Friday 29 January 2021

MUSYAWARAH RACANA XLII DILAKSANAKAN SECARA DARING DAN LURING

Penyerahan Palu Sidang

Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju telah melaksanakan kegiatan Musyawarah Racana yang ke 42 atau disingkat MURAC XLII pada Jumat - Minggu, 22 - 24 Januari 2021 di Baruga Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa dengan tema "Sinergi Menuju Racana yang Unggul" 

Kegiatan Musyawarah Racana merupakan kegiatan tiap tahun yang di mana Dewan Racana dalam satu masa bakti kepengurusan, mempertanggung jawabkan kepengurusannya dan akan melakukan peralihan kepengurusan serta memberikan kesempatan bagi para penerus untuk melakukan perubahan. 

Foto bersama WR III, Pembina, anggota dan Tamu Undangan

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan MURAC XLII yang dihadiri oleh WR III selaku Ketua Mabihari Gugus Depan Kota Makasassar 08.095 - 08.096, kak Sukardi Weda. Beliau membawakan sambutan sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Racana XLII.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan banyak hal tentang pramuka.

"Di pramuka itu ada bina satuan dan bina masyarakat yang artinya berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang ras, agama. Pramuka salah satu benteng yang membangun kita, bangsa ini akan maju ketika masyarakat ingin bersinergi sipakatau, sipakainge, sipakalebbi," ungkapnya.

"Anti nepotisme dan membangun toleransi itu adalah pramuka" lanjutnya.

Tidak hanya itu WR III juga menghimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sidang Pendahuluan Racana Ranggong Dg. Romo

Selain kak Sukardi Weda, turut hadir kak Andi Kasmawati selaku Ketua Gudep 08.096 pangkalan Universitas Negeri Malassar, dan Kak Irfan selaku Pembina Racana Ranggong Dg. Romo.

Setelah rangkaian pembukaan selesai, dilanjutkan dengan Sidang-sidang oleh masing-masing satuan baik Ranggong Dg. Romo maupun Opu Dg. Risadju hingga akhir sidang. 

Sidang Pleno II Racana Opu Dg. Risadju

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada musyawarah ini dibentuk Tim Formatur untuk menyusun kepengurusan selanjutnya. Adapun Tim formatur Ranggong Dg. Romo diketuai oleh kak Farid Wajeddi, Kak Riswan dan Kak Huzein Mubarak sebagai anggota. Sedangkan Opu Dg. Risadju diketuai oleh Zamsinar yang merupakan Ketua Dewan Racana Masa Bakti 2019-2020,  Kak Nasriani Arifin dan Kak Adriani sebagai anggota. 

Dibentuknya tim formatur ini diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kepengurusan selanjutnya.

Penulis : Mifta Aulia Mustafa

Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments