Monday 13 March 2023

DEWAN RACANA DAN AMBALAN RANGGONG DG. ROMO DAN OPU DG. RISADJU MASA BAKTI 2022-2023 RESMI DILANTIK , DAN SIAP MENGEMBAN AMANAH

 
Suasana Foto Bersama Pelantikan Dewan Racana dan Ambalan Masa Bakti 2022-2023


     Pengurus Dewan Racana dan Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2022-2023 UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar resmi dilantik  pada Ahad, 12 Maret 2023 di Hotel La Macca Lt.3 yang dirangkaikan dengan Pembukaan Pencapaian Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

    Dewan Racana dan Dewan Ambalan dilantik langsung oleh Kak Dr. Taufiq Natsir, M.Pd. selaku Ketua Gugusdepan Ranggong Dg.Romo 09-095 dan Kak Marwanting, S.Pd., M.Pd. selaku Pembina Racana Opu Dg. Risadju Gugusdepan Kota Makassar 08-096. Tentu saja kegiatan ini merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota UKM Pramuka UNM. Prosesi pelantikan yang diawali dengan  Tari Paduppa untuk menyambut tamu yang hadir dalam prosesi pelantikan. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Surat Keputusan untuk Dewan Racana dan Dewan Ambalan yang akan dilantik. Selanjutnya tibalah pada prosesi pelantikan.

Suasana Proses Pelantikan Dewan Racana dan Ambalan Masa Bakti 2022-2023

     Seluruh Dewan Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju memasuki tempat prosesi. Prosesi diawal dengan dialog pelantikan yang dibacakan oleh Ketua Gugusdepan masing-masing satuan. Setelah itu, pembacaan ikrar kesanggupan sekaligus tandatangan ikrar yang dilakukan oleh Ketua Dewan Racana dan Ambalan. Dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan sekaligus pemberian pusaka adat yang dilakukan oleh ketua dan pemangku adat masa bakti 2021-2022 ke ketua dan pemangku adat masa bakti 2022-2023.

Suasana Penyamatan Tanda Jabatan Kepada Dewan Yang Telah Dilantik


     Prosesi dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan pengurus Dewan Racana dan Ambalan dilakukan oleh Ketua Gugusdepan bersama Pembina Satuan Dewan Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju. Tanda pengurus Dewan yang berbentuk roda gigi dengan 10 buah giginya, serta bintang bersudut lima memberikan arti bahwa pengurus Dewan memiliki peran untuk menggerakkan para anggota untuk mencapai tujuan dari Gerakan Pramuka yang disertai dengan pengamalan Dasa Dharma dan Pancasila.

Suasana Sambutan Oleh Kak Dr. Taufiq Natsir, M.Pd. selaku Ketua Gugusdepan Kota Makassar 08-095 

    Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Nama-Nama Penguji Pencapaian Pramuka Garuda yang dibacakan oleh kak Drs. H. Patahuddin yang dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus Pembukaan Pencapaian Pramuka Garuda oleh Ketua Gugusdepan Kota Makassar 08-095 Pangkalan Universitas negeri Makassar, Kak Dr. Taufiq Natsir, M.Pd.

       Kak Dr. Taufiq Natsir, M.Pd. selaku Ketua Gugusdepan Kota Makassar 08-095 Pangkalan Universitas Negeri Makassar mengutarakan rasa syukur dan apresiasi kepada setiap pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini.

     “Kami berterimakasih kepada untuk kakak-kakak anggota, kakak dewan, dan Kakak Pembina yang telah menyukseskan pelantikan ini. Kami pun mengharapkan kerjasama kakak-kakak di Gugusdepan agar tetap berlanjut, juga kepada kakak dewan bisa amanah hingga akhir kepengurusan. Kami juga berharap dengan dibukanya program pencapaian Pramuka Garuda dapat melahirkan Pramuka-Pramuka Garuda yang berkualitas dari Universitas Negeri Makassar.” tuturnya.

Suasana Pertemuan Penguji Pencapaian Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

      Dalam Prosesi pelantikan ini, dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Maperwa UNM dan Seluruh UKM yang ada di Universitas Negeri Makassar.

    Berikut Susunan Struktur Dewan Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju masa bakti 2022-2023:

1. Ketua Dewan     : Kak Akbar Muhammad & Kak Nurhidayah

2. Pemangku Adat : Kak Agus Qomaruzzaman & Kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah

3. Sekretaris         : Kak Syahrul Azwan & Kak Dita Amanda

4. Bendahara        : Kak Wahyudi & Kak Jumri Annisa

5. Bid. Kegiatan dan Latihan : Kak Rifky Hidayat & Kak Hadyan Ramadani

6. Bid. Evaluasi, Pengembangan dan Humas : Kak Muh. Yusuf Gasang & Kak Shafira Ham Volina

7. Bid. Rumah Tangga : Kak Muh. Reski Anugrah & Kak Sitti Mutmadania

 

Berikut Susunan Struktur Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju masa bakti 2021-2022

1. Ketua Dewan     : Kak Zyair Muzyaitir & Kak A. Saskia Dwi Afika Idrus

2. Pemangku Adat : Kak Taslim Nasa & Kak Fidyah Syafirah Mbuinga

3. Sekretaris         : Kak Ridwan Zaidah & Kak Andi Hasnidar Darwis

4. Bendahara        : Kak Muh. Arbaim Asridal & Kak Nurhidayah

5. Bid. Kegiatan dan Latihan : Kak Muhammad Fahrul & Kak Nurul Shafira

 

Penulis: Humas UKM Pramuka UNM

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM




Load disqus comments

0 comments