Monday 6 February 2023

Pembukaan Musyawarah Racana XLIV, Harapan Besar Kepada Calon Pengurus Dewan Terpilih

Suasana Foto Bersama Pembukaan Musyawarah Racana XLIV

Jum'at, 3 Februari 2023 di Ruang Cinema Lt. 2 Perpustakaan UNM dilangsungkan Pembukaan Musyawarah Racana XLIV Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Gugusdepan Kota Makassar 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar. Pembukaan ini dihadiri oleh Sekretaris Mabigus 08-095 & 08-096 UNM, Ketua Gugusdepan 08-096, Pembina dan Narasumber Ahli Racana Ranggong Dg. Romo, Pembina Ambalan Opu Dg. Risadju, Purna Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju, Dewan Ambalan dan Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju, Serta Anggota Ambalan dan Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju.

Adapun pembukaan Murac (Musyawarah Racana) XLIV Gugusdepan Kota Makassar 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar diawali dengan Prosesi Buka Adat. Selanjutnya MC memandu pembukaan kegiatan dengan membaca basmalah. Selanjutnya Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Kak Jumri Annisa. Setelah itu, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne SatyaKu Kudarmakan.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hyme Pramuka, Ketua Reka Kerja Ranggong Dg. Romo, Kak Agus Qomaruzzaman melaporkan kegiatan Murac XLIV ini. Adapun harapan dari kak Agus yaitu agar Musyawarah Racana XLIV ini bisa berjalan dengan baik dan Dewan Racana Masa Bakti 2021-2022 bisa melaporkan Laporan Pertanggungjawabannya.

Laporan Ketua Reka Kerja Musyawarah Racana XLIV

"Harapannya, Seluruh Dewan Racan Masa Bakti 2021-2022 mampu melaporkan Laporan Pertanggungjawab dengan baik", Ujarnya

Setelah Laporan dari Kak Agus, Selanjutnya Sambutan Ketua Dewan Racana Ranggong Dg. Romo yaitu Kak A. Ferry Ardiansyah, S.M. Dalam Sambutannya kak Ferry berharap agar seluruh unsur Gugusdepan bisa menyukseskan Musyawarah Racana XLIV ini dengan memgutamakan Musyawarah untuk mencapai Mufakat.

"Saya mengajak kepada kakak-kakak seluruh unsur Gugusdepan agar dapat menyukseskan Musyawarah Racana XLIV dengan mengutamakan Musyawarah untuk mencapai mufakat", Ucap Kak Fery.

Diakhir Kak Ferry berterimakasih kepada seluruh unsur Gugusdepan yang telah memberikan pengalamannya dan amanah kepada kak ferry untuk menjadi Ketua Racana Ranggong Dg. Romo dan ia pun memohon maaf apabila selama menjabat sebagai ketua ada hal yang kurang berkenan di hati kakak-kakak yang lainnya.

Setelah Sambutan Ketua Dewan Racana, Selanjutnya Sambutan Ketua Gugusdepan Kota Makassar 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar, Kak Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati, M.Hum. Dalam Sambutanya, Kak Prof Kasma memberikan ucapan selamat dan semangat menjalankan Musyawarah Racana XLIV dan berharap agar di momen Musyawarah ini kader-kader yang terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik.

"Saya ucapkan selamat dan semangat kepada kakak-kakak dalam melaksanakan Musyawarah Racana XLIV dan besar harapan kami para pembina dan unsur mabigus hasild ari musyawarah ini bisa menghasilkan kader-kader yang mampu mengharumkan nama UKM Pramuka UNM di berbagai tingkatan." Ujarnya

Sambutan Ketua Gugusdepan 08-096 UNM

Setelah sambutan ketua Gugusdepan 08-096, selanjutnya sambutan Ketua Mabigus 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Mabigus 08-095 & 08-096 yaitu kak Dr. Lu'mu Taris, M.Pd. Dalam sambutannya, Kak Lu'mu memberikan arahan kepada seluruh anggota Racana dan Ambalan agar mempersiapkan strategi dalam Penerimaan Anggota Baru salah satunya dengan bekerja sama dengan seluruh Prodi yang ada di UNM. Hal ini menjadi hal yang sangat ditekankan agar anggota UKM Pramuka UNM bisa meningkat pada tahun 2023 ini.

"Kakak memberikan saran kepada adik-adik yang hadir dalam ruangan ini agar pada Penerimaan Anggota Baru Tahun 2023 ini ada inovasi yang berbeda dan mengikut tren yang ada sekarang. Selain itu, kita akan bekerjasama dengan Seluruh Prodi Se-UNM untuk. mengutus 1 orang putra dan satu orang putri dalam penerimaan anggota baru tahun 2023. Besar harapan kami, jumlah anggota UKM Pramuka UNM dapat meningkat pada tahun ini." Katanya

Selain itu, kak Lu'mu juga berharap agar dari Musyawarah ini bisa menemukan dewan dewan yang menjalankan roda kkepemimpinan di Racana UKM Pramuka UNM

Setelah sambutan dari Kak, Lu'mu dilanjutkan dengan penyerahan kepada Kak Fery dan Kak Nurhidayah selaku perwakilan masing2 satuan racana. Selanjutnya Menyanyikan Mars dan Hymner Racana dan ditutup oleh Doa. Selanjutnya MC menutuo kegiatan Musyawarah Racana XLIV dengan membaca Hamdalah.

 

Penulis : Syahrul Azwan

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments