Tuesday 13 October 2020

MEMAKSIMALKAN TRIBINA KEPRAMUKAAN DAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI DALAM PELAKSANAAN PHP2D

Petani Gula Aren

Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan (PHP2D) yang merupakan program dari Kementerian dan Pendidikan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Kemahasiswaan yang telah dinyatakan lolos pendanaan, termasuk Tim PHP2D UKM Pramuka UNM.

Tim PHP2D UKM Pramuka UNM, sedang menjalankan program yang telah disetujui oleh Kemendikbud RI di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Launching PHP2D dan Pelatihan serta Pendampingan Pembuatan Inovasi Gula Aren menjadi Gula Aren Cair, Gula Aren Cubes, dan Gula Aren Bubuk.

Program ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian tribina dalam pembinaan kepramukaan salah satunya bina masyarakat dan pengaplikasian tri darma perguruan tinggi.

Hal ini selaras dengan ungkapan dari salah satu anggota Dewan Kerja Nasional (DKN) yang juga merupakan anggota Racana Ranggong Dg. Romo, kak Muhammad Akmal yang biasa disapa kak Akmal.

“Kegiatan PHP2D ini bisa menjadi stimulan bagi rekan-rekan pramuka perguruan tinggi untuk lebih memaksimalkan peran dalam menjalankan tribina (bina masyarakat) dan tentunya sinkron dengan tri Dharma perguruan tinggi (pengabdian masyarakat). Ini sebuah peluang yang mestinya harus ditangkap dan dimaksimalkan agar dapat berjalan berkelanjutan,” ungkapnya.

Selain itu, beliau berharap agar program ini berkelanjutan dan memunculkan inovasi-inovasi baru.

“Harapannya, program ini dikawal dengan baik, dan yang perlu dipastikan adalah keberlanjutannya. Dan akan lebih baik lagi jika muncul inovasi2 yang lain yang bisa kita terapkan untuk pengembangan masyarakat didesa,” tambahnya.

Load disqus comments

0 comments