Thursday 16 June 2022

KEMBALI MENGUKIR PRESTASI! UKM PRAMUKA UNM LOLOS PENDANAAN PPK ORMAWA TAHUN 2022

Makassar – UKM Pramuka UNM berhasil lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang telah diumumkan pada Rabu, 15 Juni 2022 yang diselenggarakan oleh Kementrian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program tersebut merupakan program yang memberikan wadah untuk meningkatkan kualitas Ormawa agar mampu menjadi organisasi mahasiswa yang kompeten, modern, berkarakter, dan cinta tanah air sekaligus menumbuhkembangkan soft skill dan kompetensi mahasiswa. Program penguatan kapasitas Ormawa menjadi salah satu implementasi agar mahasiswa menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Sebelumnya, pada Selasa, 28 Mei 2022 telah diumumkan Ormawa yang lolos menuju seleksi tahap akhir Subproposal PPK Ormawa 2022. Dari 2.078 Subproposal yang diajukan ke Direktorat Belmawa, hanya ada 383 tim Ormawa yang lolos, dan UKM Pramuka UNM menjadi salah satunya. Hingga akhirnya, Tim UKM Pramuka UNM menjadi salah satu dari 328 Ormawa yang lolos dalam pendanaan PPK Ormawa oleh Kemendikbud Ristek.

Proses seleski PPK Ormawa dinilai cukup ketat, tim harus melalui beberapa tahap seleksi dari pengajuan subproposal menuju seleksi internal PT, seleksi administrasi subproposal, seleksi akhir/presentasi subproposal, hingga diumumkannya nama tiap Tim yang lolos pada tahap pendanaan.

Tim UKM Pramuka UNM diketuai oleh Kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah bersama dengan 13 Anggota dan didampingi oleh Kak Dr. Muh. Iswal Burhan, M.T dengan judul “Peningkatan Kapasistas Promosi Desa Wisata Tompobulu Berbasis Kelompok Pemuda Desa”.

Rasa syukur, haru, dan bangga dengan pencapaian yang diraih saat ini. Hal tersebut dirasakan oleh Kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah selaku Ketua Tim UKM Pramuka UNM.

Alhamdulillah, rasa syukur dan juga bangga dapat lolos pendanaan PPK Ormawa 2022. Ini merupakan kali ketiga, UKM Pramuka UNM lolos pendanaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek (program sebelumnya PHP2D dan P3D). Saya mewakili Tim sangat berterima kasih kepada setiap pihak yang telah memberikan dukungan dan juga apresiasi mulai dari survei lokasi, penyusunan dan penginputan proposal, tahap presentasi hingga saat ini. Saya pun berharap, semoga tim UKM Pramuka UNM tetap semangat dalam melaksanakan program ini dengan baik.” tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kak Dr. Muh. Iswal Burhan, M.T yang berharap agar tim tetap semangat dalam merealisasikan program yang telah disusun dengan terampil.

"Sebagai pembimbing, saya merasa bangga bahwa Tim UKM Pramuka telah menunjukkan eksistensinya tidak hanya sebagai organisasi dengan segelumit aktifitas kepramukaan tetapi juga mampu bersaing dalam kompetisi akademik yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek serta dapat bersaing dengan ratusan organisasi kemahasiswaan se-Indonesia" ucapnya.

"Kita berharap bahwa semangat berkompetisi di ruang-ruang akademik, kreatifitas keilmuan, kewirausahaan dan sebagainya. Juga terus ditanamkan dan diwariskan pada setiap anggota UKM Pramuka UNM" tambahnya

Berikut nama anggota Tim PPK Ormawa 2022 UKM Pramuka UNM: Agus Qomaruzzaman, Maulana Arif Abdillah, Akbar Muhammad, Siti Rezki Hardianti, Nurhidayah, Jumri Annisa, Andini, Hadyan Ramadani, Azir Zuldani Pratama, Rifky Hidayat, Nurul Arifah, Nurul Fitriani, dan Ahmad Irza Izzul Haq.

 

Penulis: Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments