Saturday 6 May 2023

Day 01 Indoor Penerimaan Anggota Baru Tahun 2023, Kenapa Harus UKM Pramuka UNM ?

Suasana Peserta Melewati Gerbang Adat UKM Pramuka UNM

    Hari Sabtu, 06 Mei 2023, Pelaksanaan Indoor PAB Tahun 2023 UKM Pramuka UNM dimulai dengan pemberian materi Eksisten Gerakan Pramuka Di Perguruan Tinggi oleh Kakak Marwanting, S. Pd., M. Pd. selaku Pembina Racana Opu Dg. Risadju. Dimana pada materi ini dijelaskan bahwa Gerakan Pramuka di Perguruan Tinggi berdasar pada Keputusan Kwartir Nasional Nomor 180 A Tahun 2011 Tentang : Petunjuk Pelaksanaan Gugusdepan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Perguruan Tinggi. 

  Pola pembinaan menjadi keunikan Gerakan Pramuka di Perguruan Tinggi. Dimana Pola Pembinaannya selalu dikaitkan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. "Long Live Education" Kakak Marwanting, S.Pd., M. Pd.


Suasana Pemberian Materi Sosialisasi Adat Oleh Pemangku Adat Racana & Ambalan

    Setelah penyampaian Eksistensi Gerakan Pramuka Di Perguruan Tinggi, peserta PAB Tahun 2023 diberi materi Pengenalan Adat oleh Kakak Pemangku Adat Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju baik satuan Racana maupun Ambalan. Dimana adat yang diperkenalkan kepada peserta adalah adat yang menjadi hukum kebiasaan dan mengatur tingkah laku Anggota UKM Pramuka UNM.

  Berbicara mengenai Gerakan Pramuka Di Perguruan Tinggi, UKM Pramuka memiliki sejarah dalam perjalanannya hingga sekarang yang ke-45 tahun. Materi Sejarah Gugusdepan dibawakan oleh Kakak Mustainah, S. Pd., S. Ipem., M.M. selaku Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Suasana Keseruan Calon Anggota Di Kegiatan Indoor Hari Pertama 

    UKM Pramuka UNM dengan 2 (dua) satuan yaitu Penegak dan Pandega tentu memiliki Pola Mekanisme Pembinaan. Materi terkait Pola Mekanisme Pembinaan dibawakan langsung oleh Kakak Musdar Asman, S. Pd., M. Si. selaku Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo. Berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176 Tahun 2013 Tentang Pola Mekanisme Pembinaan. Inilah yang menjadi pembeda antara Pramuka Siaga, Penggalang dengan Pramuka Penegak dan Pandega. Prinsip pembinaannya ada 3 (tiga) yaitu Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat yang diwadahi oleh Gugusdepan, Saka dan Kwartir. Dalam proses pembinaan Pramuka Golongan Penegak dan Golongan Pandega akan memberi perubahan dari segi spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik seorang pramuka.

Foto Bersama Pemateri Polamekanisme Pembinaan yaitu Kakak Musdar Asman, S.Pd., M.Si  


Penulis : A. Saskia Dwi Afika Idrus

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments