Tuesday 16 August 2022

Kolaborasi yang nyata untuk menginspirasi: Sekolah Merdeka Tahun 2022 hadirkan Instansi-instansi kabupaten Gowa!!

Suasana Foto Bersama Kegiatan Sekolah Merdeka Tahun 2022

Sekolah Merdeka tahun 2022 bertema "Dari alam, Merdeka belajar dan menginspirasi", dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu,  tanggal 1 s.d. 3 Agustus tahun 2022 di Dusun Bontojai, Desa Barisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Kegiatan ini di ketua oleh kakak Zyair Muzaitir dan Andi Hasnidar Darwis.

Maksud dari kegiatan tersebut ialah sebagai wadah bagi anggota UKM Pramuka UNM untuk menerapkan Tri Bina Gerakan pramuka dengan Berpartisipasi dalam membangun Pendidikan di sekolah-sekolah terpencil dengan upaya mengembangkan potensi dan minat belajar pada siswa-siswi.

Sebagai langkah awal untuk memulai kegiatan, pada 1 Agustus 2022 sangga kerja terlebih dahulu melakukan bakti sosial di Masjid terdekat. Sekolah SD dan SMP 3 Satap Parangloe sebagai lokasi Kegiatan Sekolah Merdeka tahun 2022.

Suasana Pembukaan Kegiatan Sekolah Merdeka Tahun 2022

Kegiatan Sekolah Merdeka dibuka secara resmi dan disambut baik oleh Kepala Sekolah SD dan SMP 3 Satap Parangloe yang didampingi Oleh Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju serta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Gugusdepan Kota Makassar 08.095-08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar tepatnya di Ruangan Laboratorium SD dan SMP 3 Satap Parangloe pada tanggal 2 Agustus tahun 2022. Kemudian setelah pembukaan dilanjut dengan kegiatan sekolah alam dan outbound.

Pada Rabu, 3 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Tekpram (Teknik Kepramukaan) untuk menambah ilmu kepramukaan siswa-siswi SD dan SMP 3 Satap Parangloe yang kemudian dilanjut dengan praktisi yiatu kelas inspirasi yang menghadirkan berbagai instansi yang ada di Kabupaten Gowa untuk dapat secara langsung memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa-siswi diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gowa, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Gowa, Koramil 1409-02 Parangloe, dan Polsek Parangloe.

Suasana Kelas Inspirasi Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gowa

Walaupun masih banyak Kendala yang dihadapi Sangga Kerja tetapi kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. 

"Alhamdulillah berjalan dengan baik. Walaupun masih ada kendala-kendala yang terjadi selama perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan, tetapi sangga kerja sangat sigap untuk menyelesaikan kendala tersebut", Kata Syahrul Azwan selaku Ketua Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo. 

"Terimakasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada kepala Sekolah SD dan SMP negeri 3 satap parangloe, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Gowa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gowa, Polsek Parangloe, Koramil 1409-02 Parangloe, kakak pembina Ambalan dan pembantu pembina Ambalan, kakak purna Ambalan dan racana, kakak Dewan Racana dan Ambalan, serta kakak-kakak sangga kerja Sekolah Merdeka tahun 2022 yang telah menyukseskan kegiatan ini", lanjutnya.

Suasana Kelas Inspirasi Oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Gowa

Ketua sangga kerja Opu Dg. Risadju dalam hal ini kak Andi Hasnidar Darwis yang akrab disapa Kak Idar menuturkan bahwa "Sebagai anggota baru yang bergabung di UKM Pramuka UNM, banyak sekali pembelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan mulai dari tahap persiapan sampai terlaksananya kegiatan ini dan saya berterimakasih kepada seluruh elemen Gugusdepan juga instansi-instansi Kabupaten Gowa yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan kami".

Kegiatan ini kemudian ditutup oleh kakak La Siatta, S.pd. selaku Pembantu Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo pada tanggal 3 Agustus 2022 di lokasi kegiatan Sekolah Merdeka tahun 2022 yaitu lapangan SD dan SMP 3 Satap Parangloe. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi SD dan SMP 3 Satap Parangloe dan dapat mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki.


Penulis: Andini                                                                                      

Editor: Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments