Tuesday 16 February 2021

PETUNJUK PENGGUNAAN SERAGAM PRAMUKA BERDASARKAN PP 174 TAHUN 2012 TENTANG PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA

Salam Pramuka … !!!

Seragam Pramuka adalah pakaian yang digunakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Warna seragam Pramuka adalah coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih karena merupakan salah satu warna yang digunakan para pejuang Indonesia ketika masa perang kemerdekaan Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya guna meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Sedangkan tujuan penggunaan Seragam Pramuka adalah agar anggota Pramuka yang mengenakannya dapat berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa dan berdisiplin. Namun kakak-kakak tentu penasaran tentang bagaimana penggunaan sereagam Pramuka sesuai SK Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 tentang Pakaian Seragam Pramuka. Nah kali ini saya akan mejabarkan penggunaan seragam Pramuka sesuai PP 174 Tahun 2012 Tentang Pakaian Seragam Pramuka

PP 174 Tahun 2012 Tentang Pakaian Seragam Pramuka  berisi tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka dan menggantikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007. Dalam Petunjuk Penyelenggaraan tersebut terdapat beberapa hal krusial terkait dengan perubahan pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka. Perubahan ini disesuaikan dengan perkembangan Gerakan Pramuka saat ini serta minat anak-anak dan kaum muda Indonesia. Meskipun keputusan ini ditandatangani dan disyahkan pada Desember 2012, namun publikasinya baru dilakukan pada bulan April 2013.

Adapun beberapa perbedaan krusial dan mencolok pada pakaian seragam pramuka di tahun 2013:

1. Pada PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU siaga terdapat garis berwarna coklat tua yang terletak pada bagian saku dan lengan.

2. Pada PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU penggalang puteri pada baju seragamnya terdapat dua saku tempel yang ada di dada dan tidak ada lipatan di dada seperti pada seragam yang sebelumnya.

3.  Pada PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU puteri pada semua tingkatan memakai setangan leher seperti setangan leher pada putera yang sebelumnya memakai pita leher.

4. Tutup kepala Pada PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU puteri terbuat dari bahan beludru yang sebelumnya terbuat dari anyaman.

5. Pada PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU putera untuk tingkatan Penggalang, Penegak dan Pandega ada penambahan saku timbul di kanan dan kiri celana serta saku tempel yang ada di belakang celana jadi semuanya berjumlah 6 saku.

     Dibawah ini adalah contoh  PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA TERBARU yang sesuai dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 174 Tahun 2012 :

Demikian penjelasan tentang PP 174 TAHUN 2012 Tentang Pakaian Seragam Pramuka, semoga  dapat bermanfaat dan menambah wawasan kakak-kakak sekalian khusunya kita sebagai anggota Gerakan Pramuka.

Salam Pramuka …!!!

Penulis : Kabbarianto



Load disqus comments

0 comments