Monday 18 October 2021

3 HARI YANG BERKESAN, ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM MENGIKUTI JOTA JOTI TAHUN 2021

Jambore on the air - jambore on the internet 2021 yang dilaksakan pada minggu kedua di bulan Oktober ( 15-17 Oktober 2021) tepatnya di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi-Selatan. Jambore ini dikenal sebagai JOTA-JOTI yang merupakan kegiatan yang sangat di nantikan oleh seluruh anggota kepanduan dunia. 
Nah, pada hari pertama tepatnya tanggal 15 Oktober 2021 pembukaan JOTA-JOTI ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar yang secara resmi dibuka oleh Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Sul-Sel yaitu Kak Dr. Ir. H. Haris Yasin Limpo dan dihadiri oleh beberapa pihak dari ORARI serta kakak-kakak Reka Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sul-Sel. 
JOTA JOTI tahun 2021
Setelah pembukaan kami melakukan sesi foto bersama teman-teman UKM Pramuka dari berbagai Pangkalan Gugus Depan dan Kakak-kakak yang terlibat dalam kegiatan ini. Sebelum mengulas lebih dalam mengenai kegiatan ini, terlebih dahulu kami dibekali materi tentang JOTA yang pematerinya langsung dari pihak ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia). Materi yang diberikan yaitu terkait sejarah ORARI, alat-alat yang digunakan pada saat kegiatan berlangsung dan yang lain sebagainya.
Setelah pemberian materi, kami dibagi menjadi 2 kelompok besar dan 10 kelompok kecil untuk melakukan praktik JOTA, yang dimana kelompok 1  diarahkan untuk tetap stay di Kwarda dan kelompok 2 diarahkan untuk bergeser ke Sekretariat ORARI yang bertempat di Rappocini.
Anggota UKM Pramuka UNM
Teman-teman dari kelompok 1 yang tetap stay di Kwarda langsung diarahkan untuk menuju ruangan di lantai 2 untuk melakukan praktik dengan kelompok yang ada di Sekretarat ORARI secara bergantian. Sebelum kami memasuki ruangan, kami dibagikan 1 lembar kertas untuk kami isi terkait pembahasan pada saat melakukan praktik. 
Selanjutnya, pada hari kedua yaitu JOTI (Jambore On The Internet) juga tak kalah seru dengan JOTA di hari pertama. JOTI ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara komunikasi melalui internet. Di hari kedua ini kami dibagi menjadi 5 kelompok untuk melakukan praktik JOTI. Sebelum praktik kami di bagikan kertas jampuzz yang berisi beberapa kolom kosong untuk kami isi. 
Kegiatan JOTI ini sangat keren karena kami dapat berkomunikasi dengan teman-teman diluar sana melalu link khusus untuk JOTI ini. Selain itu, JOTI ini juga sangat menantang karena kami harus mencari sebanyak-banyaknya kode JID dari berbagai daerah maupun Negara yang berbeda. 
Nah, di hari ketiga yang merupakan hari terakhir sekaligus penutupan serentak JOTA-JOTI 2021 ini  kami diarahkan secara bergantian untuk praktik JOTA. Kakak-kakak dari UKM Pramuka yang berasal dari berbagai Pangkalan Gugus Depan yang berbeda sangat antusias di hari ketiga ini. "Menurut saya, JOTA lebih seru daripada JOTI karena JOTA kita dapat berbicara walaupun melalui radio", Ucap salah satu peserta dari UKM Pramuka UNHAS.
Yang tak kalah serunya di hari terakhir yaitu Party, disini kami dari berbagai kelompok menampilkan pentas yang berbeda-beda. Ada kelompok yang menampilkan puisi berantai, vocal grup, duet dan lain sebagainya. Kegiatan ini sangat seru karena kami dapat mengenal banyak teman dari berbagai Pangkalan Gugus depan yang berbeda-beda, disini kami saling bertukar cerita, pengalaman mengenai kepramukaan masing-masing Gugus Depan kami
Penulis : Nurul Arifah
Editor: Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments