Thursday 14 September 2017

Mempererat Silaturahim lewat Pengajian Rutin

Pengajian Opu

UKM PRAMUKA UNM adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang berkiprah di bidang keperamukaan. Namun,  selain bergelut dibidang keperamukaan, pada umumnya para anggota UKM Pramuka UNM juga  sering melakukan kegiatan pengajian, yang mana kegiatan ini memang merupakan kegiatan  rutin yang dilakukan tiap minggunya. Kegiatan ini dilakukan setiap malam Jum’at  untuk Ranggong (ikhwan) dan hari Sabtu untuk Opu (Akhwat) yang biasanya diawali dengan pembacaan surah al-khaf kemudian dilanjutkan dengan perbaikan makhorijul huruf oleh pemandu masing-masing satuan.
Untuk ranggong (ikhwan) pengajian biasanya diisi langsung oleh ustadz Hafid yang merupakan salah satu Murobbi dari SCMM BEM MIPA UNM. Biasanya pengajian Ranggong bertempat di Mushallah Program pasca sarjana UNM dan untuk Opu (akhwat) dibimbing langsung oleh kak Rifdha salah satu Murobbiyah dari Wahda islamiah. 
Pengajian Ranggong
Pengajian ini terbuka untuk seluruh anggota UKM Pramuka UNM yang beragama muslim. Pengajian ini diharapkan menjadi  salah satu jalan penyambung tali silaturahim. Sesama anggota yang  mungkin jarang bertemu dihari-hari sebelumnya karena masing-masing sibuk dengan kegiatan akademik. Selain itu, tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah mendapatkan penambahan ilmu agama dan mengharapkan Ridha dari Allah subhana wata’ala. Seperti pepatah yang sering kita dengan “ Ilmu Tanpa Adanya Agama Adalah Suatu Kecacatan dan Agama Tanpa Ilmu Adalah Kebutaan” .
Pengajian Opu

Materi yang disampaikan pada tiap pertemuan berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti contohnya saat bulan ramadhan, materinya terkhusus pada keutamaan dan amalan- amalan yang harus dikejar pada bulan ramadhan.  Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan dan ridhahnya  kepada kami semua untuk tetap menjalankan kegiatan ini .

Penulis : Nasriani Arifin (Dewan Ambalan Opu dg. Risadju)
Load disqus comments

0 comments