Sunday 5 March 2023

Orientasi Dewan Tahun 2023 : New Era New Collaboration, Menuju Keakraban Mencapai Tujuan

 

Suasana Foto Bersama Orietasi Dewan Masa Bakti 2022-2023

   Dalam upaya menyamakan persepsi hingga akhir kepengurusan pasti membutuhkan bekal dalam melaksanakannya, kegiatan orientasi menjadi salah satu wadah yang tepat. Orientasi Dewan merupakan program kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Gugusdepan Kota Makassar 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar.

   Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Dewan Racana dan Ambalan sebagai peserta, kakak Fasilitator sebagai panitia, Pembina sebagai pemateri dan beberapa purna dewan. Dimana kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2022-2023 pada Jum’at s.d Minggu 03 s.d 05 Maret 2023 yang bertempat di Rumah Adat Kajang, Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa.

Suasana Pemberian Materi

   Tentunya kegiatan orientasi ini tidak semata-mata untuk menyamakan pemahaman seluruh dewan tetapi ada banyak hal yang menjadi dasar dilaksankaannya yakni bagaimana agar organisasi bisa berkembang lebih baik disegala bidangnya, menjaga kekompakan dan solidaritas, serta melatih komunikasi didalam suatu organisasi.

   Kegiatan orientasi sendiri pastinya sudah ada yang pernah mengikuti dari dewan yang terpilih kembali tapi beberapa ada yang baru merasakan. "Saya kan belum pernah ikut yah kak, jadi tidak ada gambaran sebelumnya bagaimana, sebagai perbandingan. Tapi, kalau untuk konsepnya seru. Kekeluargaan nya lebih terasa" Ujar kak Fidyah salah satu peserta orientasi.


Suasana Kegiatan Outbound 

   Dengan menerapkan konsep perkemahan, para peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok mempersiapkan peralatannya masing-masing. Rangkaian kegiatan dimulai dari pelepasan, lalu pembukaan yang dilaksanakan pada hari Jum’at di Rumah Adat Kajang dan dibuka langsung oleh Pembina Racana Ranggong Dg. Romo kakak Dr. Muh Iswal Burhan S.Pd., M.T. Penerimaan materi orientasi selama dua hari yaitu :

1. Dinamika Kelompok, dibawakan langsung oleh Pembina Racana Opu Dg. Risadju Kak Marwanting S.Pd., M.Pd.

2. Manajemen Kegiatan, dibawakan langsung oleh Pembantu Pembina Ambalan Ranggong Dg.Romo kak La Siatta S.Pd.

3. Lobi dan Negosiai, dibawakan oleh Pembina Racana Ranggong Dg. Romo kak Dr. Muh. Iswal Burhan S.Pd., M.T.

4. Manajemen Konflik & Problem Solving, dibawakan oleh Narasumber Ahli Gugusdepan Kota Makassar 08-096 kak Dr. Irfan, M.Ds.

5. Manajemen Keuangan, dibawakan oleh Narasumber Ahli Racana Opu Dg. Risadju kak Dra. Iis Yumira, M.Pd.

6. Komunikasi Efektif & Etika Berorganisasi, dibawakan oleh Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo kak Musdar Asman, S.Pd.,M.Si.

7. Tupoksi Dewan, dibawakan oleh Purna Ketua Dewan Racana Masa Bakti 2014-2015 dan Purna Pemangku Adat Masa Bakti 2015-2016 Kak Ferdiyawan S.Pd.

Harapan untuk dewan tahun ini semoga bisa saling bekerjasama sampai akhir kepengurusan dan tetap menjaga solidaritas antara Racana dan Ambalan.

 

Penulis : Sitti Mutmadania

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments