Monday 30 October 2023

Kegiatan Outdoor UKM Pramuka UNM: Membangun Persaudaraan dan Kekompakan


    Kakak-kakak calon anggota baru UKM Pramuka UNM baru saja menyelesaikan kegiatan outdoor di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM di Dusun Bontojai, Desa Borisallo, Kec. Parangloe, Kab. Gowa.

    Kegiatan ini merupakan rangkaian PAB selanjutnya yang harus d ikuti calon anggota sebelum pengukuhan. Kegiatan Ini berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023, diikuti  59 peserta yakni 28 putra dan 31 putri.Kegiatan outdoor ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan, tanggung jawab, dan gotong royong antara peserta dengan Pembina, kakak dewan, kakak purna, dan juga kakak anggota UKM Pramuka UNM. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi calon anggota baru, karena melalui berkemah, diharapkan mereka dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan, mengenal alam lebih baik, mendekatkan diri dengan teman, dan menemukan hal-hal baru yang dapat menambah pengetahuan.



  Kegiatan outdoor ini mencakup beberapa kegiatan, termasuk materi penjelajahan yang disampaikan oleh kakak hebat, kak Rifai & kak Hadyan. Materi ini sangat relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya, yaitu Hiking. Hiking adalah perjalanan kaki yang mengandung unsur permainan, romantika kehidupan, dan penjelajahan, yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam petualangan.

    Hiking dilakukan untuk melatih calon anggota baru dengan melewati beberapa pos guna mereview kembali materi-materi yang telah diperoleh selama kegiatan indoor. Mereka juga dibekali peta sebelum perjalanan dimulai dan diperiksa kesiapan fisik serta perlengkapan. Rute yang telah ditentukan harus dilalui dengan diiringi beberapa permainan yang diselenggarakan oleh kakak penjaga pos.



    Setelah hiking, pada malam harinya ada acara unggun api yang selalu ditunggu-tunggu oleh peserta perkemahan. Selain sebagai sumber kehangatan, acara ini mampu menimbulkan semangat dan kegembiraan bagi kakak yang hadir. Dalam acara ini, kakak-kakak calon anggota baru juga mempersembahkan pentas seni (PENSI), di mana mereka dapat menunjukkan bakat terbaik mereka. Dan sebagai penutup, kami juga mendapatkan persembahan lagu istimewa dari kakak Siti Nurkhodijah selaku Reka Kerja PAB 2023.

    Pada hari Ahad, yang merupakan hari terakhir kegiatan outdoor, dilakukan kegiatan outbound oleh calon anggota baru dan kakak anggota. Outbound ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar tim dan juga sebagai sumber hiburan. Hal ini sangat menyenangkan, dan wajar jika banyak yang merindukan perkemahan ini.

    Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta bernama  Rahmat Anugrah dari Fakultas  Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan / Pendidikan Kepelatihan Olahraga angkatan 2023 “Setelah menjalani kegiatan  Outdoor kemarin, banyak hal hal baru yang saya dapatkan tentang pramuka apalagi soal pengkaderannya ,saya baru tahu atau kenal organisasi yang pengkaderannya bukan difisik tapi lebih ke mengasah pola pikir kita.Dan senior senior juga ramah semua jadi kita sebagai peserta  merasa sangat nyaman ,tidak ada tekanan selama kegiatan berlangsung” Tutur kak Rahmat.

    Sebagai penutup dari kegiatan ini, dilakukan Forum Group Discussion (FGD) yang didampingi langsung oleh kakak Pembina. Ini merupakan kesempatan bagi calon anggota baru untuk menyampaikan kesan, pesan, saran, atau kritik mengenai kegiatan ini.


    Kakak Siti Ashifa Nurul Qalby selaku KORLAP di kegiatan ini mengungkapkan kesannya terhadap keberhasilan kegiatan ini  “Di Outdoor ini Sangat berkesan kak, karena outdoor kali ini di ikuti banyak peserta dari putri maupun putra, antusias mereka menjadi semangat para panitia/reka kerja dalam melakukan giat kali ini. Saya pribadi berharap kak, semoga kakak kakak PAB kali ini tetap semangat berproses hingga di pengukuhan nanti”.

    Akhirnya, setelah kegiatan ini, kami kembali ke rutinitas yang menyibukkan, kembali ke dunia masing-masing. Namun, semoga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul kembali dalam kegiatan dengan balutan Pramuka yang berbeda, namun tetap mempererat persaudaraan dan kebersamaan.

 

Penulis : Juriasari

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM


Load disqus comments

0 comments