Tuesday 1 October 2019

Jelajah Kota menambah ilmu pengetahuan anggota dalam bersosialisasi dan mengenal geografis di wilayah kota

Proses Pencapaian SKU
Meningkatkan semangat anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju dalam pencapaian Syarat Kecakapan Umum, kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo membuat konsep pencapaian SKU dalam konsep yang lebih menarik dengan membuat dalam bentuk latihan rutin yakni Jelajah Kota. 

Kegiatan ini mulai dilaksankan pada hari sabtu, 28 September 2019 yang pembukaan kegiatannya berlangsung di Sanggar Bakti Pasca Sarjana UNM dengan menghadirkan Kakak Sekretaris Dewan Kerja Nasional kak Abdul Wahab Munthe, yang memberikan semangat kepada peserta jelajah kota. 
"Semangat kepada kakak-kakak yang mengikuti kegiatan ini, janganlah lihat hasilnya pada hari ini tapi lihatlah dimasa yang akan datang" tuturnya. 

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 28 - 29 September 2019 Dengan konsep dari kegiatan ini yakni melewati rute yang telah diberikan mulai dari Sanggar UKM Pramuka UNM kemudian kantor Kwartir Cabang Kota Makassar dan berakhir di Kantor Kwartir Daerah Sulawesi Selatan yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan. 

Kegiatan puncak dari pelaksanaan ini yakni pengujian SKU yang dilaksankan pada malam hari mulai dari pukul 20.00 s.d 22.00 WITA yang didampingi oleh kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju kak Muhammad fajar Islam S.Pd dan kak Sumiati Patimari M.Pd.
Peserta Jelajah Kota melakukan sosialisasi kepada warga
Menurut kak Sumiati Patimari kegiatan tersebut sebagai kegiatan yang kreatif dan inovatif. 

"Program kegiatan kali ini memberikan nuansa yang inspiratif, kreatif dan memotivasi peserta dan seluruh anggota disamping pencapaian SKU sekaligus lebih mengenal sosial dan ekonomi serta geografis di wilayah kota". 

Dan juga mengatakan bahwa kegiatan ini menanamkan sikap nilai nilai dasa darma
"selain itu, kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam dasa darma pramuka , terutama jiwa patriot dan nasionalisme" tuturnya. 

Tidak hanya itu, kakak-kakak peserta dalam kegiatan ini juga diberikan penugasan untuk melakukan live news dikawasan car free day dan memberitakan peristiwa pada saat itu. 
Menurut kak Andri Irwan Syam selaku ketua sangga kerja dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan menantang. 

"Saya sangat bangga bisa menjadi ketua sangga kerja dalam kegiatan ini, karena untuk pencapaian SKU itu tidak dilaksanakan dengan sistem menotong namun bisa dilaksankan dalam bentuk yang lebih menarik salah satu contohnya dengan kegiatan jelajah kota ini"Tuturnya. 

Mahasiswa jurusan Penjaskesrek ini juga berterima kasih karena lancarnya kegiatan ini.
"Saya sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan sangat berterima kasih kepada instansi yang kami kunjungi dan menyambut kami dengan baik" tuturnya. 
Olehnya itu, pelaksanaan pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dapat dilakukan dengan penuh kegembiraan.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments