Monday 9 August 2021

BERIKAN INOVASI UNTUK DESA : Anggota UKM Pramuka UNM Lolos Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) Tahun 2021

Tim KBKM Tahun 2021
Anggota UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar kembali mengikuti Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) Tahun 2021. Kemah Budaya Kaum Muda adalah ajang kompetisi yang mengumpulkan bakat-bakat imajinatif dan kreatif kaum muda untuk menjawab tantangan pemajuan kebudayaan melalui pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dan atau Revolusi 4.0. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan, Kemendikbud.
Setelah sebelumnya melakukan pemberdayaan di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melalui program PHP2D, anggota UKM Pramuka UNM kembali menjadikan Desa Tompobulu sebagai target penyelenggaraan program. Tim KBKM dari anggota UKM Pramuka UNM menawarkan program “Ruang Digital Pemajuan Potensi Desa"  setelah melihat masalah yang terjadi di Desa Tompobulu yakni lemahnya pemasaran produk desa serta kurangnya fasilitas layanan internet di desa. Padahal, akses internet yang merata merupakan aspek penting dalam pemajuan ekonomi serta pengembangan potensi daerah. Tim ini beranggotakan 3 orang antara lain Muthahara Yulina, Muhammad Khalil  Hajid dan Muh Dasril Utama.

Muhammad Khalil Hajid
Anggota Racana Ranggong Dg. Romo
Salah satu Tujuan KBKM adalah meningkatkan peran kaum muda dalam pemajuan kebudayaan dimana KBKM 2021 ini berbeda, karena fokusnya bergeser ke arah desa. Hal ini selaras dengan Tribina Pramuka Pandega, yakni Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat, dimana poin Bina Masyarakat mengarahkan pramuka pandega untuk menerapkan kemampuan berpatisipasi dalam pemberdayaan masyarakat. Tidak hanya itu, Bina Satuan juga dapat dicapai oleh  anggota UKM Pramuka UNM dalam program KBKM ini.

Muthahara Yulina
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Tim KBKM dari anggota UKM Pramuka UNM telah lolos pada tahap regional dan tergabung pada Regional VI (BPNB Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan). Saat ini, tim telah melewati berbagai rangkaian kegiatan seperti presentasi awal, pelatihan, hingga presentasi final. Besarnya antusias dan semangat Kakak-Kakak dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga besar harapan agar Tim dapat lolos ke tahap nasional agar kembali dapat melakukan program-program pemberdayaan secara langsung di Desa Tompobulu.
Penulis : Muthahara Yulina
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments