Friday 3 June 2022

Semarak HARLAH UKM Pramuka UNM - Hingga Launching Hymne dan Mars Racana di Malam Puncak HARLAH yang ke-44 Tahun

 

Suasana foto bersama Malam Puncak Harlah

Makassar - Tepat peringatan 44 tahun Gugus Depan Kota Makassar 08.095-08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar wadah dimana kami menempa bakti, berkarya, dan berproses dengan cinta dan kebersamaan.

Memperingati malam puncak hari lahir gugus depan UKM Pramuka UNM, para kakak anggota dengan semangat melakukan persiapan Harlah di usia yang cukup matang. Dengan mengangkat tema “UNGGULAN : Untuk Menggusung Gugus Depan yang Lebih Terdepan”.

Acara ini dimeriahkan oleh Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Makassar Kak Prof. Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum., unsur Pembina, Anggota serta purna UKM Pramuka UNM, perwakilan anggota UKM se-Universitas Negeri Makassar serta perwakilan anggota Pramuka Perguruan Tinggi dan Swasta se-Kota Makassar.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022, pada pukul 20.00 WITA - selesai, yang berlokasi di Aula Badan Pelestarian Nilai Budaya Lt.2, Jl. Sultan Alauddin, Kota Makassar. Beberapa rangkaian yang telah terlaksana dalam HARLAH UKM Pramuka UNM, tahapan rangkaian Pra-Harlah yakni, mulai Renungan dan Doa Bersama, lalu dilanjutkan kemudian beberapa hari setelah bulan suci ramadhan dengan kegiatan Fun Day, hingga pada akhirnya sampai di pelaksanaan malam puncak.

Suasana malam puncak Harlah ke-44 tahun

Sambutan diawali oleh Kak Prof. Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum., sekaligus membuka pelaksanaan malam puncak Harlah UKM Pramuka UNM yang ke-44 tahun, beliau mengatakan “UKM Gerakan Pramuka Universitas Negeri Makassar sesuai dengan usia gugus depannya yang sudah menginjak usia-44 tahun, ibarat buah yang sudah sangat matang. Terbukti para purna UKM Pramuka IKIP Ujungpandang dan UNM sukses menapaki tantangan perkembangan zaman dalam membawa tri darma perguruan tinggi”.

Serangkaian malam puncak Harlah dirangkaikan dengan beberapa item, yakni diawali dengan prosesi buka adat, tilawah, penampilan tari paduppa, laporan oleh ketua reka kerja, penampilan musikalisasi puisi, penampilan Hymne dan Mars Racana, pemutaran video, sambutan dan testimoni oleh para purna perwakilan tiap angkatan, tari empat etnis, dan penyerahan hadiah kepada pemenang kegiatan pra-harlah, serta acara ditutup dengan tukar kado.

Suasana penyajian simbolis peringatan Harlah ke- 44 tahun

Hal yang tak kalah berbeda dari pelaksanaan Harlah kali ini yakni, launching lagu Hymne dan Mars Racana dan penyajian simbolis peringatan Harlah ke- 44 dengan 44 macam kue tradisional khas Sulawesi Selatan.

Di usia ke-44 yang cukup matang dan semakin maju ini tak luput dari kesan-kesan dari para kakak anggota, hingga bisa menapaki masa kejayaan gudep sampai saat ini. Menurut kak A. Ferry Ardiansyah selaku Ketua Dewan Racana Ranggong Dg. Romo, “Saya sangat mengapresiasi kerja sama kakak-kakak panitia dan kakak-kakak dewan serta anggota dan kami banyak berterima kasih kepada kakak pembina dan purna yang selalu mendampingi dan memberikan masukan sehingga acara malam puncak Harlah dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Sungguh keistimewaan juga dikarenakan kami dapat menghadirkan pencipta Mars dan Hymne Racana yaitu kak Imanuddin Djaya.”

Berbagai harapan baik dihaturkan untuk gugus depan tercinta agar lebih baik lagi kedepannya, “Harapan saya kedepannya semoga gugus depan kita tercinta dapat terus menciptakan kader-kader hebat dan berkualitas yang siap menjadi pemimpin masa depan, serta gugus depan kita dapat menjadi gudep percontohan di Indonesia.” Pungkas kak A. Ferry Ardiansyah.

 

Penulis : Andi Ainun Abdillah

 

 

 

Load disqus comments

0 comments