Wednesday 7 March 2018

Kenali Dirimu Maka Kamu Akan Mengenal Orang Di Sekitarmu

Dewan Racana dan Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju melaksanakan kegiatan Orienatasi Dewan pada tanggal 2 - 4 Maret di Rumah adat Luwu Benteng Somba Opu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pembina Racana Opu Dg. Risadju kak Nurhayati S.Pd, M.Pd di dampingi kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo kakak Ahmad Nurul Ahkam S.Pd. kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini bertujuan memberikan bekal kepada pengurus – pengurus baru periode tahun ini.
Suasana Pembukaan Orientasi Dewan oleh Pembina Racana Opu Dg. Risadju

Kegiatan ini menghadirkan bebebrapa pemateri handal dari berbagai kalangan, dan ini diharapkan mampu memberikan motivasi – motivasi kepada kakak – kakak dewan untuk bekerja lebih baik lagi kedepannya.

Disinilah kakak - kakak dewan diberikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan untuk menjalankan roda kepengurusan kedepannya, kegiatan ini dirancang dan merupakan tugas utama dari Pemangku Adat, baik itu Pemangku Adat dari  Racana maupun Ambalan.
Suasana Penerimaan Materi Orietasi

Untuk materi pertama pada malam hari, dibawakan oleh kak Marsuki yang merupakan ketua DKD Sulawesi Selatan dan juga merupakan salah satu purna handal UKM Pramuka UNM. Adapun materi yang dibawakan yakni Tupoksi Dewan, sesuai katanya TUPOKSI yang merupakan singkatan dari Tugas Pokok dan Fungsi maka ini akan menjurus kepada bagian kita sebagai dewan masing – masing. 
Pemaparan Materi oleh Kak Marsuki

Sebelum terlalu jauh kak Marsuki atau yang lebih sering disapa kak Uki meminta kami semua mengenal satu sama lain lebih dalam lagi,  bersatu paham antara Dewan  satu dengan Dewan yang  lainnya, karena akan lebih nyaman bekerja jika kita saling mengenal satu sama lain tambahnya.
Selain itu kak Uki juga memberikan kami games berhitung dengan mata tertutup dan dengan susunan teracak, ini akan membawa kita kepada kekompakan dan mengesampingkan sifat egois masing - masing. Akan lebih bersinergi suatu kepengurusan apabila kita mampu melaksanakannya bersama- sama . 
Suasana Penerimaan Materi Orietasi

Kami semua juga diminta untuk lebih memahami adat dan aturan – aturan lain mengenai kepramukaan seperti AD/ART, POLMEKABIN, PP GUDEP 2007 dan aturan – aturan lainnya, karena ini akan menjadi pedoman  bagi pengurus kedepannya.

Kakak - kakak Dewan Racana dan Ambalan Masa Bakti 2017 - 2018

Suatu Kepengurusan Dikatakan Berhasil Apabila Kalian Mampu  Menciptakan Sesuatu Yang Baru Tanpa Meninggalkan Tradisi, Membuat Sesuatu Yang Berbeda Dikepengurusan Kalian Yang Akan Dikenang Dikemudian Hari, Buatlah Sejarah Dikepengurusanmu” tambahnya sebelum menutup diskusi panjang yang sangat berkesan malam itu.







Tim Humas Ukm Pramuka UNM




Load disqus comments

0 comments