Monday 25 November 2019

Apa Sih Saka itu? Sesuai Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.170 A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Pramuka…!!!
Kak Andi Edwin Sebagai Fasilitator
Halo Kakak-kakak sebaya kembali lagi nih dikajian sebaya yang hadir secara online menemani waktu kosong kalian yang jomblo, sebelumnya saya selaku fasilitator mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada kalian nih karena kajian sebayanya baru bisa dilanjutkan, kakak - kakak sebaya adapun Tema yang akan diangkat oleh fasilitator adalah adalah Satuan Karya (SAKA) yang tentunya sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.170 A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka. 

Apa Sih Saka itu? Seberapa penting peran saka dalam peningkatan kualitas diri? Temukan jawabannya disini kakak - kakak.

untuk lebih jelas silahkan klik link dibawah ini untuk mengakses Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.170 A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka. 

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah Adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, Keterampilan dan Pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang kejuruan serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dan pengabdiannya pada Masyarakat Bangsa dan Negara sesuai aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan pertahanan Nasional.
Berikut Saka yang diresmikan langsung Oleh Kwartir Nasional di antaranya:
Satuan Karya
1. Saka Bahari
2. Saka Bakti Husada
3. Saka Bhayangkara
4. Saka Dirgantara
5. Saka Kencana
6. Saka Taruna Bumi
7. Saka Wanabakti
8. Saka Wirakartika
9. Saka Kalpataru
10. Saka Pariwisata
11. Saka Widya Budaya Bakti


Tetapi sayangnya kita tidak akan bahas saka satu persatu melainkan kita akan membahas Saka secara Umum Kapan kakak - kakak seharusnya pantas untuk bergabung di Saka sesuai dengan bidang Yang kakak - kakak senangi.
Apasih syarat untuk bergabung di Satuan Karya :

1. Pramuka Penegak Bantara, Penegak Laksana, dan Pandega dari Gudep
2. Mendapat izin dari Orang Tua/Wali dan Ketua Gudepnya
3. Memenuhi syarat – syarat yang ditentukan oleh masing – masing saka
4. Bersedia untuk berperan aktif dalam kegiatan Saka
5. bersedia dengan Sukarela mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat dimana pun setiap saat bila diperlukan

Ada beberapa hal yang fasilitator yang garis bawahi nih tentang syarat untuk bergabung ke SAKA, banyak anggota Pramuka khususnya Pramuka Penegak yang sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Saka tetapi tidak menghiraukan aturan – aturang yang sudah ditetapkan contohnya banyak anggota Pramuka Penegak yang belum ber-TKU sudang mengikuti rangkaian Penerimaan dalam Saka tertentu, padahal syarat untuk masuk pada Saka sangat jelas tertuang di Petunjuk Penyelenggaraannya sehingga banyak Anggota Pramuka lalai dari tugas utama dimasing – masing Gugus Depannya misalnya Proses pencapaian TKU, TKK, dan kegiatan rutin lainnya yang ditetapkan oleh Gudep masing – masing. Itu juga selaras dengan PP Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tahun 2013. Ingat kan kakak – kakak kajian pertama kita?

Seberapa Penting Saka itu? Menurut fasilitator Saka sangatlah penting dan tentunya sangat membantu kakak – kakak dalam mengembangkan minat dan bakatnya terlebih lagi syarat untuk menjadi Pramuka Garuda adalah aktif berkegiatan di Saka yang tentunya fasilitator sudah jelaskan di kajian sebelumnya. Tetapi saya ingatkan kepada kakak – kakak yang khususnya baru bergabung di Pramuka Penegak untuk membina dirinya terlebih dahulu di Gudepnya masing – masing sesuai dengan aturan sampai mencapai tingkat Pramuka Penegak Bantara.

Untuk lebih jelasnya kakak – kakak silahkan baca Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 170.A Tahun 2008 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.

Itulah materi singkat kita pada malam hari ini semoga dapat menambah wawasan kita tentang Satuan Karya Pramuka. Mohon maaf jika pada tulisan ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan ilmu dari fasilitator. Tetap samangat kakak – kakak jangan lupa belajar, Sampai ketemu dikajian sebaya berikutanya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Pramuka…!!!



Load disqus comments

0 comments