Wednesday 4 May 2022

Peringati hari lahir ke-44 Tahun, Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar adakan Renungan dan Doa Bersama

Pembukaan kegiatan renungan dan doa bersama

Memperingati Hari Lahir yang ke 44 Tahun, Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Pangkalan Universitas Negeri Makassar mengadakan Renungan dan Doa Bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan pada malam pergantian masuknya tanggal 2 mei tahun 2022. Renungan ini diharapkan  menjadi sarana bagi semua unsur elemen Gugus Depan, baik itu Pembina, Dewan Racana & Ambalan, Purna, serta anggota untuk menelaah dan mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi.

Renungan dimulai pada pukul 23.00 WITA dan ditutup dengan doa bersama. Kegiatan dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Puncak dari malam renungan tahun ini yaitu pemutaran video renungan yang dibawakan oleh kak Syarifuddin Tangka, S.Pd., M.M selaku Purna Racana Ranggong Dg. Romo.

Suasana pemutaran video renungan

Pada renungan tahun ini,  konsepnya berbeda dengan tahun sebelumnya. Renungan tahun ini diadakan secara daring, dikarenakan pada tanggal 2 mei tahun 2022 bertepatan dengan peringatan hari raya idul fitri 1443 Hijriah. Jadi pelaksanan renungan tahun ini dilakukan di rumah masing-masing dan dihubungkan dengan media “zoom meeting”. 

Semua unsur elemen Gugus Depan mengikuti renungan dengan khidmat, Kak Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati, M.Hum selaku ketua Gugus Depan Kota Makassar 08.096 mengatakan “Renungan yang dibawakan Kak Ciwa sangat menyentuh hati nurani, relevan situasi dan kondisi saat dimana tantangan dan perubahan yang makin pesat, memerlukan kesiapan bagi kakak anggota pramuka mempersiapkan diri melalui kegiatan bina diri, bina kelompok, dan bina masyarakat” tuturnya.

Kemudian beliau menambahkan “Harapan kakak, Gugus Depan kita lebih berkembang lagi kedepannya, sesuai dengan usia Gudep yang sudah menginjak usia 44 tahun, ibarat buah sudah sangat matang, lebih kreatif, lancar latihan rutin, tidak tertinggal oleh dinamika perkembangan diberbagai bidang, dan tetap mengedepankan insan akademiknya sebagai pramuka perti” ujarnya.

Suasana penutupan kegiatan renungan dan doa bersama

Meskipun diadakan secara daring, hal ini tidak mengurangi kesakralan dari renungan yang diadakan oleh tahun ini. Kak Hadyan selaku ketua dewan ambalan Opu Dg Risadju periode 2021-2022 mengatakan “Kegiatan renungan tahun ini dilaksanakan secara daring pastinya tidak semaksimal apabila dilaksanakan secara luring. Tapi meskipun renungan ini dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi kesakralan dan keseriusan dalam mengikuti renungan. Dan saya sangat berterima kasih kepada seluruh unsur elemen gugusdepan yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Serta ucapan terima kasih saya haturkan kepada seluruh panitia harlah yang telah bekerja keras dalam memaksimalkan acara renungan dalam rangka memperingati hari lahir gugusdepan 08.095-08.096 pangkalan Universitas Negeri Makassar” ujarnya.

Semoga Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar menjadi lebih baik kedepannya mengingat usia yang telah melewati masa remaja.

“Kedepannya semoga Gugus Depan kita menjadi Gugus Depan Unggul dengan Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat, menjadi percontohan Gugus Depan Perti di Indonesia” harap Kak Syarifuddin Tangka, S.Pd., M.M.

Usia yang sangat matang untuk memberi manfaat dan tetap menjadi wadah bagi anggotanya untuk mengambangkan minat dan bakat sesuai dengan tri darma perguruan tinggi.


Penulis : Andi Nismah Hasanuddin (Anggota Divisi Pubdok Harlah)


Load disqus comments

0 comments