Sunday 18 September 2022

Menjelajahi Museum LA PAWAWOI Kabupaten Bone

Foto Bersama di Museum La Pawawoi Kab. Bone

Dalam kegiatan Jelajah Wisata Budaya Tahun 2022, Tim Etnis Bugis dari UKM Pramuka UNM mendatangi Museum La Pawawoi di Kabupaten Bone pada hari Sabtu, tanggal 17 September 2022 yang berlokasi di Jl. M.H Thamrin No. 9, Watampone. Dalam menelusuri Museum kami dipandu oleh pengelola Museum yaitu Kak Haidir.

Museum LA PAWAWOI,  merupakan lokasi  bekas Istana Andi Mappanyuki Raja Bone Ke-32. Sedangkan nama dari museum diambil dari nama Raja Bone yang Ke-31 yaitu La Pawawoi Karaeng Sigeri.

Kak Haidir Menjelaskan Bone dalam Arus Sejarah terbagi dalam beberapa masa yakni, Masa Prasejarah (sekitar 7500 tahun yang lalu), Kerajaan Bone Masa Pra Islam (1330-1611), Kerajaan Bone Masa Islam (1611-1957), Masa Kolonial (1905-1945), Pasca Kemerdekaan (1945-1957-sekarang).

Museum La Pawawoi ini  memiliki koleksi kurang lebih 331 buah, diantaranya berupa rangka manusia Prasejarah (Situs Cappa Lombo), peralatan bissu, koleksi keramik, gerabah, stemple kerajaan, bendera, senjata, guci, songkok recca, peralatan tenun, koleksi piagam dari VOC serta bessi sikoi untuk Raja Arung Palakka, lansereng atau Peralatan menempa besi, sislsilah kerajaan Bone, koleksi foto kedatangan Soekarno, foto penangkapan Raja Bone La Pawawoi, dan koleksi lainnya berada di Arajangnge yang lokasinya tidak jauh dari Museum La Pawawoi itu sendiri.

Setelah beberapa menit menelusuri setiap sudut museum La Galigo akhirnya Tim Etnis Bugis UKM Pramuka UNM melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya.

 

Penulis : Nurhidayah


Load disqus comments

0 comments