Sunday 17 April 2022

Resmi dilantik Pengurus Dewan Racana dan Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2021-2022: Selamat Mengemban Amanah!

Suasana Pelantikan Dewan Racana dan Dewan Ambalan masa bakti 2021-2022

Makassar – Pengurus Dewan Racana dan Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2021-2022 Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar resmi dilantik  pada Sabtu, 16 April 2022 di Hotel La Macca Lt.3 yang dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama untuk mempererat tali silahturahmi semua unsur Gugusdepan.

Dewan Racana dan Dewan Ambalan dilantik langsung oleh Kak Drs. Taufiq Natsir, M.Pd. dan Kak Prof Dr. Hj. Andi Kasmawati M.Hum selaku Ketua Gugusdepan Kota Makassar 08.095-08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar. Tentu saja kegiatan ini merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota UKM Pramuka UNM. Prosesi penyematan tanda jabatan pengurus Dewan Racana dan Ambalan dilakukan oleh Ketua Gugusdepan bersama Pembina Satuan Dewan Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju. Tanda pengurus Dewan yang berbentuk roda gigi dengan 10 buah giginya, serta bintang bersudut lima memberikan arti bahwa pengurus Dewan memiliki peran untuk menggerakkan para anggota untuk mencapai tujuan dari Gerakan Pramuka yang disertai dengan pengamalan Dasa Dharma dan Pancasila.

Suasana pemberian Bintang Tahunan 1

Selain itu, adapula pemberian bintang tahunan 1 kepada kakak-kakak Ambalan Opu Dg. Risadju diantaranya kak Andini, kak Jumri Annisa, kak Ainun Andini, dan kak Nurinayah Magfirah sebagai bentuk penghargaan serta apresiasi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan selama satu tahun secara aktif. Pemberian penghargaan tersebut diberikan secara resmi oleh Kak Hj. Sumiati Patimari, S.Pd., M.Pd. sebagai Pembina Satuan Ambalan Opu Dg. Risadju.

Kak Sumiati pun menerangkan bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada anggota yang aktif dalam Gugusdepan.

“Salah satu bukti pembina dalam mengapresiasi adik-adik yang ada di satuan Ambalan Gugusdepan 08.096 adalah pemberian tanda penghargaan bintang tahunan yang merupakan tanda penghargaan selama satu tahun yang telah setia dan aktif dalam organisasi gerakan pramuka, dengan harapan adik-adik yang telah mendapatkan penghargaan tersebut tetaplah seperti sekarang, anggota pramuka yang tangguh, setia, aktif, disiplin, dan penuh semangat agar bisa menjadi contoh buat anggota yang ada di sekeliling kita baik dalam organisasi maupun diluar dan menjadi motivasi untuk diri sendiri sebagai seorang Pramuka yang lebih baik,  sesuai tujuan gerakan pramuka” terangnya.

Foto bersama kakak-kakak UKM Pramuka UNM

Disamping itu, suasana buka puasa bersama merupakan momen berkumpul dengan keluarga besar UKM Pramuka UNM yang sangat dirindukan oleh kakak-kakak mulai dari unsur Pembina, Purna, Anggota Racana, dan Anggota Ambalan. Banyak hal yang membuat acara ini menjadi berkesan, seperti melakukan persiapan kegiatan, memasak bersama, belanja bahan keperluan, dan lain sebagainya yang merupakan suasana yang sangat indah untuk diukir kembali.

Sambil menunggu waktu menjelang berbuka puasa, kakak-kakak dan para tamu undangan yang hadir disuguhkan dengan rangkaian acara hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Seperti penyampaian ceramah oleh kakak Asrullah, S.H., M.H. tentang keutamaan bulan Ramadhan, adapula games keagamaan yang diikuti oleh seluruh anggota, kakak purna, serta para tamu undangan yang hadir. hasil dari permainan tersebut dimenangkan oleh kak Alfira Sandika sebagai juara 1, kak Kasyuni sebagai juara 2, dan kak Syayidatul Zuhrah A sebagai juara 3.

Tentunya event seperti ini sangat berkesan kepada seluruh pengurus Dewan yang telah dilantik, salah satunya adalah kak Syahrul. “Kegiatan pelantikan dan bukber kemarin sangat memberi kesan kepada saya dan kakak-kakak dewan yang lain. Karena selain pelantikan, kami juga bisa bersilahturahmi kepada kakak-kakak dari Pembina, Purna Racana, Anggota Racana, dan Anggota Ambalan serta kakak-kakak dari UKM Se-UNM dan Pramuka Perti Se-Kota Makassar” katanya.

Kak Syahrul Azwan selaku Ketua Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo pun mengutarakan rasa syukur dan apresiasi kepada setiap pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini.

“Kami berterimakasih kepada untuk kakak-kakak anggota dan kakak dewan yang telah menyukseskan pelantikan ini, juga kepada kakak-kakak yang telah memberikan sumbangsihnya dalam pelaksanaan buka puasa bersama ini. Kami pun mengharapkan kerjasama kakak-kakak di Gugusdepan agar tetap berlanjut, juga kepada kakak dewan bisa amanah hingga akhir kepengurusan” tuturnya.

Berikut Susunan Struktur Dewan Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju masa bakti 2021-2022:

1. Ketua Dewan     : Kak A. Ferry Ardiansyah & Kak Mifta Aulia Mustafa

2. Pemangku Adat : Kak Putra Taufik Prayuda & Kak Indasari

3. Sekretaris         : Kak Akbar Muhammad & Kak Nurhidayah

4. Bendahara        : Kak Amiruddin & Kak Siti Rezki Hardianti

5. Bid. Kegiatan dan Latihan : Kak Ahmad Irza Izzul Haq & Kak Dita Amanda

6. Bid. Evaluasi, Pengembangan dan Humas : Kak Agus Qomaruzzaman & Kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah

7. Bid. Rumah Tangga : Kak Muh. Zulfahmi Syam & Kak Nurhidayanti Marwa

Berikut Susunan Struktur Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju masa bakti 2021-2022

1. Ketua Dewan     : Kak Syahrul Azwan & Kak Hadyan Ramadani

2. Pemangku Adat : Kak Rifky Hidayat & Kak Jumri Annisa

3. Sekretaris         : Kak Azir Zuldani Pratama & Kak Andini

4. Bendahara        : Kak Maulana Arif Abdillah & Kak Nurul Arifah

5. Bid. Kegiatan dan Latihan : Kak Muhammad Najib Mubarak & Kak Shafirah Ham Volina


Penulis: Humas UKM Pramuka UNM


Load disqus comments

0 comments