Saturday 16 September 2023

UKM pramuka UNM berkolaborasi dengan Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone UNM dengan melaksanakan Latihan Rutin Kesenian yang berlangsung di Pelataran Menara Phinisi UNM

       

suasana foto bersama latihan rutin kesenian

        Sabtu, 16 September 2023, UKM Pramuka UNM kembali memanfaatkan weekend dengan melaksanakan latihan rutin. Latihan rutin kali ini berbeda dengan latihan rutin sebelum-sebelumnya. Dimana, UKM pramuka UNM berkolaborasi dengan Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone UNM dengan melaksanakan Latihan Rutin Kesenian yang berlangsung di Pelataran Menara Phinisi UNM mulai pukul 14.00 WITA - 18.00 WITA.  

        Latihan rutin ini dihadiri oleh kakak pemateri seru dan keren yaitu kakak Muhammad Faturrahman Sur'an S. Pd, selaku pembina dari Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone UNM serta anggota UKM Pramuka UNM dan Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone UNM yang turut hadir.

        Dalam kegiatan ini dilakukan  beberapa rangkaian acara, mulai dari upabuklat (Upacara Pembukaan Latihan), kegiatan inti yaitu sharing bersama kakak pemateri dan diakhiri dengan upatuplat (Upacara Penutupan Latihan)

suasana pemberian materi oleh kak fathur


        Kakak Fathur selaku pemateri dalam latihan rutin ini mengajarkan tentang seni tari. Dimana anggota Racana dan Ambalan Opu Dg. Risadju diajarkan tarian Pa'duppa dan anggota racana dan ambalan Ranggong Dg. Romo diajarkan bagaimana memainkan alat musik gendang untuk mengiringi suatu tarian.

        Kakak Fathur juga menjelaskan bahwa kesenian adalah salah satu yang diperlukan dan melekat oleh UKM Pramuka di setiap kegiatan seperti dalam hal tata rias, tata dekor, menari pada saat pembukaan kegiatan bahkan dalam hal berpakaian sekalipun termasuk dalam kesenian. Ditambah pula saran yang diberikan terkait inventaris kesenian yang dimiliki UKM Pramuka UNM.

        “Karena UKM Pramuka sudah memiliki inventaris kesenian, maka diharapkan agar inventaris tersebut dirawat dengan baik. Selain itu, boleh juga dikembangkan atau diperbanyak lagi inventaris keseniannya seperti aksesoris dan alat tata riasnya”, tuturnya.

        Adapun tujuan dari latihan rutin ini agar menjadi sebuah wadah bagi anggota UKM Pramuka UNM sebagai generasi bangsa untuk tetap melestarikan  kesenian lokal. Jika bukan kita sebagai generasi muda bangsa yang melestarikan, siapa lagi?

        Terakhir disampaikan pula harapan dari kakak Fathur selaku pemateri.

       "Semoga ada kegiatan berikutnya yang mempertemukan kita antara Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone dengan UKM PRAMUKA UNM", tuturnya yang disambung dengan slogan Sanggar Seni Budaya La Pawawoi Bone yaitu "AKU BERKARYA MAKA AKU ADA"

suasana praktek menari

Penulis : Ishandayani Ismail

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments