Friday 5 April 2019

2 Anggota UKM Pramuka UNM Lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Nasional

Kak Edwin dan Kak Alfira Sekretaris Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju 
Senin, 1 April 2019 UKM Pramuka UNM mendapatkan kabar gembira karena dua orang anggota UKM Pramuka UNM lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan Program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan memberikan bantuan dana kepada mahasiswa/i yang memiliki proposal terbaik. 

Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan pengetahuannya dan puncak dari kegiatan ini yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). 

Hal yang membanggakan adalah karena dua anggota UKM Pramuka UNM yakni Andi Edwin Al Hadi Agussalim dan Alfira Sandika Fitri, yang dimana keduanya adalah Dewan Sekretaris Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju juga lolos pada kegiatan yang bergengsi di kalangan mahasiswa ini. 

Menurut Kak Edwin selaku peserta yang lolos dalam kegiatan ini mengatakan bahwa organisasi tidak akan menghambat perkuliahan seseorang, melainkan lebih meningkatkan pengetahuan mereka. 
Kak Edwin

"Sebagai anggota Pramuka yang lolos PKM, ini membuktikan bahwasanya aktif di Pramuka tidak menghambat kita untuk berprestasi/bersaing di bidang akademik, banyak orang mengatakan jika kita berorganisasi pasti terhambat juga kuliah tetapi menurut saya tidak karena buktinya beberapa anggota Pramuka justru yang  sangat aktif menekuni UKM ini, PKM nya lolos didanai oleh Kemenristekdikti. Ini tidaklah mudah karena seleksi Pendanaan PKM itu bukan cuma regional UNM saja tetapi seluruh Perguruan Tinggi Yang ada di Indonesia. Tuturnya. 

Selain itu mahasiswa Teknik informatika dan komputer ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan​ Kegiatan pembinaan kepada masyarakat. 

"Tidak hanya itu kegiatan ini juga merupakan ajang bagi anggota Pramuka untuk melaksanakan salah satu pembinaan Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega yaitu bina masyarakat, dimana PKM yang lolos didanai selain ajang untuk berkompetisi, juga diharapkan mampu berguna ditengah masyarakat sesuai dengan jenis PKM nya." Tuturnya.

Sedangkan, menurut Kak Fira sendiri selaku mahasiswa jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan ini menyatakan semua prosesnya tidak lepas dari Pramuka.

"Lolosnya proposal PKM saya ini semua tidak lepas dari yang namanya Pramuka. Jujur saja, dalam proses penyusunan proposal tersebut, saya banyak sekali berkonsultasi kepada Kakak Pembina dan Kakak-kakak baik purna maupun anggota UKM Pramuka UNM sehingga ide dan kreativitas saya dalam menyusun proposal tersebut bisa berkembang. Saya ucapkan terima kasih dan semoga saya bisa mengikuti event berikutnya" Tutur Kak Alfira.

Kak Fira
Lolosnya PKM kedua anggota UKM Pramuka UNM ini menjadi tanda bahwa semangat berpramuka bisa dibawa pada semangat di bidang akademik. Semoga ini menjadi pemacu kepada Kakak-kakak anggota UKM Pramuka UNM khususnya dan umumnya kepada semua anggota Gerakan Pramuka untuk lebih berprestasi lagi.

Penulis : HUMAS UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments