Saturday 30 October 2021

MENUJU PRAMUKA GARUDA : ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM KEMBALI MELAKSANAKAN PENYELESAIAN SYARAT PRAMUKA GARUDA

Foto bersama calon Pramuka Garuda, pembina dan penguji

MAKASSAR – Mengakhiri bulan Oktober ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar kembali melaksanakan salah satu proses bina diri menuju Pramuka Garuda, yaitu Penyelesaian Syarat Pramuka Garuda (SPG) yang dilaksakan secara luring di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM (31/10).
Berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda, Pramuka Garuda ialah seorang Anggota Muda Gerakan Pramuka yang telag mencapai kecapakan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan. Tingkatan yang dimaskud yaitu pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega.
Proses Penyelesaian Syarat Pramuka Garuda

Untuk mencapai tingkat tertinggi tersebut, tentunya peserta didik perlu menyelesaikan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, anggota UKM Pramuka UNM yang telah menyandang Tanda Kecakapan Umum (TKU) baik penegak Laksana maupun Pandega, melanjutkan proses bina dirinya menuju pencapaian Pramuka Tertinggi, yaitu Pramuka Garuda.
Anggota UKM Pramuka UNM yang sementara melakukan proses penyelesaian SPG berjumlah 10 orang, 3 orang putera dan 7 orang puteri pramuka pandega. Kakak-kakak pramuka penegak laksana dan pandega lainnya sementara menyiapkan diri untuk turut serta dalam menyelesaiakan SPG.
Proses penyelesaian SPG ini tentunya melalui tahap uji oleh penguji yang berkompeten di bidangnya. Setiap calon pramuka garuda menyiapkan hal-hal yang perlu diuji, baik dari segi materi dan kesiapan atribut dan diri serta mental tentunya. Penguji-penguji juga berasal dari purna UKM Pramuka UNM. Salah satu penguji pada hari ini yaitu kak Andi S. Najemiah, S.Pd., M.M. guru bahasa Inggris SMK Negeri 1 Makassar.

Proses Penyelesaian Syarat Pramuka Garuda
Selama proses penyelesaian SPG berlangsung, kakak-kakak yang mengikuti ujian sangat berantusias dan bersemangat. Dilihat dari persiapan yang telah dibawa menghadap di hadapan penguji. Kak Nur Halifah B. salah satu anggota dan calon pramuka garuda menyampaikan alasan serta motivasi menjalankan proses penyelesaian SPG ini.
“Ini merupakan pencapaian tertinggi di Pramuka dan hanya bisa didapatkan pada usia peserta didik saja. Sedangkan, usia saya menjadi peserta didik tidak lama lagi. Sehingga, saya sangat bersemangat untuk menyelesaiakan pencapaian ini, tuturnya.
Terus berproses, sebelum mengakhiri masa peserta didik. Terus semangat kakak-kakak calon pramuka garuda.
Penulis : Fitria
Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments