Thursday 2 July 2020

UKM PRAMUKA UNM SIAP MEMBANGUN DESA

Audiensi bersama kepala desa Tompobulu

Rabu, 01 Juli 2020 yang lalu UKM Pramuka UNM mengikuti PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dalam hal ini mahasiswa yang berada di lingkungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Dengan adanya PHP2D ini, diharapkan agar mahasiswa mampu menumbuhkan rasa peduli dan mampu berkontribusi kepada masyarakat khususnya yang ada di desa.

PHP2D 2020 mengangkat tema “Terwujudnya mahasiswa yang berdaya saing melalui kolaborasi dalam pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0”. Dari tema ini, mahasiswa diharapkan bisa bersaing dalam hal positif. Tentunya untuk pengembangan masyarakat di desa.

Oleh karena itu, UKM Pramuka UNM juga turut andil dalam PHP2D ini. Dengan membentuk tim yang berjumlah 10 orang dengan 1 pembimbing. Tim ini diketuai oleh kak Alfira Sandika Fitri yang merupakan anggota Racana Opu Dg. Risadju. Anggota tim yang lain diantaranya, kak Asmiati, kak Muhammad Fajar Anugrah, kak Zamsinar, kak Andi Edwin Al Hadi Agussalim, kak Siska Irdawanti, kak Fitria, kak Indasari, kak Mifta Aulia Mustafa, dan kak Hairil Asyurah. Anggota tim merupakan kakak-kakak dari dewan racana, ambalan, dan anggota racana maupun anggota ambalan. Sedangkan, pembimbing dari tim ini adalah kak Dr. Irfan, M.Ds yang merupakan Pembina Racana Ranggong Dg. Romo.

Tim survey di lokasi

Sampai hari ini, tim dari UKM Pramuka UNM telah mengirim proposal dan telah melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Selain itu, tim PHP2D UKM Pramuka UNM telah melakukan survey di lokasi dan audiensi bersama kepala desa Tompobulu, Kabupat Pangkep.

Selain mengikuti PHP2D, beberapa anggota UKM Pramuka UNM juga mengikuti KBKM ( Kemah Budaya Kaum Muda) tahun 2020 yang juga dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini membuktikan bahwa UKM Pramuka UNM tetap produktif berkegiatan dalam situasi yang masih pendemi ini. 

Semoga kakak-kakak yang berusaha untuk melakukan hal positif, selalu diberikan kemudahan dan bisa lolos hingga tahap akhir.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM


Load disqus comments

0 comments