue Desa Nisombalia Kec. Marusu Kab. Maros
Fakultas/Jurusan/Prodi : Bahasa dan Sastra/Bahasa dan Sastra Indonesia/Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Hoby : Menggambar
Cita-cita : Guru
Motto : Believe

3. Kerani
Kak Ferry
Nama : A. Ferry Ardiansyah
Nama panggilan : Ferry
Tempat, tanggal lahir : Lakukang, 26 Januari 2001
Agama : Islam
Alamat : Jalan Masjid Baiturrahman No. 70 A
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ekonomi/ Manajemen
Hobi : Main Volly, Main game dan Membaca
Cita-cita : Manajer
Motto : Jadi yang lebih baik dari hari ini

4. Bendahara
Kak Adi
Nama : Adi Gifan
Nama panggilan : Adi
Tempat, tanggal lahir : Bone Rombo, 24 November 1999
Agama : Islam
Alamat : Jl. Rappochini
Fakultas/Jurusan/Prodi :Ilmu keolaragaan / Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Hobi : Sepak bola
Cita-cita : Guru olahraga
Motto : Jangan biarkan kemalasan membelenggu dirimu.

5. Bidang Kegiatan dan Latihan
Kak Andri
Nama : Andri Irawan Syam
Nama panggilan : Andri
Tempat, tangga lahir : Solo, 15 November 1999
Agama : Islam
Alamat : Rappocini
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ilmu  Keolahragan/Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Hobi : Olahraga
Cita-cita : Dosen
Motto : Jadilah seperti padi


Profil Dewan Ambalan Opu Dg. Risadju 
Gugus Depan Kota Makassar 08.096 
Pangkalan Universitas Negeri Makassar


1. Pradana
Kak Miftah
Nama : Mifta Aulia Mustafa
Nama panggilan : Mifta
Tempat, tanggal lahir : Bulukumba, 17 Januari 2000
Agama : Islam
Alamat : Kompleks Graha Mapala Permai
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ekonomi/Akuntansi/S1
Hobi : Baca Novel,
Cita-cita : Pengusaha
Motto : Waktumu terbatas, jangan mubassir

2. Pemangku Adat
Kak Nunu
Nama : Husnul Haerati
Nama panggilan : Husnul, nunu
Tempat, tanggal lahir : Bulukumba, 17 Agustus 1999
Agama : Islam
Alamat : Jln. Rappocini raya lorong 11
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ilmu sosial/ilmu administrasi negara
Hobi : Baca komik dan menemukan hal-hal baru
Cita-cita : Menteri Pendidikan
Motto : Keluarlah dari zona nyamanmu dan bentuk zona nyamanmu sendiri

3. Kerani
Kerani Dewan Ambalan Opu Dg. Risadju
Nama : St. Nuramaliya
Nama panggilan : Alya
Tempat, tanggal lahir : Salomekko, 17 September 2000
Agama : Islam
Alamat : Jalan Monumen Emmy Saelan III, Tidung, Rappocini, Karunrung.
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ilmu pendidikan/Psikologi pendidikan dan bimbingan/Bimbingan dan konseling
Hobi : Mendengarkan musik
Cita-cita : Konselor
Motto : Hidup terlalu misterius untuk hidup yang dijalani terlalu serius

4. Bendahara
Kak Salsa
Nama : Salsabilla Nurzakinah. A
Nama panggilan : Salsa
Tempat, tanggal lahir : Maros, 24 Oktober 2000
Agama : Islam
Alamat : Jln. Skarda N
Fakultas/Jurusan/Prodi : Fak. Ilmu pendidikan / Pendidikan guru sekolah dasar/ pendidikan guru sekolah dasar
Hobi : berenang, ber-sastra
Cita-cita : Dosen
Motto : To be the best, still do the best

5. Bidang Kegiatan dan Latihan
Kak Lastri
Nama panggilan : Lastri
Tempat, tanggal lahir : Batu Papan, 26 Agustus 2000
Agama : Islam
Alamat : Jl. Mallengkeri permai blok N. 15A
Fakultas/Jurusan/Prodi : Ilmu Pendidikan/Teknologi pendidikan/teknologi pendidikan
Hobi : memasak dan menyanyi
Cita-cita : guru
Motto : Doa, kerja keras dan kesabaran untuk kebahagiaan dunia akhirat

Selengkapnya...