Monday 2 August 2021

MELALUI PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA, ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM SIAP MENJADI CALON PEMIMPIN BANGSA DI MASA DEPAN

Anggota UKM Pramuka UNM yang lolos
seleksi Pertukaran Mahasiswa
Prestasi yang membanggakan ditorehkan lagi oleh anggota UKM Pramuka UNM. Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, anggota UKM Pramuka UNM berhasil meloloskan 7 orang anggota yakni kak Emayanti Anggraeni (Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga) di IKIP Budi Utomo, kak Agil Yunsitensi (Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, kak Siti Rezki Hardianti (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kak Megawati (Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) di Universitas Singaperbangsa Karawang, kak Rifky Hidayat (Prodi Kewirausahaan) di Swadaya Gunung Jati, dan kak Azir Zuldani Pratama (Prodi Teknik Komputer) di Universitas Airlangga.
Siti Rezki Hardiani
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 
Agil Yusitensi
Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo
Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa.
Azir Zuldani Pratama
Anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa cinta tanah air dan penguatan kompetensi merupakan modal berharga bagi mahasiswa dalam menapaki jenjang karir. Selain juga untuk mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan dan mengabdi terhadap bangsa dan negara.
Rifky Hidayat
Anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo
“Program ini bertujuan membangun rasa toleransi di kalangan mahasiswa melalui ruang-ruang perjumpaan yang terbentuk melalui aktivitas pertukaran mahasiswa dan eksplorasi keberagaman budaya Indonesia,” ucap Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang disampaikan secara daring di Jakarta, (12/4).
Program ini bertujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk berjumpa, bercerita, dan berbagi. Ditargetkan 20.000 mahasiswa yang lolos seleksi akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
Emayanti Anggraeni
Anggota Racana Opu Dg. Risadju

“Kalian akan mendapatkan begitu banyak pengalaman yang berharga. Dari pertemuan dan perkenalan tersebut, kalian akan bersama-sama belajar menghargai perbedaan, dan merayakan keberagaman. Semua itu kalian lakukan sambil mengikuti perkuliahan,” tutur Nadiem Anwar Makarim yang disampaikan secara daring di Jakarta, (12/6).
Menurut kak Megawati selaku anggota Ambalan UKM Pramuka UNM, prestasi ini patut dibanggakan karena bisa lolos di salah satu program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
“Awalnya kaget, karena saya kira tidak bakalan lulus soalnya submitnya hari terakhir pendaftaran.  Tapi alhamdulillah akhirnya bisa lolos. Untuk mahasiswa yang lolos tetap semangat, ini baru awal. Selanjutnya akan ada hal-hal baru yang akan dilalui termasuk bertemu dengan  orang-orang baru. Jadilah diri sendiri dan jangan pernah melupakan orang-orang yang kau temani berjuang,” tambahnya.
Megawati
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju

Kemudian kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah selaku anggota Ambalan UKM Pramuka UNM juga berharap semoga Covid-19 segera berakhir supaya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini bisa dilaksanakan secara luring.
Syayidatul Zura Al-Munawarah
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Semoga prestasi dari kakak-kakak anggota UKM Pramuka UNM yang lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini dapat memicu semangat kakak-kakak anggota lainnya untuk lebih berprestasi lagi, bukan hanya di bidang kepramukaan tapi juga di bidang akademik.

Penulis : Siti Rezki Hardianti
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments