Thursday 2 June 2022

Launching Hymne dan Mars Racana untuk Gugus Depan yang Lebih Terdepan

 

Persembahan lagu "Hymne di Timur Matahari” dan “Mars Racanaku"

Tepat pada malam puncak peringatan Hari Lahir UKM Pramuka UNM di usia yang ke-44 tahun, Gugusdepan 08.095–08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar sukses meluncurkan sebuah karya yang bertajuk “Hymne di Timur Matahari” dan “Mars Racanaku,” yang diciptakan oleh kak Drs. H. Imanuddin Djaya, M.Pd.

“Hymne di Timur Matahari” dan “Mars Racanaku” yang berhasil dipersembahkan oleh beberapa kakak anggota pada malam puncak Harlah UKM Pramuka UNM yang ke-44 tahun yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022, pada pukul 20.00 WITA yang berlokasi di Aula Badan Pelestarian Nilai Budaya Lt.2, Jl. Sultan Alauddin, Kota Makassar. Beberapa proses yang dilalui hingga menghasilkan sebuah karya indah, sehingga menghasilkan komposisi lagu yang bermakna.

Sambutan oleh Kak Iman, pencipta lagu dan purna UKM Pramuka UNM

Kak Drs. H. Imanuddin Djaya, M.Pd yang akrab di sapa kak Iman juga selaku pencipta lagu dan purna dari UKM Pramuka UNM, kak Iman mengatakan, “Makna dari Mars Racanaku yakni menjadi penyemangat, persatuan dan mendorong kinerja Anggota Racana dalam melakukan aktivitas.”

“Sedangkan makna Hymne di Timur Matahari adalah mendorong setiap anggota racana untuk tetap bersemangat, ceria berseri seperti pancaran sinar matahari pagi yang terbit ditimur, dan tetap memiliki rasa rendah hati, tawadhu, ikhlas, jujur, dan mau berbagi serta mengabdi untuk negeri, keluarga, saudara, dan lingkungan,” Tambah kak Iman.

Penciptaan sebuah karya yang dihasilkan dari imajinasi manusia dengan kreatifitas tidak lepas dari makna dan tujuan yang mendasari diciptakannya karya tersebut, hingga menghasilkan sebuah karya yang indah sampai ke penerus kelak.

Launching lagu "Hymne di Timur Matahari” dan “Mars Racanaku"

Menurut kak Iman, “Adapun tujuan diciptakannya Mars Racanaku adalah untuk memotivasi dan membekali diri anggota Racana Pramuka Gudep UNM dalam melaksanakan pengabdian dan kegiatan racana. Menggalang persatuan, saling menghormati dan berbagi baik internal maupun diluar almamater, mengembangkan diri, satuan, maupun masyarakat untuk berdaya guna.”

“Dan tujuan diciptakannya Hymne di Timur Matahari adalah untuk memberikan spirit dan sugesti bagi setiap anggota gudep dalam melaksanakan pengabdiannya baik di organisasi maupun di tengah-tengah masyarakat, dengan mengarahkan segenap kemampuan jiwa dan raga secara ikhlas, jujur, rendah hati, cinta kasih yang senantiasa dilandasi jiwa kepramukaan.” Tutup kak Iman.

Dengan terwujudnya sebuah karya ini, diharapkan para kakak anggota tetap saling merangkul dan termotivasi untuk terus berkembang serta berpegang teguh pada sikap ikhlas, jujur, dan rendah hati.

 

Penulis : Andi Ainun Abdillah

 

Load disqus comments

0 comments