Wednesday 24 March 2021

TINGKATKAN KUALITAS PEMBINA, KMD TAHUN 2021 DILAKSANAKAN SCARA BLANDED

Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penegak Tahun 2021 secara daring, maka kegiatan KMD ini dilanjutkan secara luring pada hari Jum’at s.d Ahad tanggal 19 s.d 21 Maret 2021 di Baruga Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa. Kegiatan ini diikuti oleh peserta KMD berjumlah 15 putra dan 18 putri

Dalam kedatangannya, kakak-kakak peserta diarahkan untuk berkumpul dilokasi dan melakukan registrasi untuk mendapatkan atribut peserta dan nomor kapling tenda.

Area Perkemahan Peserta KMD Tahun 2021
Materi pertama masih tentang perencanaan membina, dimana kakak-kakak peserta diberikan kesempatan untuk menjadi seorang pembina dan memaparkan materi yang akan disampaikan kepada adik-adik binaannya. Setiap kelompok disebar dialam terbuka dan didampingi oleh seorang kakak pelatih. Pada rangkaian kegiatan malam hari, kakak-kakak peserta diberi kesempatan untuk membaca dan menghayati renungan jiwa sebagai salah satu bahan ajar dalam pelaksanaan pembinaan pramuka penegak. Tidak hanya itu, kegiatan ini diselingi dengan ice breaking serta games yang diberikan oleh kakak pelatih maupun kakak panitia.

Salah satu peserta KMD mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan KMD luring , “saya sangat senang karena dengan kegiatan luring ini saya bisa lebih mengenal teman kelompok saya, dan tentunya bisa mengaplikasikan materi yang telah di dapatkan secara daring di luring ini” ungkap kak Nurfadillah yang berasal dari Pangkalan Universitas Mega Resky. “semoga kakak-kakak peserta bisa lebih semangat lagi menyelesaiakan rangkaian kegiatan KMD 2021” lanjutnya.

Pengembaraan dan Outbond
Kegiatan lain yang dilakukan yaitu Pengembaraan dan Outbond pada hari Sabtu 20 Maret 2021, dimana pada pengembaraan setiap kelompok melewati 5 pos dengan tugas yang berbeda. Selanjutnya pada hari Ahad 21 Maret 2021 diadakan Open Forum, dimana setiap peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai apa saja yang mereka belum pahami. Salah satu pertayaan dilontarkan oleh Kak Alfira Sandika Fitri tentang administrasi satuan “saya mau bertanya kak, mengenai Administrasi satuan, apakah formatnya harus sesuai dengan SKEP atau bisa buat format sendiri?” yang kemudian langsung dijawab oleh kak Dra. Iis Yumirah “iya harus sesuai SKEP, bisa buat format sendiri asal tidak keluar dari aturan”

Kegiatan Open Forum
Walaupun kondisi cuaca dilokasi kurang baik, namun hal ini tidak menurunkan semangat peserta untuk tetap melanjutkan kegiatan ini. Untuk kakak pelatih, panitia, dan peserta semoga tetap memperhatikan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments