Saturday 30 September 2023

BERPARTISIPASI DALAM JAMBORE NASIONAL MAHASISWA BELA NEGARA TAHUN 2023, UKM PRAMUKA UNM CETAK PRESTASI

    
Suasana Foto Bersama Tim UKM Pramuka UNM Putri

    Pada hari Minggu, 01 Oktober 2023, Peserta Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara Tahun 2023 peserta perwakilan Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari 3 (tiga) orang putra yang terdiri dari  Akbar Muhammad, Syahrul Azwan dan Zyair Muzyaitir, serta 3 (tiga) orang putri terdiri dari Syaidatul Zuhrah Al-Munawarah, Dita Amanda dan A. Saskia Dwi Afika Idrus mengikuti Aksi Mahasiswa Bela Negara untuk Bumi.


    Kegiatan ini dilaksanakan sebelum upacara penutupan, para peserta akan memulai perjalanan dari titik yang telah ditentukan menuju Titik Nol Kilometer atau Monumen Serangan Umum 1 Maret, sejauh 3 (tiga) kilometer. Selama perjalanan para peserta akan melakukan aksi “Jaga Bumi” dengan mengumpulkan sampah di sepanjang jalan. Sampah-sampah yang terkumpul akan digabungkan menjadi satu. Aksi ini merupakan contoh sederhana dari semangat Bela Negara yang relevan di era sekarang ini.

Suasana penerimaan hadiah juara III
Lomba Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Regu Putri
 


    Upacara penutupan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila serta pengumuman pemenang diselenggarakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret. Peserta dan para pemenang akan mengenakan seragam khusus yang melambangkan semangat Bela Negara. Pengumuman pemenang ini sebenarnya lebih dari sekadar penghargaan, tetapi juga merupakan alat untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada semua peserta Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara dalam membangun kesadaran berbangsa dan negara.


     Tak hanya menjadi peserta partisipan, Kontingen Universitas Negeri Makassar mendapat 2 (dua) penghargaan yakni, Juara II Lomba Membatik Regu Putri dan    Juara III Lomba Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Regu Putri. Prestasi ini menyimpan jejak sejarah dalam kegiatan Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara Tahun 2023.

    "Kita Beda, Kita Satu, NKRI Harga Mati, Indonesia Jaya" -Jambore  Nasional Mahasiswa Bela Negara Tahun 2023.

Suasana penerimaan hadiah Juara II Lomba Membatik Regu Putri



Penulis :  A. Saskia Dwi Afika Idrus

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments