Tuesday 26 September 2023

PANDEGA DAN PERJALANANNYA

 

Suasana Pencapaian SKU Pandega

    Pandega merupakan golongan pramuka setelah penegak yang berusia 21 sampai 25 tahun. Pandega juga disebut “Senior Rover” yang memiliki arti pemimpin, pemuka. Pandega memiliki filosofi berdasarkan romantisme perjuangan bangsa indonesia dimana setelah masa menegakkan kemerdekaan revublik indonesia dilanjutkan dengan masa memandegakan pelaksanaan pembangunan diindonesia.

  Tujuh bulan bukan waktu yang singkat sebagai proses bina diri saya di gugusdepan 08-096 UKM Pramuka UNM. Dimana dalam penyelesaian SKU Pandega memiliki banyak tantangan dalam prosesnya, selanjutnya tantangan saya terkendala pada salah satu poin yaitu poin 20 yang mewajibkan untuk mampu mengajarkan olahraga renang gaya bebas serta menguasai dua jenis cabang olahraga lainnya, diantaranya cabang olahraga bela diri dan instruktur senam Pramuka atau senam kebugaran jasmani. karena diusia saya yang sudah 21 tahun ini saya masih tidak bisa berenang namun salah satu program kerja bidang kegiatan dan latihan menjadi satu solusi yang efektif dalam mengatasi problematika yang saya hadapi, dengan adanya olahraga rutin senam dan renang saya menjadi lebih tahu teknik dalam olahraga renang seperti teknik pengambilan nafas dan gerakan tubuh.

    Ada banyak ilmu yang saya dapatkan dari setiap poin yang saya lalui mulai dari poin 1 sampai poin 24. Terlebih pada poin keagamaan  dimana saya sudah mampu merawat jenazah dibandingkan saya yang dulu hanya bisa melihat orang lain saja. Hal ini yang membuat saya merasa bahwa pentingnya bina diri untuk diterapkan.

    Setelah poin SKU selesai saya mengikuti sidang pandega dimana proses sidang pandega meliputi wajib memakai uniform lengkap, melampirkan SKU asli, melampirkan laporan hasil pengujian SKU, dihadiri oleh dihadiri oleh pramuka pandega dan unsur pembina dan dilanjutkan dengan menjalani masa pantangan. Selanjutnya ada beberapa poin pantangan yang telah disepakati diantaranya membuat artikel, membersihkan sanggar bakti UKM Pramuka UNM, dan membuat Mading.

    Kurang lebih tiga bulan Saya menjalankan beberapa pantangan yang harus dipenuhi dan menjadi salah satu syarat dilantik dan disematkan TKU Pandega. Kemudian dalam menjalani masa pantangan ini prosesnya tentu tidak mudah ada banyak pantangan yang harus dilalui terutama dalam melawan diri sendiri dari rasa malas dan menunda nunda, namun semua ini adalah suatu dinamika yang membawa kami manjadi Pramuka golongan pandega.

    Adapun yang menjadi penguji saya dalam menyelesaikan poin SKU adalah Pembina  Dewan Racana Opu Dg. Risadju, mereka memberikan beberapa penjelasan mengenai poin- poin SKU yang diujikan dan yang dianggap masih kurang lengkap. Maka dari itu saya sebagai calon pandega tidak hanya pengujian begitu saja tetapi juga mendapatkan ilmu tambahan dari kekurangan- kekurangan penjelasan dari poin- poin yang di ujikan. Berangkat dari poin inilah, sebagai calon Pandega saya mendapat banyak ilmu, pengetahuan, dan pengalaman pastinya baik untuk kehidupan di masa depan maupun kebiasaan sehari-hari. Cerita perjalanan Pandega ini pasti tidak berakhir begitu saja, sebab semua proses yang dilewati akan menjadi catatan hidup yang akan saya kenang selama masa peserta didik.


Penulis : Jumri Annisa

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments