Monday 25 October 2021

KELAS INSPIRASI DAN LATGAB PRAMUKA WARNAI KEGIATAN SEKOLAH PELOSOK 2021 - UKM PRAMUKA UNM

Sekolah Pelosok 2021

Hari kedua pelaksanaan Kegitan Sekolah Pelosok Tahun 2021 di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. pada hari kedua ini Sangga Kerja Sekolah Pelosok Tahun 2021 UKM Pramuka UNM melaksanakan dua kegiatan yaitu pelaksanaan Kelas Inspirasi untuk tingkat SD, SMP, dan SMA di Tompobulu serta kegiatan latihan gabungan pramuka (LATGABPRAM) untuk tingkat SD, SMP, dan SMA di Tompobulu.

Sebelum Pelaksanaan Kelas Inspirasi Sangga Kerja Sekolah Pelosok telah membentuk 4 kategori kelas dan materi yang akan diberikan kepada setiap kelas yang telah dibagi. Kelas Pertama Siswa SD Kelas 1 sampai 3 yang di berikan materi CALISTUNG (Baca, Tulis, Berhitung) dan Mewarnai. Kelas Kedua Siswa SD Kelas 4 sampai 5 yang di berikan materi Motivasi Pendidikan. Kelas Ketiga Siswa SMP (10 Perwakilan setiap Kelas) diberikan materi Budaya Berprilaku. dan Kelas Keempat Siswa SMA yang diberikan materi publick speaking.

Dalam Pelaksanaan Kelas Inspirasi terdapat Sangga Kerja yang bertanggung jawab pada pelaksanaan Kelas Inspirasi. antara lain penanggung Jawab Kelas Pertama (Kak Safira Ham Volina, Kak Fitriani dan Kak Merci Erdiana). Penanggung Jawab Kelas Kedua (Kak Nurhidayah). Penanggung Jawab Kelas Ketinga (Kak Agil Yunsitensi) dan Pemateri Kak Andi Edwin Al-Hadi Agussalim. Serta Penanggung Jawab Kelas Keempat (Kak Jumri Annisa) dan Pemateri Kak Farid Wajeddi, S.Pd. 

Kelas Inspirasi Sekolah Pelosok 2021

Setelah Pelaksanaan Kelas Inspirasi dilanjutkan dengan Latihan gabungan pramuka (LATGABPRAM) yang dilaksanakan di lapangan Tompubulu. Kegiatan LATGABPRAM diawali dengan upacara pembukaan latihan yang dihadiri oleh Pembina Ambalan Opu Dg. Risadju dan bertindak sebagai Pembia upacara. Pada Kegitaan LATGABPRAM di ikuti oleh Siswa SMA dan SMP. untuk tingkat SMA di berikan materi Tali Temali dan penerapannya sedangkan SMP diberikan materi Kode etik gerakan pramuka dan pengenalan simpul serta ikatan. Setelah LATGABPRAM selesai Dilakukan Upacara penutupan latihan.

Lanjut kegitan Sore. dilaksanakan kegiatan LATGABPRAM untuk Siswa SD di lapangan Tomppobulu. dengan penanggung jawab dari kegitan ini (Kak Andini dan Kak Muhammad Najib Mubarak) kegitan ini diikuti oleh kakak pembina Opu Dg. Risadju, Dewan Racana, Purna Ambalan, dan sangga kerja Sekolah Pelosok tahun 2021. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegitan outbound tersebut. pada kegitan tersebut siswa diajak untuk bermain dan bernyanyi.

Kegiatan Latihan Gabungan Sekolah Pelosok 2021

Dari pelaksanaan kegiatan kelas inspirasi dan LATGABPRAM di tiga tingkat pendidikan SD, SMP, dan SMA. Kami melihat terdapat bakat yang berpotensi dapat dikembangkan dari diri siswa. dengan bekal semangat dan rasa keingintahuan yang ditampakkan oleh siswa dalam mengikuti segala rangkaian kegitan sekolah pelosok tahun 2021 yang kami lakukan. kami berharap apa yang kami lakukan dan berikan kepada siswa yang berada di desa tompobulu dapat bernilai manfaat kepada siswa. sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus menempuh pendidikan.


Penulis: Agil Yunsitensi
Dipublikasikan oleh Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

1 comments: