Sunday 12 June 2022

UKM PRAMUKA UNM LAKSANAKAN KEGIATAN OUTDOOR DALAM RANGKA PENERIMAAN ANGGOTA BARU TAHUN 2021

 

Foto Bersama Kegiatan PAB Tahun 2022

Salah satu rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru yaitu outdoor telah dilaksanakan pada Jum’at, 10 Juni 2022 bertempat di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM di Dusun Bontojai, Desa Borisallo, Kec. Parangloe, Kab. Gowa.

Kegiatan ini telah berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 10 Juni 2022 sampai dengan tanggal 12 Juni 2022 dengan jumlah peserta yang melanjutkan sampai pada tahap outdoor yaitu sebanyak 39 orang, 12 putra dan 27 putri.

Perjalanan menuju ke lokasi perkemahan

Kegiatan ini dimulai dengan lingkaran persaudaraan di halaman Sanggar Bakti sekaligus doa bersama yang dipimpin oleh Kak La Siatta selaku pembantu pembina ambalan Ranggong Dg. Romo

Peserta berangkat menuju lokasi outdoor sekitar pukul 15.00 WITA, setelah sampai dilokasi Bumi Perkemahan, peserta diarahkan untuk mendirikan tenda dari masing-masing Reka sesuai dengan kapling yang telah ditentukan, kemudian dilanjutkan dengan berbenah diri untuk persiapan menerima materi Survival yang dibawakan oleh Kak Farid Wajeddi S.Pd.

Calon anggota menyelesaikan penugasan pada setiap pos

Outdoor hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan Penjelajahan yang terdiri dari 5 pos. Sebelum melakukan penjelajahan ke setiap pos, peserta diarahkan untuk memecahkan sandi yang diberikan oleh Kak Ikka, selaku Koordinator Lapangan. Pada pos pertama, kakak-kakak peserta bertemu dengan ketua-ketua Dewan, pada pos kedua membahas tentang bina diri, pada pos ketiga yaitu memecahkan sandi semaphore yang diberikan oleh kakak Dewan, pada pos keempat yaitu pionering, sedangkan pada pos kelima tentang purna UKM Pramuka UNM.

Kakak-kakak peserta memiliki antusias yang tinggi untuk menyelesaikan rangkaian kegiatan di tahao outdoor ini. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta bernama Lala Vitaloka dari jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2020 “Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan selama survival camp dan outdoor ini, diantaranya pengalaman baru, berinteraksi langsung dengan alam bebas, dan saya bisa bertemu serta bercengkrama dengan kakak-kakak anggota pramuka dan calon anggota pramuka yang berasal dari berbagai jurusan yang berbeda, dan tentunya mereka sangat luar biasa. Ada hal yang membuat saya tertarik pada kegiatan ini yaitu pada momentum sholat berjamaah yang dilaksanakan di alam bebas, menurut saya ini satu-satunya organisasi yang menempatkan saya pada alam bebas, dan mendekatkan saya pada suara adzan. Kegiatan ini mengajarkan saya untuk bisa membangu  kerja sama dengan kakak-kakak lain, mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.”

Lingkaran persaudaraan sebagai penutup kegiatan

Di samping itu Kak Lala juga mengutarakan pandangannya mengenai medan yang ditempuh selama berkegiatan “Untuk medan adventure di outdoor PAB 2022 ini, dari saya pribadi merupakan tantangan yang sangat besar karena saya tidak mempunyai pengalaman sedikitpun pada kegiatan menjelajah dan saya tidak pernah mengikuti Pramuka semasa pendidikan saya, namun tantangan ini tidak membuat saya putus semangat, melainkan ini membuat saya lebih merasa tertantang, sehingga membuat saya sangat bersemangat. Menyusuri hutan dan sungai dengan bermodalkan kompas dan peta dari maps merupakan hal yang pertama kali saya dapatkan. Pengalaman baru ini, akan selalu saya ingat, dan tentunya akan menjadi motivasi saya untuk tetap menjadi bagian dari UKM Pramuka UNM. Terima Kasih kepada kakak-kakak Reka Kerja dan semua pihak yang terlibat dalam outdoor PAB 2022 ini”

Terlepas dari semua kendala yang ada, tentunya diharapkan semoga kakak-kakak calon anggota masih terus semangat dalam menyelesaikan penugasan dan seluruh rangkaian Penerimaan Anggota Baru UKM Pramuka UNM.

Satu hal yang perlu diketahui dalam kegiatan outdoor PAB 2022 ini, yaitu gerakan pramuka bukan hanya mendekatkan kita pada alam, melainkan juga pada suara merdunya adzan.


Penulis: Lala Vitaloka

Dipublikasikan oleh Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments