Saturday 19 June 2021

UKM PRAMUKA UNM LAKSANAKAN KEGIATAN OUTDOOR DALAM RANGKA PENERIMAAN ANGGOTA BARU TAHUN 2021

Salah satu rangkaian Penerimaan Anggota Baru yaitu outdoor telah dilaksanakan pada Jumat, 11 Juni 2021 bertempat di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM di Dusun Bontojai, Desa Borisallo, Kec. Parangloe, Kab. Gowa.

Kegiatan ini telah berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 11 Juni 2021 sampai dengan 13 Juni 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 41 orang, 14 putra dan 27 putri, dari 53 orang yang lolos sampai tahap awal, selebihnya tidak dapat mengikuti rangkaian selanjutnya karena satu dan lain hal.

Kegiatan ini dimulai dengan lingkaran persaudaraan di halaman Sanggar Bakti sekaligus doa bersama.

Peserta berangkat menuju lokasi outdoor dan mengikuti prosesi gerbang adat. kemudian mempersiapkan diri untuk mengikuti adventure 1. Dalam kegiatan ini peserta akan melewati 3 pos dengan tugas yang berbeda. setelah melewati pos 3, peserta diarahkan menuju subcamp untuk mendirikan bivak. Di subcamp sendiri peserta akan menerima materi yaitu navigasi darat oleh Kak Ahmad Ibnu Sabil

Outdoor hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan Adventure 2. Peserta diarahkan menuju ke maincamp (Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM). Dari subcamp menuju maincamp terdapat 2 pos lanjutan dari 3 pos di hari sebelumnya. Setelah tiba di maincamp (Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM) para peserta diarahkan untuk mendirikan tenda sesuai dengan kapling yang telah ditentukan. Kegiatan selanjutnya yaitu mempersiapkan diri untuk mengikuti night party.

Kakak-kakak peserta memiliki antusias yang tinggi untuk menyelesaikan rangkaian kegiatan di tahap outdoor ini. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta bernama Sahwa Ainul Magfirah dari Fakultas Psikologi Angkatan 2020 "Banyak pengalaman yang saya dapat selama survival camp dan outdoor diantaranya saya bisa kembali berinteraksi dengan alam  bebas setelah beberapa saat karena terkendala pandemi, di sisi lain saya bertemu dan  bercengkrama dengan Kakak-kakak Anggota Pramuka dan Calon Anggota Pramuka yang sangat luar biasa hebatnya dan banyak pelajaran berharga yang saya dapat pada kegiatan kali ini. Kegiatan ini mengajarkan saya untuk bisa lebih mengontrol emosional, membangun kerja sama dengan Kakak-kakak yang lain, mendapat ilmu yang sangat-sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu kendala yang kami alami juga menjadi pelajaran yang sangat berarti untuk pembaharuan di masa yang akan datang jadi kesalahan-kesalahan, kekeliruan, keraguan, kegagalan dan lain sebagainya kami akan mampu mengatasinya selama interaksi dan komunikasi tetap terjalin dengan baik" tutur kak Sahwa.

Di samping itu Kak Sahwa juga mengutarakan pandangannya mengenai medan yang ditempuh saat kegiatan adventure “Untuk Medan Adventure, dari saya pribadi merupakan tantangan kembali setelah saya biasanya adventure sewaktu Pramuka di SD, SMP, dan SMA tapi pada Medan Adventure di outdoor PAB 2021 ini sangat menantang dan itu membuat saya sangat semangat. Perjalanan dari bukit ke lembah, bukit lalu lembah lagi adalah hal yang baru bagi saya. Menyusuri hutan dan sungai dengan bermodalkan kompas, dan peta dari maps merupakan hal yang pertama kali saya dapatkan selama saya menjadi anggota Pramuka. Pengalaman baru, pengalaman yang tak terlupakan, pengalaman yang akan terus saya ingat saya dapatkan di outdoor PAB 2021. Terima Kasih kepada Kakak-kakak Reka Kerja Dan Semua Pihak yang terlibat dalam Outdoor PAB 2021 ini”

Pandangan lain dari salah satu kakak reka kerja atas nama Kak Agus Qomaruzzaman. “Terkait kegiatan survival itu sudah bagus namun karena ini masih pertama untuk kegiatan PAB jadi masih kurang terutama personil dari reka kerja itu sendiri. Kemudian untuk medannya tidak jauh namun cukup menantang dan terjal sehingga betul-betul melatih fisik. Dan untuk subcampnya sendiri karena pelepasan cukup lama sehingga peserta itu sampai maghrib dan masih ada beberapa peserta yg masih kurang kesiapannya. Sedangkan untuk di buper sendiri, masih ada beberapa kendala yang tidak diantisipasi sebelumnya, seperti keadaan alam yaitu hujan yang tiba-tiba”.

Terlepas dari semua kendala yang ada, tentunya diharapkan semoga kakak kakak calon anggota masih terus semangat dalam menyelesaikan penugasan dan seluruh rangkaian Penerimaan Anggota Baru UKM Pramuka UNM.


Load disqus comments

0 comments