Sunday 25 September 2022

Objek Wisata Makam Goa, Londa Toraja Utara menjadi salah satu kunjungan Explore Wisata Budaya Ukm Pramuka UNM

 

Foto bersama di wisata Londa

Kabupaten Toraja Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja. Kabupaten ini memiliki visi yaitu “TORAJA UTARA, DAERAH WISATA BUDAYA KAYA PESONA DENGAN RAGAM KREATIVITAS DAN KASIH YANG MENYEJAHTERAKAN”. Maka tak heran jika Toraja Utara terkenal dengan berbagai objek wisata, kekayaan budaya dan adat istiadat yang masih sangat terjaga.

Salah satu tempat di Toraja Utara yang menjadi objek wisata budaya adalah LONDA. Pada tanggal 24 September 2022, UKM PRAMUKA UNM mengunjungi secara langsung beberapa objek wisata budaya di Toraja Utara, salah satunya yaitu LONDA.

Suasana menjelajahi wisata Londa

Londa merupakan objek wisata makam goa yang di dalamnya terdapat peti mati yang disusun menurut rumpun keluarga dan kasta dari keluarga, patung-patung yang dibuat untuk orang-orang tertentu (bangsawan) dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun.

“ Londa itu adalah goa yang terbentuk secara alami dengan panjang ±30 m, di goa ini ada banyak peti jenazah yang disusun sesuai derajat keluarganya, semakin tinggi petinya maka semakin tinggi kastanya, jika peti jenazah sudah lapuk maka keluarga akan mengganti peti jenazah melalui ritual adat yang disebut upacara ma'nene'. Untuk melakukan upacara Ma'nene' ini keluarga harus menyediakan minimal 24 kerbau dan diantaranya harus ada kerbau belang. Di goa ini kita juga akan dapat koin-koin atau rokok yang berhamburan, itu merupakan sesajen dari keluarga jenazah" ujar narasumber di Londa.

Konon, Londa juga memiliki kisah yang romantis seperti Romeo dan Juliet. Kisah ini terjadi pada Lobo' dan Andwi yang bunuh diri karena tidak di restui. Tengkorak mereka pun di abadikan di Goa Londa.

2 tengkorak itu adalah tengkorak dari Lobo' dan Andwi, dulu itu mereka pacaran tapi tidak direstui jadi akhirnya mereka bunuh diri” tambahan narasumber di Londa.

Foto Bersama di Wisata Londa

Selain Kisah cinta Lobo' dan Andwi, Londa juga memiliki keunikan, Tidak jarang kita temukan peti jenazah yang di gantung tinggi di muka Goa. Butuh perjuangan untuk menempatkan peti jenazah itu karena peti diletakkan secara manual dan orang yang akan meletakkannya akan memanjat bebatuan goa terlebih dahulu.

“Jika dari keluarga bangsawan biasanya peti jenazah di gantung setinggi mungkin, jadi untuk menggantungnya juga kita perlu manjat secara manual dari batu ke batu kemudian peti jenazah di tarik menggunakan tali. Di peti itu sudah ada jenazah dan hartanya seperti emas, peralatan makan dan sebagainya. Peti itu di gantung tinggi supaya menjaga harta jenazah tersebut” tutup narasumber di Londa.

Londa memang terkenal dengan Goa yang terbentuk secara alami yang kemudian di jadikan tempat meletakkan jenazah bagi orang Toraja Utara. Perbedaan status sosial juga masih sangat kental di Toraja Utara, tidak terkecuali di Londa,sehingga untuk menyimpan peti juga digolongkan menjadi 3 tingkatan, tingkatan keluarga bawah,menegah dan tinggi atau dari keluarga bangsawan.

 

Penulis : Sahwa Ainul Magfirah

Load disqus comments

0 comments