Sunday 20 March 2022

DEWAN RACANA & AMBALAN MASA BAKTI 2021-2022 SIAP ORIENTASI!

Foto Bersama Kegiatan Orientasi Dewan

Makassar–Dewan Masa Bakti 2021-2022 siap orientasi! Tentunya agenda orientasi Dewan Racana & Ambalan bagi masa bakti 2021-2022 telah ditetapkan. Pembukaan Orientasi Dewan Racana & Ambalan dilaksanakan pada Jum’at, 18 Maret 2022 dan akan berlangsung hingga Ahad, 20 Maret 2022 yang bertempat di Pondok Harapan Baru, Pantai Tanjung Bayang dengan mengusung tema “Together For Happiness, Healthy, Handicraft, and Helpful”.

Kegiatan orientasi diartikan sebagai peninjauan untuk menentukan sikap, arah, tempat dan sebagainya dengan tepat dan benar. Orientasi dewan merupakan proses kakak-kakak Dewan untuk mengenal kebijakan, peran, dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing serta konsep dalam menjalankan kepengurusan di gugusdepan.

Pembukaan Orientasi Dewan

Adapun rangkaian kegiatan pada orientasi dewan, yakni pembukaan (18/03/2022), kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi hingga penutupan kegiatan (20/03/2022). Selain itu, kegiatan ini menggunakan sistem berkemah sehingga kakak-kakak Dewan dibentuk menjadi 6 reka yang terdiri dari 3 reka putra dan 3 reka putri. Akan tetapi, karena kondisi cuaca yang kurang mendukung (hujan) menjadikan kakak-kakak Dewan harus mengubah sistem kegiatannya. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan senam pagi dan outbond.

Kakak-kakak Dewan Racana & Ambalan disuguhkan dengan materi-materi yang sangat menarik, bermanfaat, dan inovatif. Adapun materi yang diberikan yakni Kesehatan Mental dalam Organisasi, Pengelolaan Keuangan Dalam Gugusdepan, Dinamika Kelompok, Perencanaan Kegiatan, Etika Dalam Berorganisasi dan Negosiasi, Sharing Sessions dan Tupoksi Dewan bersama kakak-kakak Purna Dewan Racana dan Ambalan sebelum masa bakti 2021-2022.

Pemberian Materi Orientasi Dewan

Ketua Dewan Racana Ranggong Dg. Romo mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berperan penting dalam menjalani kepengurusan kedepannya.

“Kegiatan orientasi sangat berguna bagi dewan dalam menjalankan kepengurusan untuk satu masa bakti. Dikarenakan pada orientasi tersebut dewan dapat mengetahui tupoksinya masing-masing dan bagaimana cara menjalankan kepengurusan dengan bijak. Selain itu kegiatan orientasi dapat berguna untuk membangun emosional bonding antar dewan.” Kata Kak A. Ferry Ardiyansyah, akrab disapa Kak Ferry.

Penutupan kegiatan orientasi dilakukan pada Ahad, 20 Maret 2022 yang bertempat di Pondok Harapan Baru, Pantai Tanjung Bayang. Kegiatan ditutup oleh Kakak Dra. Sumiati Patimari, M.Pd. selaku Pembina Ambalan Opu Dg Risadju. Kemudian dilakukan lingkaran persaudaraan untuk membangun hubungan emosional antar kakak-kakak UKM Pramuka UNM.

Penulis: Humas UKM Pramuka UNM



Load disqus comments

0 comments