Monday 30 September 2019

Siapakah Pramuka Penegak Itu ? Berdasarkan Keputusan KWARNAS Gerakan Pramuka No. 176

Fasilitator Kajian Sebaya

[KAJIAN ATURAN PRAMUKA PENEGAK oleh KAK EDWIN]

Sebelum memulai kajian ini, terlebih dahulu silahkan download "Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 176 Tahun 2013 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega (POLMEKABIN)" pada link di bawah ini :
Link : https://drive.google.com/file/d/1INZDbu9ocy2qVIqSwGt8KM_eZXfqtl1P/view?usp=sharing

Assalamualaikum Warhamatullahi Wabarakatuh

Salam Pramuka !!!
Pertama-tama saya selaku fasilitator dalam kegiatan Kajian Sebaya mengucapkan Selamat datang kepada kakak peserta pada kajian ini yang dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media sosial, adapun topik pembahasan yang diangkat oleh fasilitator adalah “Siapakah Pramuka Penegak Itu?”  kakak-kakak peserta kajian sebaya, sebagai anggota Pramuka Penegak seyogianya mengetahui lebih jauh tentang Pramuka Penegak itu sendiri dan tentunya sesuai dengan petunjuk penyelenggaraannya.

Aturan yang akan kita diskusikan yaitu sebagian isi dari “Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176 Tentang Pola dam Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega”. Aturan ini kita akan kaji sesuai dengan Topik Pembahasan yang disampaikan oleh fasilitator yaitu siapakah Pramuka Penegak itu? Mari Mengkaji!!!

Secara umum Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Oke kakak-kakak kita masuk pada pembahasan inti kita. Jangan lupa buka juga Polmekabinnya agar mendapatkan informasi yang valid. Siapakah Pramuka Penegak itu? Cukup menarik bukan pembahasan kita kali ini? Untuk mengetahuai siapakah pramuka penegak itu, kita tentunya wajib mengetahui mekanisme pembinaan Pramuka Penegak itu sendiri. Di dalam Polmekabin seorang Pramuka Penegak harus melalui yang Namanya Calon Tamu Ambalan.

Tamu ambalan adalah seorang pramuka penggalang yang karena usianya dipindahkan dari pasukan penggalang ke ambalan penegak, atau pemuda yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun yang belum pernah menjadi anggota Gerakan Pramuka. Berdasarkan keterangan tersebut jelas bahwasanya tingkatan pada golongan pramuka ditentukan berdasarkan usianya bukan ditentukan pada tingkatan sekolahnya. Sudah tahu kan kenapa di Gugus Depan Kita yang berpangkalan di Universitas Negeri Makassar mempunyai dua Golongan yaitu Pramuka Penegak dan Pandega?

Mari kita lanjutkan!!! Pernahkah kakak-kakak berpikir kenapa Calon Anggota Baru tidak langsung dikukuhkan setelah mengikuti rangkaian Penerimaan Anggota Baru? Ternyata jawabannya adalah Calon Tamu Ambalan wajib mengikuti latihan rutin dan tentunya juga diberikan kesempatan untuk mengenal adat istiadat yang berlaku di ambalan tersebut. Nah, calon Tamu Ambalan ini beradaptasi paling lama tiga bulan sebelum diangkat/dikukuhkan menjadi calon Penegak.

Setelah melakukan proses ini, maka proses selanjutnya yaitu Calon Penegak. Perpindahan status dari tamu ambalan menjadi calon penegak dilaksanakan dengan upacara sederhana dan dialog yang mengandung pendidikan bagi segenap anggota ambalan tersebut. Lamanya menjadi calon penegak sedikitnya enam bulan. Apa yang akan dilakukan selama 6 Bulan? Selain mengikuti latihan rutin dan pertemuan lainnya, disinilah Calon Penegak diberikan kesempatan untuk melaksanakan Ujian SKU Bantara sebagai syarat menjadi Pramuka Penegak.

Nah. Didalam  proses  pembinaan,  setiap  calon  penegak  didampingi  oleh  dua  orang penegak bantara/laksana yang berfungsi sebagai pendamping kanan (moral) dan pendamping kiri (keterampilan).

Oke, Mari kita lanjutkan!!! Setelah melalui proses tersebut maka selanjutnya yaitu Penegak Bantara. Siapa sih Penegak Bantara itu? Penegak Bantara adalah calon penegak yang telah memenuhi SKU bagi penegak bantara dan mentaati adat ambalan. Kakak-kakak sekalian setelah berhasil mencapai tingkatan ini. Disinilah jawaban atas Topik yang kita bahas di awal. Berdasarkan keterngan diatas Pramuka Penegak adalah Pramuka yang telah menyandang TKU dan telah melalui mekanisme pembinaan sesuai dengan Polmekabin.

Apakah Proses Pramuka Penegak hanya sampai disitu? Tentu tidak, selanjutnya Pramuka Penegak Bantara tetap harus Menyelesaikan SKU tingkat penegak laksana sehingga dapat dilantik sebagai penegak laksana. Selain itu Pramuka Penegak Bantara juga diberikan kesempatan Mengembangkan   bakat   dan   minatnya   di   satuan   karya   pramuka   serta menyebarkan tugas pokok Saka sesuai dengan kemampuannya dan Penegak Bantara yang menjadi anggota Saka, tidak meninggalkan gugus depannya.

Sip. Kita Lanjutkan. Tahap selanjutnya yaitu menjadi Penegak Laksana, Siapa sih Penegak laksana itu? Penegak  Laksana  ialah  penegak  bantara  yang telah  memenuhi  SKU  tingkat penegak laksana dan menaati adat ambalan. Perpindahan  dari  penegak  bantara  menjadi  penegak  laksana  dilaksanakan dengan upacara kenaikan tingkat dengan mengucapkan ulang janji Tri Satya dengan sukarela dan berhak memakai tanda pengenal untuk penegak laksana.

Apakah Proses Pramuka Penega hanya sampai disitu? Lagi-lagi tidak. Seorang penegak laksana tetap melanjutkan latihan dan kegiatannya yang dikembangkan untuk meningkatkan pencapai SKK ditingkat yang lebih tinggi dan tentunya mempersiapkan dirinya untuk menjadi Penegak Garuda.

Penegak Garuda? Penasaran? Nantiakan di Kajian sebaya Selanjutnya.
Sekian materi yang saya sampaikan dan tentunya sesuai dengan Polmekabin tahun 2013 saya selaku fasilitator pada kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat semoga apa yang disampiakan pada tulisan ini, menambah wawasan kita terkaita Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak.

Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Penulis : Kak Edwin (Sekretaris Ambalan Ranggong Dg. Romo Masa Bakti 2018 - 2019)
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments