Thursday 1 March 2018

Kakak-kakak Anggota Pramuka UNM Menjadi Panitia KPU Goes to Campus

Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, menjalin kemitran dalam pendidikan politik. Hal itu sesuai dengaan ungkapan  Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNM, Prof. Gufran Darma Dirawan dan Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir (kutipan tribun timur selasa, 27/2/18)

Panitia Kegiatan KPU Goes To Campus
Kedua belah pihak bersedia melakukan penyaluran pengetahuan tentang pemilu bagi pemilih pemuda di kampus ‘orange’ tersebut. Hal ini pula menjadi salah satu fokus bagi penyelenggara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 dan Pemilu Legislatif serta Pemilihan Presiden di tahun 2019 mendatang. 

KPU menggandeng Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) Sulsel, dengan menghelat kegiatan KPU Goes To Campus di Ballroom Lt. 2 Menara Pinisi UNM, Rabu dini hari (28/2/2018).
Suasana Sosialisasi Pemilu
Kegiatan tersebut mengangkat tema "Pemilih Milenial, No Rasis, No Golput, No Hoax dan Cerdas Memilih" yang bertujuan memberikan pembelajaran politik bagi pemilih pemula dalam meningkatkan partisipasi pemilu tahun 2018 dan tahun 2019. 

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa/i UNM, mahasiwa/i Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA) dan juga mahasiswa UNIBOS yang tergabung dalam relawan demokrasi. 

Kegiatan KPU Goes To Campus ini juga menghadirkan narasumber, Komisioner KPU RI 2012-2018 Juri Ardiantoro, dan narasumber kompeten lainnya. Selain dialog, acara ini dikemas semenarik mungkin, seperti dengan memberikan games terkait kepemiluan bagi peserta.
Sosialisasi tentang Pemilu bagi Pemilih Muda
Dengan adanya kerja sama ini juga diharapkan mampu membuat para pemilih muda khususnya lingkup UNM  dapat menjadi agen yang aktif dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih pada kegiatan pemungutan suara serentak mendatang. Ungkap  Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Juri Ardiantoro.

Wakil Rektor IV UNM, Prof.Gufran selain  menyambut baik kegiatan ini, Ia juga berharap agar setelah mengikuti kegiatan Goes To Campus ini mahasiswa/i dapat menjadi pemilih yang berkualitas, dan tak lupa pula ia berterimakasih kepada seluruh ajaran pelaksana dan panitia.

Sementara itu Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Dr. Muhammad S. IP, M. Si. menyatakan bahwa mahasiswa adalah peletak dasar reformasi politik Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu memberikan ide, gagasan yang lebih baik kedepannya. 

Selain itu,Ia juga menambahkan bahwa mahasiswa boleh berdemo namun berdemolah dengan otak bukan dengan otot, mari buktikan bahwa mahasiswa dapat menadi contoh pionir dalam kampanye sehat.



Load disqus comments

0 comments