Monday 6 February 2023

SUKSES LAKSANAKAN : Musyawarah Racana XLIV Masa Bakti 2021-2022 Pangkalan Universitas Negeri Makassar

 

Suasana Foto Bersama Musyawarah Racana ke-XLIV

Gugusdepan Kota Makassar 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar kembali melaksanakan Musyawarah Racana yang ke-XLIV pada hari Jum’at-Ahad, 3-5 Februari 2023 bertempat di Rumah Adat Ujung Pandang dan Rumah Adat Majene, Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Musyawarah Racana Ranggong Dg. Romo dilaksanakan di Rumah Adat Ujung Pandang dengan agenda Sidang Pendahuluan. Adapun pimpinan Sidang Pendahuluan adalah Kak A. Ferry Ardiansyah, S.M. selaku Ketua, Kak Putra Taufik Prayuda, S.Pd. selaku Pemangku Adat, dan Kak Akbar Muhammad selaku Sekretaris. Sidang Pendahuluan diawali dengan membahas dan mengesahkan Manual Acara, Tata Tertib, Pengesahan Kuorum, dan Penetapan Presidium sidang.

Suasana Sidang Pendahuluan Racana Ranggong Dg. Romo Musyawarah Racana ke-XLIV

Hasil dari pemilihan presidium sidang yakni Ketua Kak Rifky Hidayat, Sekretaris kak Wahyudi, dan Anggota Kak Agus Qomaruzzaman. Setelah Sidang Pendahuluan, dilanjukan ke Sidang Pleno I yang dimulai dari pembacaan Laporan Pertanggungjawan Dewan Racana Ranggong Dg. Romo Oleh Kak Akbar Muhammad selaku Sekretaris Racana Ranggong Dg. Romo. Setelah Pembacaan LPJ, Selanjutnya masing-masing dewan mempertanggungjawabkan hasil kinerjanya selama satu masa bakti yang dimulai dari Bidang Rumah Tangga yaitu Kak Muh. Reski Anugrah, Bidang Evaluasi Pengembangan dan Humas Kak Agus Qomaruzzaman, Bidang Kegiatan dan Latihan Kak Ahmad Irza Izzul Haq, Bendahara Kak Zulfahmi Syam, Sekretaris Kak Akbar Muhammad, Pemangku Adat Kak Putra Taufik Prayuda, S.Pd., dan diakhiri oleh kak A. Ferry Ardiansyah, S.M. selaku ketua Dewan.

Setelah seluruh dewan melaporkan pertanggungjawabannya selama satu masa bakti 2021-2022, selanjutnya pengesahan dan pendemisioneran Dewan Racana Ranggong Dg. Romo Masa Bakti 2021-2022 oleh kakak kak Dr. Muh. Iswal Burhan, M.T. selaku Pembina Satuan sekaligus melepas tanda jabatan setiap Dewan Racana.

Sementara itu, Musyawarah Racana XLIV Opu Dg. Risadju yang dilaksanakan di Rumah Adat Majene juga berlangsung. Adapun sidang pendahuluan dipimpin oleh Kak Miftah Aulia Mustafa, S. Ak. sebagai Ketua, Kak Indasari, S.A.B. sebagai Pemangku Adat, dan kak Nurhidayah sebagai sekretaris dengan agenda pembahasan dan pengesahan Manual Acara, Tata Tertib, Pengesahan Kuorum,  Pemilihan Presidium Sidang.

Suasana Sidang Pendahuluan Racana Ranggong Dg. Romo Musyawarah Racana ke-XLIV

Sidang pleno I dipimpin oleh kak Hadyan Ramadani sebagai ketua, Kak Ainun Andini sebagai Sekretaris, dan Kak Nurhidayanti Marwah, S.Pd. sebagai Anggota. Siang pleno I dimulai dari pemaparan laporan pertanggungjawaban dari Kakak Nurhidayanti Marwah, S.Pd. selaku Bidang Rumah Tangga, dilanjutkan dengan kak Syaidatul Zuhrah Al-Munawarah selaku Bidang Evaluasi, Pengembangan, dan Humas. Setelah itu, dilanjutkan dengan kak Dita Amanda selaku Bidang Kegiatan dan Latihan, kemudian kak Siti Rezki Hardianti selaku Bendahara. Setelah pemaparan dari kakak bendahara dilanjutkan dengan Sekretaris yaitu kak Nurhidayah, setelah itu Pemangku Adat yaitu Kak Indasari, S.A.B. Adapun terakhir laporan dipaparkan oleh kak Miftah Aulia Mustafa,S. Ak. selaku Ketua Dewan Racana Opu Dg. Risadju.

Setelah seluruh dewan melaporkan pertanggungjawabannya, selanjutnya pengesahan dan pendemisioneran Dewan Racana Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2021-2022 oleh Narasumber Ahli yaitu kak Nurhayati Densi, S.Pd., M.Pd. sekaligus melepas tanda jabatan setiap dewan.

Pada tanggal 3 Februari 2023, Musyawarah Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg Risadju sama-sama memasuki sidang pleno kedua yang dimana pada sidang pleno kedua ini pemilihan anggota komisi dan pembahasan hasil-hasil komisi. Pada Komisi A membahas tentang Adat Racana dan Komisi B membahas rencana kerja. Setelah masing-masing komisi membahas dilakukan pembahasan hasil-hasil komisi setelah itu Pengesahan hasil-hasil sidang komisi yang dilanjutkan dengan Sidang Pleno Ketiga.

Sidang pleno ketiga dengan agenda pemilihan Dewan Racana Terpilih. Setelah seluruh Formatur Pandega bermusyawarah, akhirnya diumumkan nama-nama dewan terpilih kepada pembina. Setelah itu, sidang pleno ketiga ditutup dan secara resmi yang secara langsung menutup sidang pada musyawarah Racana XLIV.

Dewan Racana Ranggong Dg. Romo terpilih pada Musyawarah Racana ke-XLIV

Hasil dari Musyawarah Racana XLIV Ranggong Dg. Romo Masa Bakti 2021-2022 sebagi berikut :

1.       Ketua                                                              : Akbar Muhammad

2.       Pemangku Adat                                               : Agus Qomaruzzaman

3.       Sekretaris                                                       : Syahrul Azwan

4.       Bendahara                                                      : Wahyudi

5.       Bidang Kegiatan dan Latihan                            : Rifky Hidayat

6.       Bidang Evaluasi, Pengembangan, dan Humas     : Akbar Ahmad

7.       Bidang Rumah Tangga                                     : Muh. Reski Anugrah

Dewan Racana Opu Dg. Risadju terpilih pada Musyawarah Racana ke-XLIV

Hasil dari Musyawarah Racana XLIV Ranggong Dg. Romo Masa Bakti 2021-2022 sebagi berikut :

1.       Ketua                                                        : Nurhidayah

2.       Pemangku Adat                                          : Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah

3.       Sekretaris                                                  : Dita Amanda

4.       Bendahara                                                  : Jumri Annisa

5.       Bidang Kegiatan dan Latihan                        : Hadyan Ramadani

6.       Bidang Evaluasi, Pengembangan, dan Humas : Shafira Ham Volina

7.       Bidang Rumah Tangga                                  : Sitti Mutmadania

Setelah itu langsung dilanjutkan dengan Penutupan Musyawarah Racana XLIV yang ditutup oleh kak Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd., M.Pd. selaku Narasumber Ahli Racana Ranggong Dg. Romo.

 

Penulis : Shafira Ham Volina

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments