Monday 28 November 2022

Rovering To Success: "Perjalanan Menuju Bahagia"

 

    Gerakan pramuka adalah organisasi kepanduan nonformal di Indonesia. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7–10 tahun), Pramuka Penggalang (11–15 tahun), Pramuka Penegak (16–20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Pramuka sendiri melewati beberapa fase sejarah di Indonesia. Sebelum pramuka masuk ke Indonesia, Baden Powell dikenal sebagai bapak pandu dunia.

Sebuah buku yang ditulis langsung oleh Baden Powel diberi judul Rovering To Success adalah sebuah buku yang menceritakan tentang perjalanan seorang pramuka. Pada era moderenisasi saat ini, minat pada peserta didik untuk bergabung di gerakan pramuka sangat minim. Sesuai dengan hasil bincang-bincang peserta Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) tingkat daerah Sulawesi Selatan tahun 2022 bahwa kuantitas dari peserta didik untuk bergabung di pramuka sangat minim.

Perjalanan menuju bahagia, merupakan kalimat yang sangat tepat untuk menggambarkan seorang pramuka. Cara Baden Powell mendidik kaum muda lewat 4 H merupakan kunci dari perjalanan tersebut. H pertama adalah, happiness (bergembira, suka, rela, ikhlas, dan bersyukur). Ini merupakan kunci awal, bagaimana perjalanan tersebut bisa mencapai bahagia. Jika seorang pramuka mampu mewujudkan ini maka apapun rintangan yang ada, seorang pramuka akan tetap menemukan kebahagiaan tersebut.

H yang kedua yaitu, healthy (sehat, lincah, kreatif, dan inovatif). Seorang pramuka harus sehat secara fisik dan mental untuk bisa mewujudkan healthy tersebut. Kemudian H selanjutnya adalah handicraft (berkarya, produktif, ada hasil kreatif dan inovatif). Seorang pramuka selalu menemukan kegiatan-kegiatan positif untuk proses bina dirinya, yang kemudian lewat itulah tri bina lainnya terealisasikan.

H yang terakhir adalah, helpful (menolong, cinta lingkungan, bersaudara, dan setia). Nilai-nilai dalam pramuka yang selalu berdasarkan pada kebaikan menjadikan gerakan pramuka adalah wadah pendidikan karakter yang tepat untuk peserta didik. “Seorang pramuka tak pernah terkejut apabila sesuatu tak terduga terjadi pada dirinya” kata baden powell. Sehingga menjadi pramuka adalah pilihan yang tepat untuk pengembangan potensi diri seorang peserta didik.



Penulis: Nurhidayah Mantik
Load disqus comments

0 comments