Wednesday 6 July 2022

Membanggakan, 5 Anggota UKM Pramuka UNM Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022

Makassar – Ukir Prestasi Tingkat Nasional, 5 anggota UKM Pramuka UNM berhasil lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 dari 35.107 mahasiswa yang mendaftar (5/7/2022).

Kak Merci Erdiani

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi (prodi) dan di luar perguruan tinggi (PT) asal.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Gunani Partiwi memberikan apresiasi kepada 12.722 mahasiswa yang lolos seleksi dari total 35.107 mahasiswa yang mendaftar di Program PMM 2 Tahun 2022.

Kak Nurul Fitriani

“Antusiasmenya sangat tinggi. Ada 35.107 mahasiswa yang mendaftar dan yang lolos sebanyak 12.722. Kalian yang lolos adalah mahasiswa yang beruntung dan memiliki kesempatan mempelajari dan merasakan pengalaman langsung kebudayaan di daerah perguruan tinggi penerima, memperkenalkan kebudayaan asalnya, serta mengikuti perkuliahan di PT Penerima.” ucapnya, melalui siaran pers.

Kak Tiara

Diantara 5 anggota tersebut ialah kak Nurul Fitriani, kak Merci Erdianti, kak Nurhaya, kak Tiara dan kak Merianti. Rasa haru dan bahagia dirasakan oleh kakak-kakak, salah satunya kak Nurul Fitriani.

“Yang dirasakan setelah dinyatakan lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu sangat senang, karena bagi saya merasakan kuliah diluar kampus, saya dapat mengenal, mempelajari, dan mengeksplor daerah tempat PT tujuan saya, serta bagi saya pribadi merupakan awal saya mendapatkan hal- hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Terutama menjadikan program PMM ini sebagai pengalaman saya mengenal Kota toleransi, daerah PT tujuan saya.” Ungkapnya.

Kak Merianti

Senada dengan hal tersebut, kak Merianti merasa sangat bersyukur dan beruntung dengan menjadi salah satu yang lolos PMM Angkatan 2 Tahun 2022.

“Perasaan saya setelah dinyatakan lulus pertukaran mahasiswa merdeka adalah saya merasa sangat senang, bersyukur, dan merasa beruntung mengikuti program ini. Dengan mengikuti program ini saya mempunyai teman baru dari berbagai universitas di Indonesia, bisa belajar kebudayaan baru di daerah kampus tujuan saya, dan masih banyak lagi.” Katanya.

Kak Nurhaya

Hal ini menunjukkan bahwa organisasi dan prestasi akademik/non-akademik dapat saling beriringan. Sekaligus dapat menjadi contoh bagi kakak-kakak bahwa ikut ktif dalam kegiatan terutama Pramuka bukanlah suatu tembok penghalang untuk dapat berprestasi diluar organisasi.

 

Penulis: Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah

Dipublikasikan oleh Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments