Monday 13 May 2019

Siapkan Amunisi untuk Ikuti PKM, UKM Pramuka UNM Mulai Bekali Diri lewat Kelas KTI

Latihan rutin pelatihan penulisan KTI
Setelah beberapa anggota UKM Pramuka UNM lolos PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Kemenristekdikti, ini memacu semangat Kakak-kakak Anggota UKM Pramuka UNM lebih antusias menghadapi PKM berikutnya. 

(Baca : http://www.ukmpramukaunm.com/2019/04/2-anggota-ukm-pramuka-unm-lolos-program.html)

Ini dibuktikan dengan dilaksanakannya Kelas KTI sebagai langkah awal mengenal PKM. Pelatihan KTI ini merupakan latihan rutin yang dilaksanakan oleh UKM Pramuka UNM pada hari Minggu, 12 Mei 2019 di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM.

Peserta pelatihan KTI
Peserta dari kegiatan ini yakni Anggota UKM Pramuka UNM dan juga peserta Penerimaan Anggota Baru UKM Pramuka UNM tahun 2019. 

Kegiatan ini juga hadiri oleh Kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju yakni kak Muhammad Fajar Islam S.Pd dan Kak Sumiati Patimari S.Pd., M.Pd. 
Upacara Pembukaan Latihan 
Kegiatan latihan rutin ini diawali dengan upacara pembukaan latihan yang masing masing dipimpin oleh pembina satuan dan diakhiri pula dengan upacara penutupan latihan kegiatan. 

Rencananya kelas KTI ini akan berlangsung selama 3 pekan dengan 3 kali pertemuan. Ini diharapkan untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota Pramuka dalam hal menulis ilmiah. Selain itu, ini juga merupakan bukti bahwa pramuka tidak hanya dikenal mahir di kegiatan lapangan namun juga bisa bersaing dalam hal akademik. 
Penyerahan Piagam kepada kakak pemateri oleh kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo
Adapun pemateri dari kegiatan ini berasal dari dosen Universitas Negeri  Makassar yang aktif di Lembaga Penelitian UNM dan juga merupakan penerima beasiswa LPDP dan pemenang Pimnas yakni kakak Yusri S.Pd M.A.

Dikarenakan pemateri yang berkompeten dibidangnya, peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari berbagai pertanyaan yang muncul dari peserta KTI dan jawaban dari pemateri sangat membantu peserta untuk membuka pikiran tentang menulis ilmiah.

Semoga dengan adanya pelatihan KTI (Karya Tulis Ilmiah) ini anggota UKM Pramuka UNM dapat mengembangkan kemampuan dalam hal penulisan dan diharapkan kedepannya anggota UKM Pramuka UNM lebih banyak yang bisa lolos PKM tingkat Nasional.


Penulis : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments