Monday 22 March 2021

UKM PRAMUKA UNM KEMBALI GELAR KMD GOLONGAN PENEGAK TAHUN 2021

UKM Pramuka UNM kembali mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penegak. Pada KMD kali ini Kwartir Cabang Kota Makassar bekerjasama dengan UKM Pramuka UNM dalam melaksanakan kegiatan. Pelaksanaan KMD tahun ini, sedikit berbeda dibanding sebelumnya. KMD tahun 2021 dilakkukan  secara daring pada tanggal 8 s.d 11 Maret 2021 dan luring pada tanggal 19 s.d 21 Maret 2021.

Pembukaan KMD tahun 2021
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan suatu kegiatan pembinaan dengan tujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.

Dengan adanya kegiatan KMD ini kakak-kakak diharapkan mampu menjadi seorang pembina khususnya digolongan penegak

Kegiatan ini dibuka oleh kakak WR III selain itu ia juga memberikan sambutan  dan mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “semangat ber KMD, dan tetap patuhi protokol kesehatan” ucap Kak Dr. Sukardi Weda. selain itu kakak Ketua Kwartir Cabang Kota Makassar juga memberikan semangat untuk seluruh pihak baik penyelenggara maupun peserta “semangat untuk semuanya dalam menyukseskan KMD kita kali ini, walaupun pelaksanaannya sedikit berbeda tapi tetap harus maksimal” ugkap Kak Dr. M. Iqbal Suhaeb, S.E., M.T.

Untuk kegiatan daring, peserta mengikuti pre test untuk mengukur kemampuan peserta sebelum mengikuti KMD. Selanjutnya penyampaian materi, dimana pada kegiatan daring berlangsung selama 4 hari dan ada banyak materi yang di sampaikan diantaranya Orientasi Kursus, Dinamika Kelompok dan Kontrak Belajar, Fundamental Gerakan Pramuka, Refleksi Harian, Renungan Pembina, PDK dan MK, Metode Membina, Postur Pembina, Organisasi Administrasi Satuan, Teknik Menyusun Program Latihan, Dunia Penegak, Wadah Pembinaan Penegak, Penjelasan SKU SKK SPG, Ragam Pertemuan Penegak, Penjelasan Pembuatan RM, Pembagian Materi untuk Praktek Membina. Tentunya semua materi disampaikan oleh kakak-kakak pembina dan pelatih yang mahir di masing-masing bidangnya.

Kegiatan daring in ditutup dengan pembagian materi untuk praktek membina yang akan dilakukan secara luring yang dilaksanakan satu pekan kemudian.

Pendapat salah satu peserta yang mengatakan bahawa KMD secara daring pun juga bagus. “KMD yang diikuti secara daring itu bags juga. Karena kita dapat mengatur waktu dengan fleksibel, tidak hanya duduk mendengarkan tapi kita juga bisa mengerjakan hal lain. Dengan kegiatan blanded (daring luring) proses pembelajaran lebih santai dan tidak tegang meski ada kendala jaringan tapi masih bisa diatasi” ungkap Kak Welyn Noftiarwanda.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments