Wednesday 3 February 2021

PENCAPAIAN TKU PANDEGA : UKM PRAMUKA UNM LAKSANAKAN PELANTIKAN PANDEGA RACANA RANGGONG DG. ROMO DAN OPU DG. RISADJU

Penyerahan TKU Pandega

Mencapai tingkatan pandega bagi anggota pramuka yang berusia 21-25 tahun merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sesuai dengan filososi pandega, seorang anggota pramuka yang telah menyandang Tanda Kecapakapan Umum (TKU) pandega harus mampu memandegani pelaksanaan pembangunan di Indonesia. Oleh karena itu, sebuah racana yang baik ialah racana yang selalu menghadirkan pramuka pandega yang dapat mewujudkan cita-cita gerakan pramuka seperti yang rutin dilaksanakan oleh Racana Ranggong Dg Romo dan Racana Opu Dg. Risadju pangkalan Universitas Negeri Makassar

Prosesi Pelantikan Pandega Racana Ranggong Dg. Romo

Racana Ranggong Dg Romo dan Racana Opu Dg. Risadju pangkalan kembali melaksanakan pelantikan pandega untuk putra putri terbaik bangsa yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan berbagai tahapan lainnya. Pelantikan Pandega Ranggong Dg Romo dilaksanakan pada Kamis, 21 Januari 2021 di Aula Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan. 

Foto bersama Kakak Pandega Baru Ranggong Dg. Romo

Anggota racana yang dilantik, yaitu kak Muh. Fajar Anugrah, kak Kabbarianto, kak Andi Edwin Al Hadi Agussalim dan Kak Muhammad Aqil Murod. Kakak calon pandega dilantik oleh Pembina Racana Ranggong Dg. Romo yaitu kak Dr. Irfan, M.Ds.  Pelantikan berlangsung hikmat dengan dihadiri oleh kakak-kakak anggota racana Ranggong Dg Romo yang telah menyandang TKU Pandega.

Prosesi Pelantikan Pandega Racana Opu Dg. Risadju

Selanjutnya, pada Kamis, 28 Januari 2021 bertempat di Lapangan Kompleks Tidung V, Racana Opu Dg. Risadju juga melaksanakan prosesi pelantikan pandega. Proses pelantikan dilaksanakan untuk melantik kak Mahdalena, kak Fitria dan kak Siska Irdawanti. Kakak-kakak calon pandega tersebut dilantik oleh kak Nurhayati, S.Pd., M.Pd.

Prosesi Pelantikan Pandega Racana Opu Dg. Risadju

Tidak hanya sampai disitu saja, Racana Opu Dg Risadju kembali menggelar pelaksanaan pelantikan pandega pada Selasa, 2 Februari 2021 untuk melantik calon pandega lainnya yaitu kak Virdhalya Kartika Bahtiar dan Kak Indasari. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pasca Sarjana UNM yang dimulai pada pukul 16.00  WITA. Prosesi pelantikan dihadiri oleh kakak-kakak yang telah menyadang TKU pandega. Kakak calon pandega dilantik oleh kak Nurhayati, S.Pd., M.Pd. 

Prosesi Pelantikan Pandega Racana Opu Dg. Risadju

Dalam pelantikan tersebut, Kak Nurhayati berharap bahwa mereka yang telah dilantik menjadi seorang pandega yang dapat menjadi teladan baik di lingkungan keluarga, kampus hingga masyarakat dan tetap mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Foto bersama Kakak Pandega Baru Racana Opu Dg. Risadju

"Selamat untuk adik-adik yang sudah dilantik. Dengan menjadi seorang pandega bukanlah suatu kesombongan melainkan tanggungjawab baru yang harus diemban adik-adik. Semoga dengan menjadi seorang pandega, adik-adik bisa menjadi teladan, baik di lingkungan keluarga, kampus hingga masyarakat dan tentunya tetap mencintai NKRI (Negara Kesastuan Republik Indonesia)," ungkap kak Nurhayati.

Dengan adanya kakak-kakak padega baru yang baru saja dilantik, semoga menambah semangat kakak-kakak yang masih dalam proses penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan bisa menghadirkan pandega-pandega baru lainnya.

Penulis : Kak Virdhalya Kartika B.

Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments