Friday 19 February 2021

TIPS MEMINIMALISIR KEGAGALAN DALAM BERBISNIS

 Tips Meminimalisir Kegagalan dalam Berbisnis

Oleh : Indasari

Gagal dalam berbisnis

Pada era seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai menyadari kelebihan dari berbisnis namun sebagian besar hanya memiliki pemikiran namun tak memiliki keberanian untuk memulai. Beberapa orang pernah mengalami hal yang sama, namun hal tersebut mampu diatasi dan akhirnya mau memulai berbisnis.

Kata kebanyakan orang sih, Bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dimulai. Tapi, Sebagian orang membantah karena tidak tau mau mulai dari mana. Oke, berikut ini penulis bagikan tips atau hal – hal yang harus diperhatikan agar kegagalan bisa diminalisir tapi bukan berarti bisa menghindari kegagalan yah, karena tanpa kegagalan kita tidak bisa dapatkan pembelajaran baru, jadi jangan takut gagal yah, karena orang – orang hebat diluaran sana bukan lahir tanpa kepedihan tapi mereka lahir karena mereka mampu bangkit berkali – kali dari kegagalan dan selalu mengambil hikmah dari setiap kegagalannya.

Tips agar bisa meminimalisir kegagalan:

1.      Niat dan percaya diri

sebenarnya hal utama yang harus dimiliki jika ingin berbisnis yaitu niatnya dulu, kalau niat udah ada yah percaya dirinya juga harus diperhatikan, karena dengan percaya diri rintangan sebesar gunung es pun bisa dilewati dengan penuh keyakinan karena tidak ada bisnis yang gagal jika percaya diri dan tidak tau arti kata menyerah.

2.      Perencanaan yang matang

hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, jadi perencanaan bisnisnya harus matang, agar segala kemungkinan atau hal – hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan bisa tercover dengan baik dan bisa meminimalisir hal – hal di luar dari apa yang seharusnya dilakukan.

3.      Berpikir kreatif dan inovatif

pada era seperti saat ini, pikiran kreatif sangat dibutuhkan dalam bisnis, karena dengan memberikan sentuhan kreatif pada bisnis yang dijalankan, itu bisa memberikan usia yang lama dan bisa bersaing dengan pebisnis serupa, tak lepas juga dari berpikir inovatif agar setelah merintis kita pasti  butuh untuk mempertahankan, nah disinilah peran inovatif untuk bisa bersaing dan tetap eksis di dunia perbisnisan.

4.      Memahami kompetisi bisnis

seorang yang berani untuk berbisnis pastilah sebuah kewajiban untuk bisa memahami kompetisi bisnis, karena untuk bisa memenangkan kompetisi bisnis kita harus tau area kompetisi serta cara untuk memenangkan sebuah kompetisi antar pebisnis

5.      Siap menghadapi rintangan

dalam menghadapi sebuah rintangan sebuah nyali yang besar sangat dibutuhkan, karena tanpa nyali yang besar maka seseorang akan dengan mudanya untuk mundur dan bahkan berhenti sebelum memulai.

6.      Menerima kritikan dan masukan

seorang pebisnis haruslah memiliki pemikiran yang terbuka agar bisa menerima kritikan untuk bisa mengembangkan bisnisnya dan membuat konsumennya merasa puas serta bisa loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

7.      Terus belajar dan jangan cepat puas

setiap langkah yang dilewati bisnis baiknya jika selalu diiringi dengan mempelajari dan tidak cepat merasa puas agar bisnis yang dijalankan bisa terus berkembang dan selalu lahir sebuah inovasi – inovasi dan ikut dengan tren yang dibutuhkan konsumennya.

8.      Tidak menunda

hal yang paling utama dalam bisnis adalah memulai, karena teori tak akan berarti jika tak pernah diaplikasikan. Jadi jika ingin berbisnis yah mulai aja dulu sambil terus mempelajari hal – hal yang bisa menjadi penunjang untuk bisnis yang sedang dibangun.

Itulah tips atau hal – hal yang harus diperhatikan saat ingin memulai berbisnis, semoga bermanfaat yah buat kalian yang ingin memulai berbisnis.

Berikan senyuman disetiap kegagalan serta rintangan yang kamu dapatkan dalam perjalanan bisnismu, karena senyuman itu perlahan – lahan akan memberikan semangat disetiap titik ingin menyerahmu.” #indha19

Daftar  Referensi:

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2020/08/27/151004/8-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-dalam-merintis-usaha

Load disqus comments

0 comments